Bagaimana cara memelihara ular jagung atau corn snake ?

image

Bagaimana cara memelihara ular jagung atau corn snake ?

Perawatan harian ular corn snake

Kandang Corn Snake

Corn snakes tidak memerlukan ruangan yang luas untuk bisa hidup. Ular ini cenderung agoraphobic atau takut berada dalam ruang terbuka. Sangat baik jika menyimpan bayi corn snake didalam kotak kecil yang kita diberi lubang udara. Ketika bayi ini mulai tumbuh, corn snake dapat kita pindahkan pada terarium yang lebih besar.

Tingkatkan ukuran luas kandang corn snakes secara bertahap, corn snake dewasa sebaiknya dipelihara didalam kandang dengan volume minimal 75 liter. Patokan mudah panjang ideal kandang setidaknya 1,5 kali dari panjang tubuh ular. Tutup semua celah kandang corn snake sampai tidak ada celah untuk kabur sebab corn snake gampang lepas.

Yang paling mudah adalah dengan menggunakan akuarium bagi kandang corn snake, lengkapi kandang dengan penutup atas seperti kawat jaring. Sebab ular ini bisa merambat melewati kaca dan keluar bila akuarium atau kandang tidak diberi penutup. Akuarium kaca dengan penutup khusus untuk memelihara reptil saat ini cukup banyak tersedia.

Substrat Corn snake

Substrat atau alas untuk kandang juga diperlukan. Saat ini banyak tersedia berbagai macam substrat di petshop yang bisa dipakai. Namun sebaiknya jangan memakai serutan kayu, sebab dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Kita juga bisa memakai kertas koran bekas.

Temperatur Corn snake

Layaknya ular lain, corn snake juga tidak dapat memproduksi panas tubuh sendiri. Mereka sangat bergantung kepada lingkungannya untuk menaikkan ataupun menurunkan suhu tubuh. Jadi pemanas kandang sangat diperlukan, sistem pemanasan yang buruk dapat menyebabkan masalah pencernaan serta kekebalan tubuh.

Corn snakes setidaknya memerlukan satu area dimana ular ini dapat menghangatkan tubuh. Suhu ideal di dalam kandang adalah sekitar 21°C – 29°C. Namun pastikan jangan sampai badan ular terkena langsung oleh sumber panas.

Jangan lupa sediakan tempat bersembunyi. Ini berfungsi guna memberikan rasa aman kepada corn snake. Hiding area mesti cukup besar agar ular dapat melingkar di dalamnya. Namun jangan berikan tempat sembunyi yang terlalu besar, hingga corn snake dapat merasa aman bersembunyi di dalamnya dan tidak mau keluar dari sana. Jangan lupa juga sediakan cabang kayu kecil agar corn snake dapat merayap dan juga bertengger di kayu.

Makanan Corn snake

Makanan utama adalah tikus bayi atau mencit yang masih merah, mencit kecil. Makanan bisa diberikan seminggu sekali.