Bagaimana cara membuat sendiri pakan untuk ikan koi ?

ikan koi

Terkadang kita ingin melakukan eksperimen terkait dengan pakan ikan koi, karena banyak variabel yang ingin kita prioritaskan, misalmya warna, bentuk tubuh maupun pertumbuhannya. Bagaimana cara membuat sendiri pakan untuk ikan koi ?

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan pakan ikan koi :

  1. Bahan utama yang digunakan adalah udang kecil.

  2. Campur udang dengan telur, wortel, bawang putih, agar-agar, dan vitamin c.

  3. Tambahkan sedikit air, lalu blender sampai halus.

  4. Sambil menunggu adonan dalam blender halus, buat aroma dari pelet ikan, yaitu dengan memasukkan pelet dalam air panas dan taburi dengan bubuk agar-agar.

  5. Campurkan kedua adonan dan dinginkan.

  6. Setelah dingin, potong kecil-kecil adonan sehingga berukuran kecil dan tampak menyerupai cacing alami. Hal ini untuk memudahkan dimakan ikan.

  7. Campurkan pakan alami buatan kita ini dengan pakan yang biasa kita berikan.

Pakan alami buatan lain yang dapat kita berikan adalah pakan ikan koi dengan mengaplikasikan bahan probiotik.

Dipercaya, jenis pakan ini dapat membuat pertumbuhan ikan lebih cepat dari ikan yang tidak menggunakan probiotik. Hal ini disebabkan karena daya tubuh ikan koi menjadi lebih tinggi dari ikan yang lainnya. Pakan alami dari udang yang telah kita buat sebelumnya, dapat dicampur dengan bahan probiotik. Yaitu dengan merendam bersama-sama dengan ditambahkan vitamin C.

Dengan demikian jumlah kandungan nutrisi dalam pakan dapat naik berlipat jumlahnya. Hal ini dikarenakan dalam proses perendaman yang telah dilakukan tersebut, ada pertumbuhan mikroorganisme baru yang juga kaya akan nutrisi yang baik bagi ikan koi.

Sumber
http://www.ikankoi.org/jenis-makanan-dan-cara-pemberian-pakan-ikan-koi-yang-bagus/