Bagaimana cara memilih kacer untuk lomba ?

image

Bagaimana cara memilih burung kacer untuk lomba ?

Cara memilih burung kacer untuk lomba antara lain :

  • Bulu kelihatan kering, tapi bersih dan berkilau. Artinya kalau kita menjumpai burung kacer dada putih tapi bulunya kurang bernada kering, biasanya kurang flghter.

  • Mata melotot seperti mau keluar dari dalam kelopaknya.Mata yang melotot akan terkesan garang, juga awas dalam mengamati sekitarnya. Kalau kita menjumpai kacer dada putih yang matanya kurang melotot, sehingga terlihat lembut dan kalem, bisa diperkirakan si burung kurang tarung.

  • Bagian paruh terlihat lurus, belahannya memanjang hingga ke belakang sampai mau ke bagian leher atau tenggorokan atau sampai di bawah mata. Jenis yang seperti ini biasanya memiliki volume yang dahsyat dan tembus. Jenis yang seperti ini bisa membuka paruh lebih lebar dari yang belahannya lebih pendek.

  • Postur badang kecil memanjang, tidak pendek. Kemudian perhatikan bagian ekor, biasanya kempal atau ngumpul, dan tidak mekar atau membuka.

  • Kacer dada putih bisa dipelihara baik di daerah panas maupun dingin. Paling-paling bila baru pindah, memerlukan sedikit waktu untuk adaptasi.

Source: https://omkicau.com/2011/05/19/tips-memilih-burung-kacer-dada-putih-untuk-lomba/