Bagaimana cara memilih korset pinggang?

cara memilih korset pinggang

Korset merupakan salah satu item dalam berpakaian yang biasa digunakan wanita untuk memberi bentuk tubuh ketika mereka sedang memakai kebaya atau pakaian lainnya

Bagaimana cara memilih korset pinggang?

Apakah Anda ingin memiliki lekuk tubuh yang indah bak supermodel? Wujudkan impian ini dengan bantuan korset pinggang. Tak hanya membuat Anda memiliki bentuk tubuh yang ideal, korset pinggang memberikan kesan seksi dan fashionable dalam satu waktu.

Meskipun begitu, model dan tipe korset pinggang sangatlah beragam. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih, berikut ini panduan cara memilih korset pinggang.

Apakah fungsi dari korset pinggang?


Korset pinggang adalah jenis pakaian dalam yang berfungsi untuk memperbaiki bentuk tubuh Anda dari bagian dada ke pinggang. Meskipun terdapat korset yang memiliki bentuk serupa dengan korset pinggang, tetapi umumnya jenis tersebut kurang elastis. Selain itu, korset tersebut biasanya menggunakan tali pengencang yang membentuk lekuk pinggang Anda secara paksa.

Di samping itu, fungsi utama dari korset pinggang adalah untuk menyesuaikan garis tubuh dengan mengencangkan bagian perut Anda. Korset pinggang memiliki keunggulan mudah dipasang dan dilepas karena menggunakan pengait dan pengencang. Dengan demikian, Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin memiliki bentuk tubuh ideal saat memakai gaun, pakailah korset pinggang dengan tingkat pengetatan yang sedang. Korset pinggang adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin menonjolkan lekuk tubuh saat memakai gaun ketat.

Lantas, apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum memilih korset pinggang? Berikut ini tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih korset pinggang.

Pilih berdasarkan tujuan pemakaian


Ketika memilih korset pinggang, pastikan Anda telah mengetahui tujuan pemakaiannya agar dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

1. Korset pinggang membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping

Korset pinggang membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping

Saat sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, tentunya Anda ingin terlihat lebih ramping. Tujuan pemakaian korset yang paling umum adalah untuk mengencangkan tubuh agar memiliki lekuk yang indah. Bagi yang ingin menutupi kekurangan tubuh, korset dengan fitur pengencang membuat pinggang Anda tampak lebih langsing. Dengan fitur tersebut, pinggang Anda dapat dikencangkan hingga mencapai batas tertentu.

Meskipun demikian, ada baiknya untuk menghindari korset pinggang yang terlalu ketat. Terlebih lagi, jika Anda harus memakainya dalam waktu lama. Pastikan untuk memilih korset pinggang yang nyaman dipakai dan memiliki bahan yang breathable (memiliki sirkulasi udara yang mampu mengalirkan udara panas). Pilihlah tipe korset yang tetap nyaman meskipun dipakai seharian.

2. Kenakan korset pinggang sebagai dalaman gaun pengantin atau kebaya

Kenakan korset pinggang sebagai dalaman gaun pengantin atau kebaya

Ketika memakai gaun seperti pakaian pengantin atau kebaya, penggunaan korset yang mengencangkan pinggang akan membuat gaun Anda terlihat lebih indah. Saat resepsi pernikahan, Anda pun bisa unjuk gigi dengan memamerkan lekuk pinggang yang seksi dan menawan. Berkat korset pinggang yang tidak terlihat dari luar, garis tubuh Anda akan mengikuti potongan gaun. Tak hanya untuk pernikahan, korset pinggang bisa Anda pakai untuk acara lain setiap harinya. Korset adalah fashion item yang dapat dipakai berulang kali.

Terlebih lagi, kesempatan untuk memakai gaun pernikahan sangatlah langka atau malah hanya sekali seumur hidup. Oleh karena itu, Anda harus tampil berani dan totalitas dengan memakai korset pinggang untuk menciptakan lekuk tubuh yang indah pada hari spesial tersebut. Anda pasti menjadi pusat perhatian!

