Bagaimana cara memilih pomade?

Bagaimana cara memilih pomade?

Ada banyak pomade rambut yang beredar di pasaran, tapi ternyata tidak semua merek dan jenis pomade cocok untuk beberapa jenis rambut .
Bagaimana cara memilih pomade?

Sebagai seorang pria yang ingin lebih percaya diri, penampilan kerap kali sangat diperhitungkan. Bukan saja dari pakaian yang dikenakan, tetapi juga pada gaya rambut. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri.

Ada banyak pomade rambut yang beredar di pasaran, seperti Gatsby, Murray’s, dan Wak Doyok. Meskipun demikian, ternyata tidak semua merek dan jenis pomade cocok untuk jenis rambut Anda. Agar Anda tidak salah pilih, di bawah ini akan memberikan tips memilih pomade rambut.

Perbedaan pomade, clay, dan gel


Perbedaan pomade, clay, dan gel

Sebelum kami membahas bagaimana cara memilih pomade terbaik, kami akan mengulas terlebih dahulu perbedaan antara pomade, clay, dan gel. Meskipun memiliki fungsi umum yang sama dalam penataan rambut, ketiganya memiliki beberapa perbedaan. Supaya Anda tidak salah menggunakan, ada baiknya untuk lebih memahami perbedaan antara ketiganya.

Pomade merupakan produk penataan rambut yang ditujukan untuk membuat rambut Anda lebih lembap dan rapi. Pomade juga terbagi menjadi dua jenis, yakni oil based dan water based. Sesuai dengan namanya, perbedaan antara dua jenis pomade ini terletak pada bahan dasar yang digunakan. Untuk jenis oil based, bahan dasarnya terbuat dari minyak, sementara untuk water based menggunakan air.

Sementara itu, clay adalah produk penataan rambut yang ditujukan untuk membuat rambut Anda menjadi lebih kesat dan memiliki volume padat. Produk clay terbuat dari bahan tanah liat bentonite sehingga lebih lengket dibanding pomade. Efek yang dihasilkan saat Anda menggunakan clay adalah rambut terlihat matte dan natural.

Gel adalah produk penataan rambut yang ditujukan untuk menahan gaya rambut menjadi kaku. Hal ini pun juga bergantung pada kekuatan hold pada gel yang Anda gunakan. Sayangnya, saat rambut Anda menjadi kaku, Anda tidak dapat secara bebas menata rambut.

Sebelum kami merekomendasikan produk pomade terbaik sesuai dengan gaya rambut Anda, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Ada beberapa poin yang perlu Anda petimbangkan seperti jenis pomade dan karakteristik rambut Anda. Berikut ini ulasannya!

Ingin rambut kaku atau terlihat basah? Jenis pomade menentukan hasilnya


Pemilihan jenis pomade untuk menata rambut merupakan poin pertama yang harus Anda perhatikan. Sebelum memilih jenisnya, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan efek rambut yang ingin Anda dapatkan. Sekadar kaku dan tahan lama atau mengilap dan basah? Untuk itu, perhatikan tiga jenis pomade berikut ini!

1. Oil based pomade : Tatanan rambut menjadi lebih kuat

Oil based pomade : Tatanan rambut menjadi lebih kuat

Bagi Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan, memiliki rambut susah diatur terkadang membuat kesal dan merepotkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan jenis oil based pomade. Jenis pomade ini umumnya sangat cocok digunakan di luar ruangan karena lebih tahan lama.

Pomade jenis ini dapat memberikan efek rambut yang kaku dan kuat dengan waktu yang lama dalam sekali pemakaian. Berbahan dasar minyak, pomade ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut susah ditata. Sayangnya, pomade jenis ini meninggalkan lengket di kulit kepala sehingga sangat sulit dibersihkan dengan air. Untuk itu, Anda diharuskan mencuci rambut menggunakan sampo.

2. Water based pomade : Memberikan efek mengilap dan basah

Water based pomade : Memberikan efek mengilap dan basah

Pada dasarnya, pomade diperuntukkan bagi Anda yang ingin memiliki tatanan rambut yang rapi, mengilap, dan terlihat kokoh dalam waktu yang lama. Namun, tidak semua orang cocok dengan rambut yang terlalu kokoh. Untuk itu, water based pomade dapat menjadi alternatif pilihan.

Sesuai dengan namanya, pomade jenis ini memiliki bahan dasar air dan cocok digunakan untuk Anda yang memiliki rambut mudah ditata. Rambut Anda akan terlihat mengilap dan basah saat menggunakan pomade ini. Pomade jenis ini juga mudah dibersihkan hanya dengan membilas rambut menggunakan air.

3. Mix based pomade : Kuat dan terlihat mengilap

Mix based pomade : Kuat dan terlihat mengilap

Pomade jenis ini adalah penggabungan dari oil based pomade dan water based pomade dengan efek ketahanan medium. Efek yang akan dihasilkan saat Anda menggunakan pomade ini adalah tatanan rambut yang kokoh, mengilap, dan tidak lengket. Bedanya dengan oil based pomade adalah jenis pomade ini mudah dibersihkan dengan air. Meskipun demikian, mix based pomade sampai saat ini belum banyak dijual di pasaran Indonesia.

