Bagaimana Cara memilih krim penghilang flek hitam?

Bagaimana Cara memilih krim penghilang flek hitam

Bagaimana Cara memilih krim penghilang flek hitam?

Periksa bahan aktif yang terkandung di dalam krim


Perlu Anda ketahui bahwa, produk krim penghilang flek hitam yang boleh beredar di Indonesia adalah produk yang sudah mendapat izin dari Departemen Kesehatan atau BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Masing-masing bahan aktif memiliki fungsi yang berbeda. Di sini, kami akan memperkenalkan bahan aktif yang sering digunakan dalam krim penghilang flek hitam.

1. Asam traneksamat, memiliki efek antikasar pada kulit

Asam traneksamat, memiliki efek antikasar pada kulit

Salah satu jenis asam amino artifisial sintetis, yaitu asam traneksamat, memiliki efek antikasar pada kulit. Selain itu, zat tersebut juga dapat menghambat aktivasi sel melanosit, yaitu sel yang berfungsi untuk menghasilkan melanin. Dengan begitu, pembentukan flek hitam pada wajah dapat dicegah.

Asam traneksamat juga memiliki efek perawatan kulit sehingga baik untuk mencegah kulit kasar. Bahan ini juga efektif untuk mengatasi flek hitam yang disebabkan oleh gangguan hormon dan sinar ultraviolet. Karena itu, krim dengan kandungan bahan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencegah flek hitam dan kulit kasar.

2. Arbutin, memiliki efek pencegah flek hitam yang baik

Arbutin, memiliki efek pencegah flek hitam yang baik

Arbutin adalah salah satu komponen campuran pada krim penghilang flek yang berasal dari buah lingonberry. Arbutin dapat menghambat kerja enzim tyrosinase yang menghasilkan melanin. Dengan begitu, arbutin dapat menekan melanin yang berlebihan dan pertumbuhan flek hitam dapat dibatasi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya menggabungkan bahan arbutin dengan turunan vitamin C. Karena itu, pilihlah krim penghilang flek hitam berkandungan arbutin sekaligus turunan vitamin C untuk hasil yang maksimal.

3. Turunan vitamin C, efektif menyamarkan flek hitam

Turunan vitamin C, efektif menyamarkan flek hitam

Turunan vitamin C berfungsi menghambat penuaan pada kulit, mengencangkan kulit yang kekurangan kolagen, dan juga ampuh merawat kulit berjerawat. Serum yang dilengkapi dengan turunan vitamin C sangat disarankan bagi Anda yang ingin mencegah tanda penuaaan seperti flek hitam.

Meski begitu, bahan ini juga dapat membantu Anda mengatasi flek hitam yang sudah terlanjur muncul pada wajah. Khasiatnya membantu menekan pembentukan melanin yang merupakan penyebab utama flek hitam. Dengan memilih serum berbahan turunan vitamin C, Anda dapat mencegah dan mengobati flek hitam.

4. Ekstrak plasenta, ideal untuk perawatan kulit kusam

Ekstrak plasenta, ideal untuk perawatan kulit kusam

Komponen ini merupakan hasil ekstraksi dari plasenta hewan dan memiliki fungsi mendorong regenerasi sel kulit baru. Fungsi lainnya adalah untuk menghambat produksi melanin berlebih. Bahan ini sangat disarankan bagi Anda yang mengalami masalah kulit kusam.

Ekstrak plasenta juga mengandung SCAF (senescent cell activating factors) yang dapat meningkatkan reproduksi sel kulit dan mengganti sel kulit yang telah rusak. Regenerasi sel kulit dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan berupa flek hitam.

Pilih krim dengan kandungan obat untuk hasil yang maksimal


Pilih krim dengan kandungan obat untuk hasil yang maksimal

Bagi Anda yang ingin menghilangkan flek hitam lebih cepat, pilihlah krim yang mengandung bahan obat-obatan. Demi keamanan, pastikan produk krim pilihan Anda telah mendapat izin edar dari BPOM. Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan ulang dengan mengunjungi situs resmi produk tersebut.

Namun, tidak semua krim penghilang flek hitam yang tidak berijin BPOM adalah buruk atau berbahaya. Hal ini karena terdapat pula produk import yang sudah memiliki sertifikat keamanan dari negaranya masing-masing. Meski begitu, sebaiknya Anda selalu memeriksa komposisi bahan yang tertera di belakang kemasan sebelum membeli krim penghilang flek hitam.

Pilih produk berkandungan hydroquinone sesuai saran dokter atau ahli kulit


Pilih produk berkandungan hydroquinone sesuai saran dokter atau ahli kulit

Untuk mengatasi flek membandel seperti noda hitam bekas jerawat, bekas luka, dan lain-lain, gunakanlah krim dengan kandungan hydroquinone. Hydroquinone berfungsi mencegah penggelapan warna kulit setelah terkena paparan sinar matahari.

Mungkin Anda sudah banyak mendengar kontroversi penggunaan hydroquinone. Sebenarnya selama digunakan sesuai anjuran dokter, proses stimulasi pengelupasan kulit mati sebagai efek dari penggunaan hydroquinone, tidak akan menyebabkan masalah. Bila Anda menggunakannya secara berlebihan, sistem perlindungan kulit memang akan lebih mudah rusak dan mengalami iritasi. Segera hentikan pemakaian krim dan konsultasikan kepada dokter jika hal tersebut terjadi.

Bagi para pria, pilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria


Bagi para pria, pilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria

Bagi para pria, disarankan untuk memilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria. Hal tersebut karena kulit wajah pria lebih mudah berminyak dan lebih mudah kering dibandingkan dengan wanita, terutama pada bagian pipi.

Selain itu, kebiasaan mencukur setiap hari dan kurangnya kebiasaan mengaplikasikan pelembap pada kulit membuat kulit pria lebih mudah terkena sinar UV. Bagi para pria, pilihlah krim penghilang flek hitam yang sekaligus memiliki bahan pelembap, agar kulit wajah tetap terawat.

Pilih yang mengandung bahan pelembap


Pilih yang mengandung bahan pelembap

Pilihlah krim penghilang flek hitam yang mengandung pelembap untuk hasil yang lebih efektif. Kulit yang lembap akan lebih terlindung dari sinar UV sehingga munculnya flek hitam dapat dicegah. Gunakanlah krim penghilang flek hitam yang mengandung pelembap sebagai langkah pencegahan munculnya flek hitam lebih banyak.

Bahan seperti hyaluronic, ceramide, dan jojoba oil dipercaya banyak mengandung pelembap serta dapat mengatasi kulit kering. Dengan begitu, selain manfaat menghilangkan flek hitam di wajah, Anda juga dapat merasakan kulit tetap lembap sepanjang hari.

Pilih kemasan ekonomis untuk Anda yang berkulit sensitif


Pilih kemasan ekonomis untuk Anda yang berkulit sensitif

Bagi Anda yang berkulit sensitif dan rentan terhadap rangsangan bahan kimia, sebaiknya Anda mencoba krim penghilang flek hitam dengan kemasan kecil. Pada umumnya, produk yang mengandung bahan pemutih kulit akan mengiritasi kulit dan ini tidak baik bagi Anda yang memiliki kulit dengan pertahanan yang lemah.

Produk perawatan kulit yang berkualitas biasanya akan dijual dengan harga yang tinggi. Bila Anda terlanjur membelinya dan ternyata tidak cocok, tentu saja akan mubazir. Untuk itu, cobalah pilih krim berkemasan ekonomis yang dapat dipakai beberapa kali pemakaian saja. Anda pun bisa mengetahui kecocokannya dengan kulit Anda