Bagaimana cara memelihara gurita di akuarium ?

image

Bagaimana memelihara gurita didalam akuarium, seperti yang diketahui gurita adalah hewan pintar yang bisa saja melarikan diri ?

Jika anda tertarik memelihara gurita karena tergoda dengan keunikannya, cobalah kiat-kiat dari kami sebagai berikut :

  1. Tempat Pemeliharaan
    Anda bisa membuat aquarium khusus untuk memelihara gurita. Jangan pernah memasukkan ikan-ikan hias karena pasti akan dimangsa olehnya. Tutup bagian atas akuarium tersebut dengan kawat kasa sehingga gurita tidak dapat melarikan diri. Lengkapi interior dengan gua buatan sebagai tempat persembunyian.

  2. Pengaturan Pencahayaan
    Gurita biasanya tinggal di dasar laut. Jadi ia tidak membutuhkan cahaya dalam jumlah yang cukup banyak. Pencahayaan secara maksimal justru akan membuatnya menjadi stres. Atur pencahayaan sedemikian rupa agar jangan terlalu terang. Sebagai binatang pemalu, gurita juga akan tetap diam apabila berada di lingkungan yang ramai.

  3. Makanan Bervariasi
    Anda bisa memberikan gurita makanan berupa kepiting. Kepiting yang dipakai disarankan masih hidup, lalu dimasukkan langsung ke akuarium supaya gurita dapat menangkapnya sendiri. Anda juga bisa memberikan variasi makanan yaitu udang dan ikan kecil. Sesekali Anda pun dapat memberikannya timun yang telah direbus. Berikan makanan ini setiap malam dan dini hari karena gurita adalah binatang nokturnal.

  4. Kebersihan Lingkungan
    Agar gurita milik Anda dapat tumbuh dengan sehat, Anda harus menjaga kebersihan tempat tinggalnya. Ganti setengah volume air laut yang ada di dalam tangki setiap 2 minggu sekali. Pasanglah alat aerator dan filtrasi yang berguna untuk menjaga kebersihan akuarium. Segera ambil sisa makanan yang mengendap di dasar tangki sebelum mencemari air.

Sumber :

  • Memelihara gurita dalam akuarium sebenarnya hanya memerlukan perlengkapan standar akuarium air laut seperti air laut dan perlengkapan-perlengkapan akuarium air laut lainnya.
  • Makanan gurita yang dipelihara di dalam akuarium adalah cacahan daging udang kecil, cacing beku, dan sesekali anda bisa memberikan potongan mentimun layu (mentimun yang disiram air panas terlebih dahulu). Makanan untuk gurita yang dipelihara dalam akuarium tersebut bisa diberikan setiap pagi, sore, dan malam hari karena gurita adalah hewan nocturnal atau hewan yang aktif di malam hari.
  • Selain itu, kebersihan air dalam akuarium juga hendaknya dijaga. Kematian gurita yang dipelihara di dalam akuarium rata-rata karena kondisi media air tempat memelihara gurita sudah kotor. Sebaiknya, air laut sebagai media memelihara gurita diganti setiap 2 minggu sekali. Dan angkat sisa makanan yang masih tersisa di dalam akuarium setelah memberi makan.

sumber: