Bagaimana cara memilih makanan yang tepat untuk ular?

image

Ular merupakan hewan pemburu. Jika ular berada di sebuah penangkaran, maka makanan terbaik ular adalah tikus hidup atau tikus mati. Anda juga dapat memberi makan pada ular peliharaan Anda dengan membelinya di toko hewan peliharaan.

Bagaimana cara memilih makanan yang tepat untuk ular?

Tips memilih makanan yang tepat untuk ular antara lain :

  1. Beli tikus.

    Di alam liar, banyak ular yang memangsa tikus dan binatang kecil lainnya. Tidak semua tikus yang telah dimakan ular adalah tikus yang sehat. Ular membutuhkan gizi lain agar ular tetap sehat. Jika Anda memilihara satu ekor ular, Anda bisa membeli tikus sehat di toko hewan peliharaan. Jika Anda memelihara ular dengan jumlah yang banyak, alangkah baiknya Anda membuat peternakan tikus untuk makanan ular-ular Anda.

    Pastikan untuk membeli tikus yang sehat. Pastikan pula bahwa tikus tersebut diberi makanan yang sehat dan tidak mengandung bahan kimia. Jika Anda tidak ingin memberi makan ular peliharaan Anda dengan tikus, Anda bisa memberi belatung, serangga dan makanan lain untuk ular peliharaan Anda. Namun, ular biasanya memilih makanan yang akan dimakan. Dengan memberi makanan yang berbeda kepada ular peliharaan Anda, akan membuat ular tersebut depresi.

    Berilah makanan berupa binatang pengerat untuk ular peliharaan Anda. Jangan memberi makan ular peliharaan Anda dengan jangkrik hidup, karena jangkrik dapat membahayakan ular.

  2. Pilih makanan yang hidup atau yang telah dibekukan.

    Ular merupakan hewan peliharaan yang digemari banyak orang, sehingga sudah tersedia banyak produk-produk makanan khusus ular peliharaan. Banyak pemilik ular peliharaan memilih tikus hidup untuk makanan ular peliharannya, tetapi dengan membeli tikus beku yang sudah dikemas juga dapat menjadi pilihan yang baik. Jika Anda memberi makan tikus hidup, Anda dapat memanjakan ular peliharaan Anda layaknya ular tersebut berada di alam liar. Akan tetapi, dengan memberi makan tikus hidup, Anda harus membuat ternak tikus atau membelinya di toko hewan peliharaan untuk makanan ular peliharaan Anda setiap harinya. Jika ular peliharaan Anda tidak memakan tikus yang telah Anda berikan, Anda harus mengambil tikus tersebut dari kandangnya. Dan memasukan kembali tikus tersebut pada saat ular peliharaan Anda terlihat lapar.

    Banyak yang mengatakan bahwa memberi makan ular peliharaan dengan tikus yang telah dibekukan adalah cara yang terbaik. Namun kekurangannya adalah, dengan cara yang dilakukan ini bukan termasuk cara ular memakan mangsanya pada saat di alam liar. Biasanya, ular kecil lebih menyukai tikus hidup sebagai makanannya. Pada saat tumbuh besar, ular tersebut baru bisa merasakan rasa dari tikus beku kemasan.

  3. Berikan makanan sesuai dengan ukuran ular.

    Biasanya ukuran yang berbeda dari tikus yang dijual untuk makanan ular perliharaan. Ular kecil membutuhkan mangsa yang lebih kecil dari ular besar. Pada saat ular peliharaan Anda tumbuh besar, Anda harus memberi makanan yang lebih besar juga. Akan tetapi, jika Anda memberi makanan yang terlalu besar, akan menyulitkan ular peliharaan Anda dalam mencerna makanan tersebut. Lebih baik Anda memberi makanan untuk ular peliharaan Anda yang sesuai dengan tubuh ular tersebut. Ukuran makanan yang tersedia untuk ular adalah sebagai berikut:

    • Pinkies: ini adalah bayi tikus, yang disebut “jari kelingking” karena mereka belum tumbuh bulu. Pinkies baik untuk ular kecil.

    • Fuzzies: ini adalah bayi tikus yang baru saja diakuisisi tanda-tanda pertama mereka tumbuh bulu. Mereka sedikit lebih besar, jadi mereka adalah makanan yang baik bagi ular bayi besar, seperti ular boa, ular tikus atau ular susu, atau ular dewasa menengah dari semua spesies.

    • Hoppers: ini adalah tikus dewasa, cukup untuk ular ball bayi (yang cukup besar) dan ular dewasa.

    • Tikus besar: ini adalah mangsa terbesar. Tikus ini cocok untuk makanan ular dewasa bertubuh besar.

  4. Sediakan air.

    Selain makanan, hal yang dibutuhkan oleh ular adalah air tawar. Berikan air yang cukup untuk merendam ular peliharaan Anda. Ular tidak banyak minum air, namun suatu saat ular akan menenggelamkan tubuhnya di air untuk tetap segar dan sehat.Pastikan kandang selalu bersih. Anda harus sering membersihkan kandang ular peliharaan Anda agar terbebas dari bakteri.