Bagaimana cara memelihara Ikan Belida di aquarium ?

Ikan belida

Ikan belida (Notopetrus chitala) adalah ikan air tawar yang termasuk dalam keluarga Notopteridae dan biasanya dipelihara untuk keperluan ikan hias maupun ikan konsumsi. Bagaimana cara memelihara Ikan Belida di aquarium ?

Ukuran aquarium yang akan digunakan untuk merawat ikan belida harus cukup besar. Hal ini dikarenakan ikan belida merupakan ikan yang aktif bergerak. Paling tidak Anda bisa memakai tangki yang memiliki dimensi 100 x 60 x 45 cm. Aquarium tersebut kemudian diisi dengan air hingga memenuhi 3/4 dari total volume-nya serta dilengkapi dengan sistem aerator dan filtrasi. Jaga supaya suhu air bertahan di kisaran 25-30 derajat celcius.

Buat suasana lingkungan di dalam aquarium mirip seperti habitat alami ikan belida. Anda bisa menambahkan sejumlah tanaman air dan beberapa batang kayu sebagai tempat persembunyian ikan. Berikan juga alas berupa pasir dan bebatuan sehingga kondisi di dalam aquarium terasa seperti di sungai.

Sebagai binatang karnivora, ikan belida hanya mau memakan pakan yang berjenis daging-dagingan. Anda bisa memberikan ikan yang berukuran kecil sebagai makanan ikan belida sehari-hari seperti anakan ikan mas, ikan mujair, tetapi hindari memberikannya anakan ikan lele sebab memiliki patil yang sangat tajam. Selain itu, Anda juga boleh memberikan makanan seperti potongan udang, jangkrik, kelabang, dan katak.

Sumber