Bagaimana cara memilih essence untuk kulit kombinasi?

cara memilih essence untuk kulit kombinasi

Essence adalah cairan berbahan dasar air yang mengandung konsentrasi bahan aktif tinggi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan di dalamnya. Meski memiliki formula yang cair, tekstur essence cenderung lebih kental dari air biasa dan toner.

Bagaimana cara memilih essence untuk kulit kombinasi?

Essence adalah produk skin care penting untuk perawatan kulit wajah sehari-hari. Demi mencegah berbagai masalah kulit, banyak orang yang masih mencari produk terbaik untuk digunakan saat pagi maupun malam hari. Banyak essence yang dibuat khusus untuk kulit kering dan berminyak, tetapi bagaimana dengan kulit kombinasi?

Untuk mendapatkan kulit yang mulus, essence penting untuk digunakan setiap hari. Namun, orang yang memiliki kulit kombinasi, yaitu berminyak di daerah T-zone tetapi kering di bagian wajah lain, tentu pernah merasa bingung dalam memilih produk yang tepat. Harus memilih yang menyegarkan atau melembapkan?

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih essence untuk kulit kombinasi. Jika Anda sudah memahaminya, memilih produk tidak akan lagi terasa membingungkan!

Pilih produk dengan kandungan pelembap yang cukup tinggi


Pilih produk dengan kandungan pelembap yang cukup tinggi

Orang-orang yang memiliki jenis kulit kombinasi cenderung memilih essence dengan efek menyegarkan dalam upaya merawat T-zone yang terlihat mengilap. Namun sesungguhnya, menggunakan essence dengan kandungan pelembap tetap dianjurkan meskipun ada bagian wajah yang berminyak.

Penyebab kulit kombinasi sangat beragam, di antaranya adalah stres dan hormon yang tidak seimbang. Akan tetapi, kurangnya kelembapan di kulit wajah dapat menjadi salah satu penyebab kulit menjadi berminyak. Jika kulit Anda tidak memiliki kelembapan yang cukup, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum yang akan menyebabkan produksi minyak menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu, jika Anda memberikan kelembapan lebih di bagian yang kurang lembap, keseimbangan kandungan air di kulit akan tetap terjaga sehingga kelebihan sebum tidak perlu diproduksi. Anda mungkin berpikir bahwa Anda perlu memberi kesegaran pada bagian wajah yang berminyak. Namun, lebih baik lagi jika Anda memberi kelembapan yang dibutuhkan kulit secara keseluruhan dengan tepat.

Pilih produk dengan kandungan stimulan yang rendah


Pilih produk dengan kandungan stimulan yang rendah

Salah satu penyebab kulit kombinasi adalah ketidakseimbangan hormon. Ketika keseimbangan kulit terganggu, kulit menjadi lebih sensitif dan responsif terhadap stimulan.

Ketika menerima stimulan, kulit akan memproduksi sebum berlebih sebagai upaya mengurangi kerusakan. Mungkin inilah yang menyebabkan bagian tertentu pada kulit kombinasi menjadi berminyak. Meskipun kulit Anda tidak memiliki alergi atau penyakit kulit, sebisa mungkin pilihlah essence dengan bahan pemicu iritasi seminimal mungkin. Akan lebih baik apabila Anda memilih essence dengan kandungan bahan alami.

Pilih produk dengan penetrasi tinggi


Pilih produk dengan penetrasi tinggi

Banyak yang mengatakan bahwa essence sebaiknya digunakan dalam jumlah banyak dalam sekali pakai. Namun, daripada menggunakan produk yang murah hingga kapas basah kuyup, sebaiknya Anda memilih essence dengan kemampuan penetrasi yang tinggi meski harganya cenderung lebih mahal.

Tidak peduli seberapa banyak essence yang digunakan, jika formulanya tidak dapat menembus kulit tetap saja tidak ada artinya. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa essence berharga mahal tidak ekonomis, tetapi produk dengan kemampuan penetrasi tinggi akan memberikan hasil yang optimal meski digunakan dalam jumlah sedikit. Tentu saja bukan berarti produk dengan harga tinggi dijamin bagus, tetapi mari prioritaskan produk yang kemampuan penetrasinya tinggi.