Bagaimana Cara memilih masker untuk kulit kering?

Cara memilih masker untuk kulit kering

Bagaimana Cara memilih masker untuk kulit kering?

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra. Penggunaan masker dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit Anda. Berbagai jenis masker, seperti sheet mask, gel mask, dan cream mask dapat melembapkan kulit Anda.

Jangan lewatkan artikel ini karena kami akan memberikan tips cara memilih masker untuk kulit kering.

Penyebab kulit wajah menjadi kering


Kulit wajah yang kering dapat menyebabkan kerutan muncul lebih awal. Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi kering. Faktor lingkungan, seperti cuaca, dapat membuat kelembapan kulit berkurang. Terlalu lama bekerja di ruangan ber-AC juga dapat membuat kulit Anda kering.

Bagi Anda yang sering mandi dengan air panas juga perlu berhati-hati. Mandi dengan air yang terlalu panas dapat membuat kulit Anda kering. Penggunaan skin care juga harus diperhatikan. Produk yang tidak sesuai dapat membuat kulit Anda iritasi dan menjadi kering. Selain itu, terlalu sering melakukan eksfoliasi juga dapat mengikis minyak alami wajah Anda.

Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah faktor usia. Semakin bertambah usia, kandungan alami minyak pada wajah Anda juga akan berkurang. Faktor kesehatan, seperti psoriasis, juga dapat membuat kulit Anda semakin kering. Perhatikan perawatan kulit wajah Anda agar kelembapannya tetap terjaga.

Memilih masker untuk kulit kering mungkin dapat dengan mudah Anda lakukan dengan melihat label hydrating pada kemasannya. Namun, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih masker untuk kulit kering. Berikut adalah tips yang perlu Anda perhatikan.

Pilih berdasarkan jenis masker yang nyaman digunakan


Masker memiliki berbagai jenis yang dapat Anda pilih. Namun, untuk pemilik kulit kering hindarilah masker berbahan dasar clay. Sebagai solusinya Anda dapat memilih jenis-jenis masker berikut ini.

1. Sheet mask, praktis digunakan kapan saja

Sheet mask, praktis digunakan kapan saja

Sheet mask merupakan jenis masker yang tergolong populer. Sheet mask adalah masker yang berbentuk lembaran serta mengandung serum maupun vitamin. Penggunaan sheet mask biasanya hanya untuk sekali pakai saja. Cukup gunakan masker ini selama 15 menit sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, kulit lembut dan lembap akan Anda dapatkan. Anda tidak perlu membilas wajah setelah menggunakan masker ini. Kemudahan dalam menggunakannya membuat masker ini menjadi favorit.

2. Wash-off mask, bilas setelah digunakan dan dapatkan sensasi kulit lembap

Wash-off mask, bilas setelah digunakan dan dapatkan sensasi kulit lembap

Masker ini merupakan masker yang dibilas setelah digunakan. Jenis masker ini terbagi lagi menjadi gel mask, cream mask, dan overnight mask atau sleeping mask. Gel dan cream mask harus dibilas setelah digunakan selama 15 menit, sedangkan sleeping mask bisa digunakan semalaman.

Cream mask kaya akan minyak dan moisturizer yang baik untuk kulit kering. Sama seperti cream mask yang dapat menghidrasi, gel mask juga membantu meringankan iritasi pada kulit. Jenis gel mask dapat digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Bahan yang terkandung dalam sleeping mask akan terserap ke dalam kulit selama Anda tertidur. Varian water sleeping mask dengan kandungan air yang lebih banyak cocok untuk Anda yang berusia 30 tahun ke atas. Kulit Anda akan terasa kenyal setelah terbangun dari tidur.

3. Peel-off mask, membersihkan pori tanpa membuat kering

Peel-off mask, membersihkan pori tanpa membuat kering

Seperti namanya, jenis masker ini dikelupas setelah digunakan. Biasanya masker ini berbentuk gel yang akan mengering setelah dioleskan dan dikelupas setelah beberapa saat penggunaan. Masker ini dapat membersihkan mengangkat kotoran dengan baik, bahkan termasuk komedo Anda. Cukup gunakan masker ini sekali dalam seminggu karena penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Pastikan masker pilihan Anda mengandung bahan-bahan yang melembapkan


Pastikan masker pilihan Anda mengandung bahan-bahan yang melembapkan

Bahan-bahan masker yang dapat melembapkan kulit sangat penting untuk Anda yang memiliki kulit kering. Anda harus memperhatikan bahan utama pada masker tersebut. Pilihlah bahan-bahan seperti lactic acid, glycerin, dan hyaluronic acid yang dapat menjaga kelembapan kulit. Pelembap alami, seperti olive oil, jojoba oil, Aloe vera, shea butter, dan madu juga patut dipertimbangkan.

Pilih bahan lainnya sesuai permasalahan kulit


Pilih bahan lainnya sesuai permasalahan kulit

Selain kulit kering, mungkin saja Anda memiliki permasalahan kulit lainnya. Jika Anda memiliki kulit kering dan kusam, pilihlah masker yang mengandung pencerah wajah. Bahan-bahan seperti beras, pearl, dan bunga sakura dapat mencerahkan kulit Anda.

Kulit yang berjerawat dan iritasi membutuhkan bahan yang menenangkan, seperti tea tree, madu, dan Aloe vera. Anda yang khawatir dengan tanda-tanda penuaan, pilihlah masker dengan kandungan collagen. Collagen mampu mengencangkan kulit Anda sehingga mencegah munculnya kerutan-kerutan halus.