Bagaimana Cara memilih body lotion untuk kulit kering?

body lotion untuk kulit kering

Bagaimana Cara memilih body lotion untuk kulit kering?

Kulit yang kering terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh. Apalagi jika sampai muncul iritasi atau pengelupasan kulit hingga menimbulkan rasa perih. Salah satu langkah penanganan yang mudah dan efisien untuk mengatasinya adalah denga menggunakan body lotion khusus untuk kulit kering.

Untuk mengatasi masalah kulit kering, banyak produsen kosmetik ternama seperti Vaseline, Innisfree, dan The Body shop yang menawarkan produk dengan kualitas terbaik. Dibawah ini, kami akan mengulas cara memilih body lotion untuk kulit kering .

Kenali ciri-ciri jenis kulit kering

Kenali ciri-ciri jenis kulit kering

Jenis kulit yang kering biasanya memiliki produksi kelenjar minyak yang sedikit. Akibatnya, kulit tidak memiliki lapisan pelindung guna mencegah kekeringan. Selain itu, jenis kulit kering juga kurang mampu menahan dan menjaga kadar air sehingga kelembapan kulit menjadi terganggu. Kedua faktor tersebut membuat kulit mudah mengalami pengikisan sel sehingga menyebabkan kulit terasa kering dan kasar.

Selain memiliki tekstur yang kering dan kasar, masalah yang sering muncul pada jenis kulit adalah kulit bersisik dan mengelupas. Ketika Anda menggaruk kulit, akan timbul bekas berwarna putih. Pada kasus yang ekstrem, kulit juga rentan mengalami iritasi dan berwarna kemerahan. Tidak sedikit juga orang yang berjenis kulit kering mengeluhkan rasa gatal di kulit mereka.

Saat ini ada banyak jenis body lotion untuk kulit kering yang dijual di pasaran. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih. Jadi, bacalah ulasan berikut sampai habis, ya!

Pilih yang mengandung ekstra pelembap


Pilih yang mengandung ekstra pelembap

Jenis kulit yang kering cenderung kurang bisa menahan kadar air di kulit sehingga kulit akan menjadi kurang lembap. Kurangnya kelembapan di kulit membuat kulit terasa semakin kering dan teksturnya kasar. Untuk itu, Anda membutuhkan produk yang dapat menambah dan memperbaiki kelembapan alami kulit.

Produk dengan kandungan ekstra pelembap seperti glycerin dan hyaluronic acid sangat baik untuk kulit kering Anda. Bahan alami seperti Aloe vera juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Aloe vera tidak hanya dapat melembapkan kulit, tetapi juga dapat meringankan iritasi.

1. Untuk perlindungan optimal, pilih yang daya melembapkannya tahan lama

Untuk perlindungan optimal, pilih yang daya melembapkannya tahan lama

Agar kadar air dalam kulit selalu terjaga, sebaiknya Anda memilih produk dengan daya melembapkan yang tahan lama. Kulit kering biasanya akan mudah mengalami dehidrasi sehingga harus selalu terjaga kadar kelembapannya. Apalagi jika Anda sering berada di ruangan AC atau terpapar sinar matahari yang membuat kulit semakin kering.

Produk dengan daya melembapkan yang tahan lama dapat mengunci kadar air di kulit lebih lama. Hasilnya, kulit tidak akan mudah dehidrasi dan kering. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot mengoleskan body lotion berkali-kali untuk melembapkan kulit. Untuk mendapatkan kelembapan yang bertahan lama, Anda dapat memilih produk dengan kandungan petrolatum atau petroleum jelly.

2. Untuk penggunaan sehari-hari, pilih yang tidak lengket di kulit

Untuk penggunaan sehari-hari, pilih yang tidak lengket di kulit

Beberapa produk body lotion memang baik untuk melembapkan, tetapi tidak sedikit pula yang menimbulkan rasa lengket di kulit. Hal itu tentunya dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Apalagi, saat terkena keringat tentu kulit akan semakin terasa lengket dan tidak nyaman. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih produk yang tidak menimbulkan rasa lengket.

Apabila Anda tidak menyukai body lotion yang lengket, Anda dapat memilih produk dengan kandungan Aloe vera. Kandungan Aloe vera ini baik untuk melembapkan kulit tanpa menimbulkan rasa lengket berkat teksturnya yang ringan dan mudah menyerap.

