Bagaimana cara memilih cream blush?

Cream blush

Cream blush adalah solusi yang dapat kita coba kalau pengin pipi merona alami tanpa membuat kulit jadi kering. Karena buat kita yang punya kulit kering, kita dapat menambah rona pada pipi dengan produk blush yang formula krimnya lebih menghidrasi.

Bagaimana cara memilih cream blush?

Cream blush, atau krim blush on, adalah kosmetik yang populer belakangan ini. kosmetik ini mampu menghasilkan rona pipi yang sehat dan natural seolah muncul dari dalam. Namun, ada berbagai warna dan jenis krim blush yang dijual di pasaran.

Apa yang membuat cream blush diminati?

Apa yang membuat cream blush diminati?

Cream blush memiliki tekstur krim yang akrab di kulit sehingga cocok dijadikan sebagai base makeup. Krim ini membuat pipi Anda merona secara natural. Selain itu, cream blush menawarkan kelembapan yang ideal untuk kulit kering. Formulanya melekat dengan baik di kulit sehingga tidak mudah luntur. Intensitas warnanya pun mudah disesuaikan. Cream blush adalah jenis blusher yang dapat membantu Anda jika ingin mencoba berbagai tren makeup!

Lalu, poin apa saja yang perlu Anda perhatikan saat memilih cream blush. Penting juga untuk menemukan warna yang cocok dengan kulit Anda. Simak poin-poin spesifiknya di bawah ini.

Pilih cream blush berdasarkan bentuk dan hasil riasannya


Ada empat jenis cream blush berdasarkan bentuknya, yaitu tipe compact, stick, tube, dan liquid (blush cair). Pahami perbedaan dari cara pemakaian dan hasil finishing riasannya. Pilihlah yang paling cocok untuk Anda.

1. Jika ingin lebih mudah menyesuaikan warna, pilih bentuk compact

Jika ingin lebih mudah menyesuaikan warna, pilih bentuk compact

Jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang sering kesulitan mengatur ketebalan warna blush. Cream blush berbentuk compact memiliki intensitas warna yang tipis sehingga mudah disesuaikan kepekatan warna gelap atau terangnya. Tidak perlu khawatir rona pipi menjadi terlalu pekat karena Anda dapat membaurnya dengan bantuan jari atau spons. Untuk itu, tipe ini cocok untuk pemula yang baru pertama kali menggunakan cream blush.

2. Pilih tipe stick untuk mendapatkan intensitas warna yang lebih tinggi

Pilih tipe stick untuk mendapatkan intensitas warna yang lebih tinggi

Untuk Anda yang membutuhkan blush dengan warna yang lebih pekat, kami merekomendasikan cream blush berbentuk stick. Jenis ini memiliki pigmentasi warna yang tinggi. Namun, perhatikan bahwa warna blush akan terlihat lebih gelap jika Anda melapisinya terlalu banyak. Untuk hasil terbaik, Anda cukup menggaris sedikit di bagian pipi yang diinginkan. Jika Anda menggaris ke arah luar pipi atau mengikuti lengkungan bentuk tulang pipi, Anda akan mendapatkan gradasi rona pipi yang alami.

3. Cream blush berbentuk tube dapat dikombinasikan dengan varian warna lain

Cream blush berbentuk tube dapat dikombinasikan dengan varian warna lain

Jika ingin membuat warna blush Anda sendiri, kami sarankan untuk membeli cream blush berbentuk tube. Teksturnya lebih lembut dibandingkan tipe compact dan stick. Dengan demikian, tipe ini lebih mudah untuk dibaurkan, bahkan dalam jumlah kecil. Anda dapat mencampurnya dengan warna lain untuk mendapatkan warna blush yang diinginkan. Anda juga dapat membuat pipi yang bergradasi cantik dengan menggunakan dua warna cream blush.

4. Jika ingin mendapatkan efek glossy, pilih tipe liquid

Jika ingin mendapatkan efek glossy, pilih tipe liquid

Jenis liquid lebih dianjurkan jika Anda menyukai efek riasan pipi yang glowing. Di antara empat bentuk cream blush, tipe liquid memiliki kadar air paling banyak sehingga lebih mengilat di kulit. Warnanya pun akan kelihatan meskipun Anda mengaplikasikannya dalam jumlah kecil. Untuk mencegah efek kilau yang berlebihan, Anda dapat mengatur jumlah warna yang Anda inginkan dengan menggunakan kuas.