3. Korset pinggang juga dapat dipakai untuk perawatan tubuh postpartum (pasca melahirkan)

Korset pinggang dapat dipakai untuk perawatan tubuh postpartum (pasca melahirkan). Meskipun demikian, Anda tidak dapat langsung memakainya dan harus bersabar menunggu satu atau dua minggu setelah melahirkan. Jika Anda ingin langsung memakainya setelah melahirkan, pilihlah korset pinggang khusus postpartum. Korset jenis ini akan mengencangkan area panggul secara lembut yang melebar setelah melahirkan.

Pada umumnya, korset pinggang biasa tidak disarankan untuk dipakai setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan korset pinggang cenderung melekat di tubuh lebih kencang dibandingkan korset khusus postpartum. Jika dipaksakan, rahim dan pinggang Anda akan menegang karena ditekan terlalu kuat. Meskipun posisi pinggul dapat kembali seperti sedia kala dengan bantuan korset pinggang, hindari menekan area ini secara paksa dan terlalu kencang.

Jika Anda mencari korset pinggang untuk perawatan tubuh pasca melahirkan, pilihlah korset yang kekencangannya mudah diatur dan tidak terlalu sempit.

Pilih yang paling sesuai dengan ukuran tubuh


Pilih yang paling sesuai dengan ukuran tubuh

Ketika membeli korset pinggang, hindari memilih korset yang terlalu ketat. Sangat tidak direkomendasikan untuk memilih korset pinggang yang memiliki fungsi mengencangkan pinggang secara paksa atau membuat tubuh Anda kurus secara instan. Korset yang terlalu sempit tidak hanya menyiksa, tetapi juga dapat menyebabkan pembengkakan kulit dan peredaran darah yang tidak lancar.

Selain itu, hindari memilih korset pinggang yang terasa kurang nyaman dikenakan karena terlalu sempit. Sebaiknya, pilihlah korset yang masih menyisakan sedikit ruang atau bercelah yang masih cukup untuk memasukkan tangan dari atas korset.

Tambahan lagi, jika Anda menginginkan korset pinggang untuk perawatan pasca melahirkan, Anda harus memilih korset dengan ukuran postpartum. Untuk itu, Anda dapat berpedoman pada perbedaan berat badan sebelum dan sesudah melahirkan. Jika perbedaan berat badan Anda kurang dari 8 kg, pilihlah korset pinggang dengan ukuran yang sama sebelum kehamilan. Jika perbedaan berat badan Anda antara 8 kg hingga 11 kg, pilihlah satu ukuran di atas ukuran sebelum kehamilan atau dua kali lebih lebar.

Perhatikan bahan yang digunakan


Perhatikan bahan yang digunakan

Korset pinggang adalah item yang dipakai di bawah pakaian. Sebelum membeli, periksalah terlebih dahulu bahan yang digunakan. Misalnya, apakah korset tersebut terbuat dari bahan yang tipis breathable atau kain mesh yang bisa dipakai sepanjang waktu terlepas cuaca sedang panas atau dingin. Tergantung bagaimana Anda akan menggunakannya. Dengan bahan korset berkualitas baik, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah kenyamanan pada masa mendatang.

Peringatan untuk Anda yang akan memakai korset pinggang


Saat memakai korset pinggang, kami sarankan agar Anda juga memakai bra dan sabuk. Pasalnya, jika Anda tidak memakai bra dengan kondisi penuh, bisa saja tulang peramping korset akan menyembul keluar dan melukai tubuh. Hal ini disebabkan oleh tipisnya pengikat bra 3/4 cup dan bra 1/2 cup. Jika dibiarkan berlarut-larut, memakai korset pinggang tidak lagi terasa nyaman dan Anda akan kapok memakainya. Selain itu, hindari memakai tipe half cup bra saat menggunakan korset pinggang.