Pilih yang dapat menghaluskan kulit


Pilih yang dapat menghaluskan kulit

Tekstur jenis kulit yang kering cenderung kasar dan bersisik. Hal tersebut tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga mengurangi rasa percaya diri Anda. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah tersebut, sebaiknya pilih produk yang dapat menghaluskan kulit.

Untuk menghaluskan permukaan kulit, Anda dapat memilih produk dengan kandungan vitamin E. Vitamin E terkenal sangat baik untuk menutrisi kulit sehingga kulit terasa lebih halus dan sehat. Selain itu, produk dengan kandungan susu juga efektif untuk menghaluskan kulit, mengencangkan pori-pori, dan memutihkan kulit.

Pilih yang tidak mengandung alkohol


Pilih yang tidak mengandung alkohol

Iritasi dan kemerahan di kulit sering dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit kering. Hal itu dapat terjadi karena jenis kulit kering biasanya memiliki jaringan epidermis yang tipis. Akibatnya, kulit menjadi lebih sensitif.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, lebih baik menghindari produk yang mengandung alkohol. Alkohol dapat menguras kadar air di kulit sehingga kulit menjadi semakin kering. Selain itu, kandungan alkohol juga dapat menimbulkan iritasi dan kemerahan di kulit kering Anda.

Pilih yang mengandung tabir surya


Pilih yang mengandung tabir surya

Kulit kering memiliki produksi minyak yang sangat minim. Padahal, minyak di kulit memiliki fungsi sebagai tabir surya alami. Jadi, untuk Anda yang memiliki kulit kering, ada baiknya untuk memilih body lotion yang mengandung tabir surya.

Produk dengan tabir surya dapat mencegah efek buruk dari sinar UV yang dapat membuat kulit semakin kering dan kemerahan. Kandungan tabir surya pada body lotion juga dapat mencegah pigmentasi di kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi gelap dan kusam. Terutama untuk Anda yang sering berada di luar ruangan, produk dengan tabir surya sangat kami rekomendasikan.

Body Lotion merupakan salah satu produk kecantikan yang banyak digunakan oleh wanita untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari. Intensitas sinar matahari yang tinggi di negara tropis, seperti Indonesia, sangat membahayakan kulit terutama dari pancaran sinar ultraviolet (UV) yang disebarkan oleh matahari. Bahkan, dalam ruangan yang teduh pun tidak luput dari hamburan atau bauran sinar matahari yang memantul secara acak.

Cara Memilih Body Lotion Terbaik sesuai Jenis Kulit

Wanita ataupun pria yang memiliki jenis kulit kering tentu membutuhkan bantuan pelembab (lotion) lebih banyak bila dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Lotion untuk kulit kering ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga tidak bersisik.

Tidak semua jenis lotion cocok dengan jenis kulit anda. Penggunaan lotion yang tidak tepat malah menimbulkan efek samping yang tidak anda inginkan.

Memilih lotion yang tepat untuk kulit anda sebenarnya tidak terlalu susah. Cukup sesuaikan bahan lotion dengan tipe kulit. Berikut beberapa tips dan cara memilih body lotion yang baik dan tepat untuk kulit :

1. Kulit kering

Jenis kulit yang ini biasanya akan bermasalah ketika musim hujan tiba. Gunakan lotion yang kaya akan pelemabab. Untuk mengatasi udara dingin, beli lotion yang mengandung gliserin, alpha hydroxy acid, dan sebagian lanolin. Saat temperatur mulai hangat, gantilah dengan pelembab ringan yang cocok untuk musim panas.

2. Kulit normal

Tipe yang paling butuh sedikit perhatian dan perawatan ini tidak terlalu sulit dalam memilih produk. Meskipun begitu bukan berarti harus tidak terawat. Sangat cocok untuk menggunakan pembersih yang lembut, ditambah dengan lotion yang ringan. Meskipun tidak membutuhkan banyak perawatan, dengan sedikit kelembaban dari lotion bisa membuat kulit jenis ini jadi terlihat sempurna.

3. Kulit berminyak

Mungkin sepintas terlihat basah dan tidak memerlukan pelembab. Kulit jenis ini memerlukan pelembab yang ringan tapi bebas dari kandungan minyak. Ada banyak pilihan untuk kulit jenis ini, jadi tidak perlu khawatir. Perawatan tetap nomor satu untuk kulit yang sehat.