Bagaimana cara membuat Roadmap portofolio ?

Roadmap portofolio digunakan untuk menetapkan strategi dan garis waktu untuk semua area produk dalam suatu organisasi.

Peta jalan portofolio memberikan pandangan visual dari semua hubungan rumit yang ada di berbagai produk. Pandangan ini menunjukkan bagaimana hubungan ini dihubungkan yang memungkinkan eksekutif dan manajer produk memahami bagaimana setiap produk terkait dengan strategi bisnis keseluruhan dan inisiatif utama. Cara membuat roadmap portofolio tersebut, yaitu :

Langkah 1: Identifikasikan sasaran dan strategi Anda
Pada tahap ini tetapkanlah visi dan sasaran pada produk yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini membantu organisasi lebih memahami arah gerak apa yang ingin dicapai. Selain itu tentukan juga tujuan, dimana tujuan ini membantu organisasi mendefinisikan strategi produk secara keseluruhan guna menyelaraskan rencana roadmap portofolio.

Langkah 2: Prioritaskan inisiatif utama
Setelah melewati langkah 1, organisasi tentu memiliki inisiatif atau ide yang ingin mereka implementasikan untuk produk yang ada guna mendukung tujuan dan visi organisasi. Namun kita harus memprioritaskan ide mana yang memiliki pengaruh besar terhadap tujuan organisasi. Salah satu caranya yaitu dengan membuat Scorecard yang mendefinisikan faktor yang paling penting dengan memberikan peringkat. Proses menentukan prioritas ini dapat mengungkap bahwa beberapa produk memerlukan lebih banyak sumber daya dibandingkan yang lain, dan merupakan langkah penting dalam perencanaan portofilio secara keseluruhan.

Langkah 3: Hubungkan kerja taktis dengan inisiatif strategis
Setelah inisiatif atau ide utama didefinisikan, maka tahap ini merupakan tahap pembuatan fitur dan rilis atau implemetasi ide strategis yang pada langkah sebelumnya di prioritaskan. Dimana hal ini memerlukan kerja taktis untuk menghubungkan dengan strategi yang ada.

Langkah 4: Visualisasikan peta jalan portofolio Anda
Pada tahap ini kerangka roadmap portofolio sudah ada dan dibuat dari hasil langkah-langkah sebelumnya yang kemudian akan menghasilkan portofolio yang mencakup arahan strategis pada tingkat-tingkat produk dari waktu ke waktu.

https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-is-a-product-portfolio-roadmap