Tentukan daya rekat dan kilap yang Anda inginkan


Tentukan daya rekat dan kilap yang Anda inginkan

Setelah mengetahui jenis pomade yang cocok untuk rambut Anda, berikutnya Anda harus menentukan daya rekat (hold) dan kilap (shine) yang diingikan. Umumnya, pomade memiliki tiga varian kekuatan atau kemampuan menahan rambut, yakni light, medium, dan heavy.

Bila Anda membutuhkan pomade dengan hasil yang tahan lama, tentunya Anda dapat memilih pomade dengan daya rekat sangat kuat atau heavy. Begitu pula jika Anda membutuhkan pomade dengan efek yang sangat mengilap, pilihlah efek shine yang kuat. Jika Anda masih kesulitan dalam memilih jenis pomade yang cocok konsultasikan dengan hairstylish atau penjualnya.

Sesuaikan dengan gaya penampilan rambut Anda


Jika Anda salah memilih pomade, bukan rambut stylish dan rapi yang Anda dapatkan, melainkan rambut yang rusak. Untuk itu, saat memilih pomade, perhatikan jenis rambut dan sesuaikan dengan penampilan Anda!

1. Untuk rambut lurus, gunakan oil based pomade atau water based pomade

Untuk rambut lurus, gunakan oil based pomade atau water based pomade

Pada dasarnya, rambut lurus dapat menggunakan semua jenis pomade karena cenderung lebih mudah ditata. Namun, dalam memilih pomade, tentu sangat bergantung pada selera penggunanya.

Bagi Anda yang cukup malas untuk memperbaiki tatanan rambut saat beraktivitas, sebaiknya memilih pomade oil based dengan daya rekat kuat. Sementara, bagi Anda yang sering menata rambut dan memiliki cukup waktu, water based pomade adalah pilihan yang tepat.

2. Untuk rambut keriting, ikal, dan bergelombang, gunakan water based pomade

Untuk rambut keriting, ikal, dan bergelombang, gunakan water based pomade

Orang yang memiliki rambut keriting dan bergelombang terkadang kesulitan memilih pomade yang tepat. Berbeda dengan pria yang memiliki rambut lurus yang dapat secara bebas menggunakan berbagai jenis pomade.

Tipe rambut keriting dan bergelombang cenderung terlihat berantakan dan sangat sulit diatur. Jika Anda menginginkan rambut lurus dengan menggunakan oil based pomade, rasanya akan terlihat aneh dan tidak cocok. Untuk itu, jenis pomade yang sangat kami rekomendasikan untuk rambut ikal, keriting, maupun bergelombang adalah water based pomade. Untuk daya rekatnya, Anda bisa memilih pomade dengan skala kuat.

Pilih aroma pomade yang Anda sukai

Pilih aroma pomade yang Anda sukai

Aroma wangi merupakan ciri khas dari pomade. Namun, tidak semua merek pomade menyediakan banyak variasi aroma. Terdapat aroma kuat yang menyengat, netral, sampai wangi buah-buahan seperti aroma kopi, cokelat, jeruk, lemon, dan kiwi.

Dalam memilih aroma pomade, pilihlah aroma yang paling Anda sukai. Pertimbangkan juga respon orang sekitar Anda saat mencium aroma pomade pada rambut Anda. Apakah aromanya mengganggu atau tidak? Bagi Anda yang ingin terlihat lebih maskulin, aroma pomade seperti cologne bisa menjadi pilihan. Jenis aroma ini begitu segar sehingga membuat Anda nyaman beraktivitas di dalam ruangan.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan pomade


Setelah menemukan produk pomade yang cocok untuk Anda, selanjutnya adalah mengetahui poin takaran pemakaian dan cara membersihkannya. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah hal-hal berikut ini ketika hendak mengaplikasikan pomade pada rambut Anda.

1. Gunakan sampo khusus untuk membersihkan pomade

Gunakan sampo khusus untuk membersihkan pomade

Saat beraktivitas di luar ruangan, rambut ada berisiko terkena debu, polusi, panas matahari yang mengakibatkan kotoran terjebak di kepala. Untuk itu, gunakanlah sampo yang cocok untuk mengatasi kotoran dan pomade yang menempel di rambut. Jenis sampo yang cocok untuk mengatasi masalah ini tentunya adalah sampo dengan nutrisi yang tinggi, antiketombe, dan rambut rontok.

2. Cara menggunakan pomade yang benar

Cara menggunakan pomade yang benar

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan pomade adalah jangan mengoleskan pomade terlalu banyak. Selain dapat memberikan efek yang buruk pada rambut Anda, penggunaan pomade yang terlalu banyak akan sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, ambilah pomade sedikit saja dan oleskan secara merata dengan perlahan, mulai dari depan sampai ke belakang.

Saat tahap awal penyisiran, gunakanlah sisir yang memiliki jarak gigi yang agak lebar. Hal ini ditujukan supaya rambut tidak terlalu merekat. Sementara saat melakukan penataan dan finishing, gunakanlah sisir dengan jarak gigi yang rapat agar menghasilkan tatanan rambut yang rapi.