Bagaimana cara memilih jenis ular peliharaan yang tepat?

image

Bagaimana cara memilih jenis ular peliharaan yang tepat?

Ketahui jenis ular yang Anda inginkan. Di bawah ini adalah beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan:

Ukuran ular bervariasi dari yang kecil hingga yang besar. Panjang ular yang besar bisa mencapai 10 m, maka dari itu kebanyakan orang lebih memilih ular berukuran kecil. Ular kecil membutuhkan kandang yang lebih kecil dan makanan yang lebih sedikit dari ular besar.

Banyak ular lebih suka memakan tikus, namun pilihlah ular yang lebih menyukai ikan, siput dan lain-lain. Akan lebih mudah untuk memberi makan ular dengan makanan yang bisa disimpan di dalam kulkas daripada memberi makan dengan hewan yang masih hidup.

Sebagian jenis ular sangat mudah untuk dirawat, sementara sebagian lainnya tidak terlalu. Pikirkan seberapa besar keinginan Anda untuk bermain bersama ular peliharaan Anda.

Beberapa jenis ular memiliki bisa. Kebanyakan orang tidak akan membeli ular derik atau kobra.

Pilihlah jenis ular yang lebih mudah untuk dirawat. Ada beberapa jenis ular jinak yang patut Anda pertimbangkan ketika memilih ular peliharaan pertama Anda. Ada jenis ular yang tenang dan cukup mudah dirawat.

Ular jagung atau corn snake mungkin jenis ular yang paling mudah untuk dirawat karena bisa disentuh dan dijinakkan dengan mudah. Ada spesies ular yang aktif dan selalu ingin tahu yang sangat suka merayap-rayap pada barang-barang Anda.

Anda juga bisa memelihara ular pita, ular babi, ular raja, dan ular susu, yang memiliki sifat yang sama seperti jenis ular lain di famili Kolubrid.

Jika Anda ingin ular yang tidak terlalu aktif dan bergerak dengan lamban, pilihan yang paling tepat adalah ball python atau sanca bola. Ular jenis ini tidak terlalu besar dan suka bergulung di telapak tangan Anda atau merayap di leher Anda.

Pilihlah jenis ular berdasarkan ada tidaknya anak kecil di rumah Anda. Anak-anak akan lebih sering bermain dengan ular peliharaan ketimbang orang dewasa. Usia minimum anak-anak untuk memelihara ular adalah 5 tahun.

Ular jagung dan sanca bola adalah pilihan yang tepat bagi anak-anak karena ular jenis ini sangat ramah, bergerak lamban, tidak akan tumbuh terlalu besar, dan tidak akan cepat mati.

Ketahuilah jenis ular yang akan Anda pelihara. Jika Anda tidak membeli ular peliharaan dari sumber tepercaya, Anda bisa menemukan ular-ular yang terlihat serupa dan akan sangat sulit untuk mengetahui spesies ular yang akan Anda beli tanpa bantuan seorang ahli.

Ketahuilah jenis ular yang tidak cocok dipelihara seseorang yang baru memelihara ular. Anaconda, sanca kembang, ular berbisa, dan sanca Burma bisa sangat berbahaya jika pemilik tidak bisa merawatnya dan tidak mempunyai kandang terkunci. Lebih baik spesies-spesies ini dirawat oleh seseorang yang lebih ahli.

Memilih ular yang baik tentunya bukan cara yang sulit, biasanya orang yang baru pertama kali memelihara ular akan memilih ular yang jinak dan murah namun perlu diperhatikan juga kondisi ular yang akan dipilih. yang perlu anda cermati adalah :

  1. Pilihlah ular yang sesuai budget anda.
    Ular peliharaan dapat berkisar mulai 50rb rupiah saja hingga ratusan juta. sesuaikan dengan budget anda terlebih dahulu supaya tidak salah taksir. pilihlah kategori ular untuk pemula. beberapa jenis ular ada yang berbisa, sulit jinak atau mudah stress (namun biasanya jarang dan warnanya memikat)

  2. Tanyakan Apa menu makanannya
    tidak semua ular mau makan tikus, beberapa jenis ada yang memakan cicak, katak, hingga ikan. sehingga anda tidak salah menu untuk memberi pakan ular anda.

  3. Berapa ukuran maksimalnya ular ini?
    Beberapa jenis ular dapat menjadi sangat besar dalam pemeliharaan (sebagai contoh python reticulatus yang dapat mencapai 10 meter) beberapa memiliki ukuran maksimal hanya 70cm an. kondisikan mana menurut anda yang cocok. beberapa orang menyukai ular yang dapat tumbuh besar karena dapat dibelai orang banyak beberapa orang suka ular berukuran kecil karena mudah dibawa.

  4. Uji kejinakan maupun nafsu makan
    Penjual yang baik pasti akan melayani hal tersebut. dewasa ini banyak ular yang baru ditangkap dari alam kemudian langsung dijual. biasanya ular ular ini dijinakkan secara instant dengan memberi balsem pada tubuh mereka. hal itu tentu sangat memperihatinkan.

    Jangan membeli dari penjual semacam ini meskipun ular yang dijual sangat murah. karena ular tersebut akan galak kembali setelah efek balsem hilang. selain itu terkadang ular hanya ditumpuk dalam 1 tempat yang sesak hingga banyak dari mereka lemas.

    Belilah pada penjual yang mau memberi garansi makan atau tes kejinakkan ular. tanyakan juga pola makannya. dengan membeli dari penjual yang merawat ularnya dnegan baik maka anda akan mendapatkan ular peliharaan yang berkualitas

  5. Cek kesehatannya baik baik.
    Ciri khas ular yang baik adalah :

    • kulit nampak bersinar (kecuali mau ganti kulit)
    • tidak ada abses di mulutnya
    • kloaka (anus si ular) tidak keras
    • aktif (dalam artian respon bergerak jika dipegang)

Periksa jangka hidup jenis ular yang Anda pilih. Sebelum Anda yakin ingin memelihara ular, ingatlah bahwa beberapa spesies bisa hidup selama lebih dari 30 tahun. Ini artinya Anda memiliki komitmen jangka panjang untuk merawatnya dan Anda harus seratus persen yakin terhadap keputusan Anda.

Pastikan Anda sanggup merawatnya. Setiap jenis ular memiliki kebutuhan yang berbeda, baik itu dari segi peralatan maupun makanannya. Jenis ular yang lebih sulit dirawat membutuhkan pengawasan ekstra untuk menjaga suhu ruangan, kelembapan, dan jenis makanannya.

Melakukan penelitian terlebih dahulu sangat penting untuk dilakukan dan merupakan langkah awal Anda sebelum memelihara ular. Sebagai contoh, ular jagung dan sanca bola memang sama-sama jinak, namun sanca bola tidak bisa menoleransi suhu ruangan di bawah 24° C. Jika udara di rumah Anda menjadi dingin, Anda harus menghangatkan kandang sanca bola Anda.

Oleh karena itu, memilih jenis ular yang tepat dapat dirangkum sebagai berikut :

  • Ketahui jenis ular yang Anda inginkan
  • Pilihlah jenis ular yang lebih mudah untuk dirawat
  • Pilihlah jenis ular berdasarkan ada tidaknya anak kecil di rumah Anda
  • Ketahuilah jenis ular yang akan Anda pelihara
  • Ketahuilah jenis ular yang tidak cocok dipelihara seseorang yang baru memelihara ular.