Ada juga cream blush multifungsi yang dapat digunakan untuk bibir dan kelopak mata


Ada juga cream blush multifungsi yang dapat digunakan untuk bibir dan kelopak mata

Jika Anda ingin memaksimalkan fungsi dari sebuah produk cream blush, pilihlah cream blush dengan formula 2-in-1 atau multifungsi. Jenis ini bukan hanya dapat digunakan sebagai blusher, tetapi juga sebagai eye shadow dan lipstik. Menggunakan kosmetik berwarna senada dari pipi, bibir, hingga area mata tentu menghasilkan makeup yang padu. Biasanya, tipe ini dilengkapi bahan moisturizer yang mampu melembapkan kulit kelopak mata dan bibir yang kering.

Pilih cream blush yang sesuai dengan warna kulit Anda


Saat memilih cream blush, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan warna kulit. Umumnya, cream blush memiliki varian warna yang bold. Jika Anda memilih yang cocok dengan warna kulit, Anda dapat membuat rona pipi yang lebih cerah dan tampak bagus.

1. Untuk tone kulit kuning atau kecokelatan, pilih cream blush warna hangat

Untuk tone kulit kuning atau kecokelatan, pilih cream blush warna hangat

Warna hangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki warna kulit yang cenderung kekuningan dan kecokelatan. Ciri-ciri kulit dengan tone kuning dapat diperhatikan dari pembuluh darah berwarna kehijauan di pergelangan tangan mereka. Untuk yang berkulit putih, biasanya berwarna kuning gading. Di bawah sengatan matahari, warna kulit Anda cenderung berubah menjadi kecokelatan seperti warna gandum. Jika Anda memiliki warna kulit yang demikian, pilih cream blush berwarna hangat, seperti merah, pink coral, aprikot, oranye, dan sejenisnya.

2. Untuk tone kulit putih kebiruan, pilih cream blush warna dingin

Untuk tone kulit putih kebiruan, pilih cream blush warna dingin

Orang-orang dengan kulit putih biasanya memiliki tone kulit kebiruan. Untuk Anda yang memiliki warna kulit demikian, pilih cream blush berwarna dingin. Warna dingin akan membuat kulit Anda lebih cerah. Ciri-ciri kulit dengan tone warna dingin ini adalah warna pembuluh darah yang tampak kebiruan di pergelangan tangan. Jika terbakar matahari, kulit akan tampak berwarna kemerah-merahan (bukan kecokelatan). Jika kulit Anda tergolong demikian, pilih cream blush berwarna magenta, smokey pink, rose pink, cool pink, pink beige, dan sejenisnya.

Jika sulit memilih warna, Anda dapat bertanya pada penata rias profesional


Jika sulit memilih warna, Anda dapat bertanya pada penata rias profesional

Jika Anda tidak dapat memastikan tipe warna kulit Anda, Anda dapat mencoba langsung krim berwarna hangat atau dingin. Perhatikan manakah warna yang lebih sesuai dan tampak membaur alami. Jika warna tersebut tidak cocok dengan kulit Anda, hasilnya pasti terlihat kusam atau kurang mencolok. Oleh sebab itu, pilihlah warna yang paling terlihat alami di kulit.

Saat mendatangi konter kosmetik, Anda juga dapat meminta saran dari para ahli atau penata rias kenalan Anda di sana. Jika Anda membeli barang online, disarankan untuk membeli sample atau ukuran travel size terlebih dahulu.

Pilih cream blush dengan warna yang cocok sesuai usia


Pilih cream blush dengan warna yang cocok sesuai usia

Selain mempertimbangkan warna yang cocok di kulit, pertimbangkan juga warna yang cocok dengan usia. Sebagai contoh, warna merah atau pink yang segar lebih cocok untuk remaja usia 20-an. Warna tersebut dapat memberikan kesan riasan yang cute. Untuk usia 30-an Anda, Anda dapat memilih golongan warna peach dan rose. Setelah 40-an, pilihan warna untuk makeup yang elegan dan matang akan terlihat lebih menawan. Anda dapat memilih warna-warna smoky seperti pink salmon atau red rose.

Tips cara menggunakan cream blush


Tips cara menggunakan cream blush

Cream blush biasanya diterapkan setelah pemakaian liquid foundation. Ambil sejumlah kecil produk dengan kuas, spons, atau jari, lalu bubuhkan di titik tertinggi pada tulang pipi. Titik tertinggi ini biasanya muncul saat Anda tertawa. Sapukan cream blush dari bagian tengah dan semakin tipis menuju pinggir. Hasilnya, sapuan blush Anda akan terlihat lebih merona alami. Anda dapat membaurkannya secara lebih sempurna dengan menepukkan spons secara lembut.

Selanjutnya, setelah membubuhkan cream blush berwarna terang, Anda dapat membubuhkan warna cream blush lainnya yang sedikit lebih gelap di bagian bawah tulang pipi yang terang untuk membuat gradasi warna. Riasan pipi Anda akan terlihat berdimensi. Dengan mengaplikasikan dua warna cream blush ini, Anda dapat membuat riasan yang terbaik. Selamat mencoba!