Bagaimana cara memelihara landak mini ?

Landak mini merupakan hewan peliharaan bertubuh kecil yang lucu dan menggemaskan, dan sangat populer dikalangan remaja. Selain itu landak mini termasuk hewan yang mudah dirawat, tapi bagaimana cara merawat landak mini dengan baik dan benar ?

  1. Kandang Landak Mini
    Untuk kandangnya, saat kita membeli kandang, sebainya harus yang terbuat dari logam, plastik, atau bisa juga menggunakan aquarium. Tak jauh beda dengan kandang hamster atau kucing. Namun disarankan untuk membeli kandang yang berukuran besar. Karena landak mini cukup aktif sehingga dia sangat suka berlarian. Setidaknya kita harus mempersiapkan kandang dengan ketinggian 30 cm. Tujuannya agar landak mini tidak bisa memanjat keluar. Di dalam kandang, alasnya gunakanlah bahan – bahan yang lembut sama seperti kandang hamster. Beberapa bahan yang bisa kita gunakan adalah sobekan kertas atau serbuk gergaji. Baiknya sih serbuk gergaji. Landak mini juga suka membuat sarang. Jadi dengan menggunakan serbuk gergasji, dia bisa membuat semacam sarang. Atau kita juga bisa membuatkan sarang untuknya dengan menggunakan kayu atau plastik yang dibuat menjadi seperti gua. Ini penting karena di siang hari, landak mini lebih suka bermalas-malasan dan tempat ini akan menjadi tempatnya beristirahat di siang hari. Alasan lainnya seperti yang sudah disebutkan diatas, karena landak mini adalah hewan nocturnal. Sehingga dia tidak terlalu menyukai tempat yang bercahaya. Simpan juga kandangnya (atau landak mini) pada tempat yang bersuhu antara 21 hingga 27 derajat celcius. Karena landak di habitatnya memang hidup pada suhu seperti ini. Perhatikan juga untuk selalu rutin membersihkan kandangnya paling tidak seminggu sekali dan ganti serbuk potongan kayu atau kertas dengan yang baru kalau ada yang kotor. Ini penting agar kandang landak mini tidak bau.

  2. Makanan Landak Mini
    Mengingat landak mini itu hewan pemakan serangga (insectivore), maka kita bisa memberinya serangga. Namun bukan berarti kita hanya bisa memberinya serangga. Beberapa makanan lainnya juga bisa kita berikan kepada landak mini. Misalnya saja makanan kering yang biasa diberikan kepada anjing atau kucing, juga bisa diberikan untuk landak mini. Kita juga bisa memberikan makanan selingan seperti ulat hongkong, ulat jerman dan beberapa serangga lainnya sebagai makanan selingan untuk landak mini.Untuk tempat makanannya, gunakan wadah yang berat seperti dan tidak mudah tumpah seperti mangkok atau asbak misalnya. Jangan lupa juga memberinya air minum yang ditempatkan di wadah yang sama seperti wadah hamster. Yaitu wadah agar landak mini kita bisa mudah menyedotnya. Wadahnya memang khusus agar landak bisa dengan mudah ngedot. Hal ini juga untuk menghindari air minum yang dipijak-pijak oleh landak.

  3. Memandikan Landak Mini
    Landak mini sama halnya seperti manusia juga perlu mandi. Jadi kita harus rutiin memandikannya. Lalu bagaimana cara memandikan landak mini? Ternyata cukup mudah. Kita hanya perlu menyediakan semacam air yang ditempatkan dalam wadah baskom. Disini kita memerlukan sampo dan sikat gigi. Untuk shampoo nya bisa kita gunakan shampo bayi atau bisa juga menggunakan sabun bayi. Beruntung landak adalah hewan yang mengambang alias bisa berenang, jadi kita tidak perlu khawatir kalau landak kita bakal tenggelam. Jadi, kita hanya perlu mencemplungkannya saja ke dalam baskom berisi air tadi. Untuk mulai memandikannya, masukan sebentar ke dalam air, lalu siramkan sabun cari ke daerah punggungnya dan gosoklah pelan – pelan dengan menggunakan sikat gigi. Untuk bagian bawahnya, karena bagian bawah landak tidak berduri, kita bisa membersihkannya dengan tangan kita menggunakan sabun. Yang penting untuk dibersihkan adalah bagian perut, kaki, dan sela – sela tubuhnya. Bilaslah dengan air setelah disabuni. Jika sudah selesai mandi, maka keringkan atau lap menggunakan handuk bersih. Maka landak mini akan tampak lebih segar.