Bagaimana cara memilih Bibit Belut yang baik ?

Belut sawah

Belut sawah, moa, atau lindung (Monopterus albus) adalah sejenis ikan anggota suku Synbranchidae (belut), ordo Synbranchiiformes, yang mempunyai nilai ekonomi dan ekologi. Ikan ini dapat dimakan, baik digoreng, dimasak dengan saus pedas asam, atau digoreng renyah sebagai makanan ringan. Secara ekologi, belut dapat dijadikan indikator pencemaran lingkungan karena hewan ini mudah beradaptasi.

Bagaimana cara memilih Bibit Belut yang baik ?

Kualitas bibit belut sangat berpengaruh pada pertumbuhannya kelak. Kamu harus memilih bibit belut yang sehat dan baik fisiknya. Cara memilih bibit belut hampir sama dengan memilih bibit ikan pada umumnya.

Ciri-ciri belut yang sehat seperti berikut ini.

  • Ukuran belut harus seragam. Tujuan penyeragaman ini yakni supaya saat panen ukurannya pun seragam dan antar belut satu dengan yang lainnya tidak saling memakan. Kalau ukurannya beda, belut yang besar akan memakan belut yang kecil.

  • Belut terlihat aktif, lincah dan tidak lemah.

  • Pastikan bibit belut tidak terserang penyakit.

  • Kamu bisa memilih bibit yang berukuran 10-12 cm.

Itulah beberapa kriteria bibit belut yang dapat kamu jadikan pedoman. Setidaknya, bibit yang kamu pilih memenuhi kriteria tersebut. Setelah belut yang kamu pilih sudah tepat, segera masukan belut ke dalam kolam drum yang sudah berisi media tumbuh hasil fermentasi