Bagaimana cara memilih landak mini yang sehat dan berkualitas?

Hewan mungil dari family Erinaceinae ini adalah binatang mamalia berduri tapi tidak tajam. Ukuran Landak Mini paling besar hanya seukuran telapak tangan orang dewasa ketika berusia 5 tahun. Landak Mini dalam bahasa inggris disebut African Pigwy Hedgehogs. Landak Mini berasal dari Afrika, Eropa dan China, kemudian dibawa ke Amerika Serikat untuk dikawinsilangkan. Saat ini ada 90an varian warna Landak Mini.

Berikut merupakan faktor-faktor penentu anda dalam memperoleh Landak Mini sehat dan berkualitas :

  • MATA
    Terkondisi baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan serta tidak memiliki semacam lapisan putih pucat di bagian tengah (seperti ini sering disebut dengan katarak).

  • HIDUNG
    Bersih dan lembab (layaknya hidung sapi) dan tidak meler atau tidak kering kusam.

  • MONCONG
    Bersih tidak ada bintik-bintik putih yang berkeliaran di area moncong (ini petunjuk awal apakah Landak Mini tersebut berkutu atau tidak, disamping juga perlu mengecek kulit di bagian pangkal bawah duri).

  • TELINGA PENDEK
    Bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya, tidak ada cairan hijau yang keluar atau meler dari bagian lubang telinga. Seringkali terdapat kejadian telinga dikunyah oleh anak atau temannya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu anda khawatirkan.

  • DURI
    Tidak mengalami kebotakan atau rontok akibat penyakit atau kutu atau jamur atau kelembapan kandang yang terlalu basah dalam intensitas waktu lama.

  • KULIT
    Sebaiknya lentur dan halus tidak berkerak, karna bisa jadi Landak Mini tersebut kutuan bahkan jamuran.

  • BULU RAMBUT
    Pada perutnya halus dan tidak kusut, tidak ada kotoran yang menempel ataupun kerak.

  • PUP
    Padat, tidak diare atau cair kehijauan.

  • KAKI
    Tidak ada yang cacat atau patah atau lumpuh, jari – jari semua utuh dan antar batang jari benar-benar terpisah (tidak menempel atau “ganjet”).

  • ALAT KELAMIN
    Harus kering tidak terdapat luka, tidak terlihat merah-merah bekas darah dan tidak membengkak.

  • BADAN PADAT SEHAT
    (bukan lemak, bukan obesitas), asalkan ketika Landak Mini diletakkan diatas meja badannya bisa berjalan tegak it’s no problem, tapi apabila berjalannya terhuyung-huyung, atau kesulitan tegak segera cari pilihan Landak Mini lain.

  • BERAT LANDAK MINI
    250-700 gram, Landak Mini yang dipilih harusnya memiliki berat yang ideal alias tidak kegemukan atau obesitas karna akan menyebabkan berbagai penyakit dalam yang berbahaya tetapi juga tidak boleh kurus dan terlihat cekung badanya karna bisa jadi itu menunjukan Landak Mini mempunyai suatu penyakit.

  • AKTIF DAN LINCAH
    Suka langsung mengendus si obyek pemegang (tidak menggulung terlalu lama atau bahkan menetidakkan durinya sambil meng-klik).

  • TEMPERAMEN
    Sebenarnya semua Landak Mini bisa menjadi sangat jinak tergantung dari pembiasaan kita tetapi ada beberapa Landak Mini yang memang mempunyai sifat galak sejak lahir dan sulit dijinakkan. Ketika memilih amatilah Landak Mini yang akan anda beli apakah dia mendesis, melompat atau meng klik. Mendesis itu wajar karna dia masih takut dengan kita sedangkan meng klik berati dia mengancam anda sebaiknya jika seperti itu pilih Landak Mini yangg lain saja, terutama apabila yang anda cari adalah Landak Mini betina (dikhawatirkan sifat yang terlalu agresif akan berakibat kurang baik terhadap anda secara langsung yang membutuhkan binatang kesayangan yang bisa dipegang atau dielus-elus, juga pada kualitas anakannya yang sering mengarah pada ketidakbisaan sang indukan dalam merawat si anak akibat terlalu msudah stres atau kaget bila kita dekati saat memberi makan atau mengganti serutan kayu yang kotor). Hal wajar bila Landak Mini yang takut tiba-tiba membola akan tetapi itu hanya beberapa detik saja dan jika Landak Mini membola terlalu lama alihkan saja pilihan kepada Landak Mini yang lain.