Bagaimana Cara memilih masker terbaik untuk kulit berjerawat?

Cara memilih masker terbaik untuk kulit berjerawat

Bagaimana Cara memilih masker terbaik untuk kulit berjerawat?

Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.

Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat.

Penyebab timbulnya jerawat membandel


Penyebab timbulnya jerawat membandel

Jerawat pada wajah tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Namun, tahukah apa yang menyebabkan wajah Anda berjerawat? Bagi perempuan, jerawat biasanya muncul ketika PMS atau masa sebelum menstruasi. Jerawat yang muncul ketika PMS disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh dan biasanya jerawat akan hilang setelah menstruasi.

Selain itu, peluang timbulnya jerawat dapat terjadi saat Anda mengalami stres. Saat Anda stres, terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang menyebabkan perubahan pola hidup. Keadaan ini menyebabkan peluang munculnya jerawat lebih besar.

Terlalu sering mencuci muka juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Mencuci muka yang berlebihan dapat mengurangi minyak alami pada kulit sehingga kulit lebih sensitif. Cara mencuci muka pun harus benar agar kulit tetap sehat.

Selanjutnya, jerawat juga dapat muncul karena rambut kotor, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, hair spray, dan minyak rambut. Penggunaan handphone juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Handphone yang penuh dengan kotoran serta sering bersentuhan dengan wajah, membuat Anda lebih rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Hindari juga menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Gunakan obat jerawat secara berkala ketika jerawat timbul. Pakai pencuci wajah yang lembut di kulit. Penggunaan masker yang sesuai juga membantu mengeringkan jerawat. Hindari memencet jerawat karena akan merusak jaringan kulit. Selain itu, jika sedang jerawatan usahakan jangan menggunakan scrub ya untuk menghindari jerawat pecah.

Masker juga dapat membantu mengatasi kulit berjerawat. Agar Anda mendapatkan masker yang sesuai, berikut tips memilih masker untuk kulit berjerawat.

Pilih berdasarkan jenis masker


Masker untuk kulit berjerawat dijual dalam berbagai jenis, seperti clay mask, sheet mask, dan sleeping mask. Berikut adalah keunggulan masing-masing masker untuk kulit berjerawat yang bisa Anda pilih.

1. Clay mask, masker mineral yang membersihkan secara menyeluruh

Clay mask, masker mineral yang membersihkan secara menyeluruh

Clay mask merupakan jenis masker paling populer untuk kulit berjerawat. Clay mask kaya akan kandungan mineral dari letusan gunung api. Kandungan mineral ini dapat membantu mengeringkan jerawat serta mengontrol produksi minyak pada wajah Anda. Biasanya masker ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh.

2. Sheet mask, lebih mudah digunakan dan memberi kelembapan ekstra

Sheet mask, lebih mudah digunakan dan memberi kelembapan ekstra

Masker lembaran dengan serum ini merupakan jenis masker yang paling praktis. Anda tidak perlu mengoleskan dan membilas masker. Cukup tempelkan pada wajah, tunggu beberapa menit, dan tidak perlu dibilas. Sheet mask cocok untuk Anda dengan kulit berjerawat yang cenderung kering.

3. Sleeping mask, pakai semalaman dan rasakan kulit segar di pagi hari

Sleeping mask, pakai semalaman dan rasakan kulit segar di pagi hari

Sesuai dengan namanya, sleeping mask merupakan masker gel yang dipakai saat tidur. Masker jenis ini berfungsi untuk menutrisi kulit saat Anda tertidur. Anda dapat membilas wajah keesokan paginya dan rasakan manfaatnya. Sama seperti sheet mask, sleeping mask cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Masker ini membuat wajah Anda segar di pagi hari untuk berbagai acara penting.

Perhatikan kandungan bahan aktifnya


Perhatikan kandungan bahan aktifnya

Bahan-bahan aktif yang biasa ada di dalam masker berjerawat adalah tea tree oil, salicylic acid, dan niacinamide. Bahan tersebut bermanfaat untuk meredakan iritasi serta mengempiskan jerawat. Selain bahan-bahan di atas, ada juga clay yang bermanfaat untuk mengeringkan jerawat Anda.

Selain untuk jerawat, masker juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Contohnya adalah madu yang berfungsi sebagai antimikroba dan melembapkan kulit wajah. Ada juga masker jerawat yang dapat meratakan warna kulit serta memberikan asupan antioksidan untuk kulit.

Hindari masker dengan bahan berbahaya


Hindari masker dengan bahan berbahaya

Beberapa produk kecantikan mengandung bahan pengawet yang berbahaya. Sebisa mungkin hindari masker dengan paraben, phenoxyethanol, hydroquinone, polyethylene, dan retinol. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit, membuat kulit menjadi kering, hiperpigmentasi, sampai kanker. Jika kulit Anda sensitif, pilihlah masker dengan kandungan bahan-bahan organik yang ramah untuk kulit.