Bagaimana cara membuat Roadmap Product yang Agile?

images
Peta jalan produk adalah keseluruhan tampilan persyaratan produk dan alat yang berharga untuk merencanakan dan mengatur perjalanan pengembangan produk. Pemilik produk membuat peta jalan produk dengan bantuan tim pengembangan. Peta jalan digunakan untuk mengkategorikan persyaratan, memprioritaskannya, dan menentukan jadwal peluncurannya.

Langkah 1: Mengidentifikasi kebutuhan produk tangkas Anda
Saat pertama kali membuat peta jalan produk Anda, kemungkinan Anda akan mulai dengan persyaratan tingkat tinggi yang besar. Persyaratan pada peta jalan produk Anda kemungkinan besar berada pada dua tingkat yang berbeda:

• Tema adalah kelompok fitur dan persyaratan logis pada tingkat tertinggi mereka.
• Fitur adalah bagian produk pada tingkat yang sangat tinggi. Fitur menggambarkan kemampuan baru yang dimiliki pelanggan setelah fitur selesai.

Saat Anda mulai membuat persyaratan pada tingkat tema dan fitur, ini dapat membantu untuk menuliskan persyaratan tersebut pada kartu indeks atau catatan tempel yang besar. Menggunakan kartu fisik yang bisa Anda pindahkan dari satu kategori ke kategori lainnya dan kembali lagi bisa mengatur dan memprioritaskan persyaratan tersebut dengan sangat mudah. Saat membuat peta jalan produk, fitur yang Anda identifikasi mulai menjadi backlog produk daftar lengkap dari apa yang ada dalam ruang lingkup produk, terlepas dari tingkat detail. Bila Anda memiliki persyaratan pertama, Anda telah memulai kembali produk Anda.

Langkah 2: Mengatur fitur produk tangkas
Setelah mengetahui fitur persyaratan produk Anda, Anda bekerja dengan tim pengembang untuk mengelompokkan persyaratan ke dalam tema. Pertemuan pemangku kepentingan bekerja dengan baik untuk mengelompokkan persyaratan, sama seperti bekerja untuk menciptakan persyaratan. Anda dapat mengelompokkan fitur menurut aliran penggunaan, kesamaan teknis, atau kebutuhan bisnis. Questions yang perlu dipertimbangkan saat mengelompokkan kebutuhan Anda:

• Bagaimana pelanggan menggunakan produk ini?
• Jika kami menawarkan persyaratan ini, apa lagi yang perlu dilakukan pelanggan?Apa lagi yang ingin mereka lakukan?
• Dapatkah tim pengembang mengidentifikasi afinitas atau ketergantungan teknis?

Gunakan jawaban untuk pertanyaan ini untuk mengidentifikasi tema Anda.

Langkah 3: Memperkirakan dan memesan fitur produk tangkas
Setelah Anda mengidentifikasi persyaratan produk Anda dan mengatur persyaratan tersebut ke dalam kelompok logis, Anda memperkirakan dan memesan persyaratan. Beberapa istilah yang perlu Anda ketahui untuk langkah ini meliputi:

• Upaya adalah kemudahan atau kesulitan untuk menciptakan persyaratan tertentu.
• Angka , sebagai kata benda, dapat berupa angka atau deskripsi yang Anda gunakan untuk mengungkapkan perkiraan kebutuhan suatu persyaratan.
• Memperkirakan sebuah persyaratan, sebagai kata kerja, berarti mengemukakan gagasan perkiraan seberapa mudah atau sulitnya persyaratan untuk dibuat.
• Memesan, atau memprioritaskan, persyaratan untuk menentukan nilai kebutuhan itu sehubungan dengan persyaratan lainnya.
• Nilai berarti betapa menguntungkan suatu persyaratan produk tertentu bagi organisasi yang menciptakan produk itu.

Langkah 4: Menentukan kerangka waktu tangkas tingkat tinggi
Saat pertama kali membuat peta jalan produk Anda, kerangka waktu Anda untuk melepaskan persyaratan produk berada pada tingkat yang sangat tinggi. Untuk peta jalan awal, pilihlah kenaikan waktu logis untuk proyek Anda, seperti jumlah hari, minggu, bulan, kuartal tertentu (periode tiga bulan), atau peningkatan yang lebih besar lagi. Dengan menggunakan kedua persyaratan tersebut, Anda dapat menambahkan persyaratan ke setiap kenaikan waktu.

Referensi

https://id.popularhowto.com/four-steps-to-creating-an-agile-product-roadmap