Bagaimana cara membuat program yang baik?

Sebuah kode program atau source code biasanya kebanyakan hanya dimengerti oleh programmer yang membuat kode tersebut.

Bagaimana cara membuat program yang baik?

Cara Membuat Program Yang Baik

1. Definisikan Masalah

Definisikan masalah merupakan awal yang penting dalam membuat program. Dengan masalah yang terlalu global, kita tidak dapat membuat algoritma yang baik. Dengan mengidentifikasikan masalah, kita dapat mengetahui masalah secara lebih kompleks dan dapat merancang algoritma yang lebih baik dan runtut sesuai aplikasi yang diinginkan.

2. Buat Algoritma Dan Struktur Penyelesaian

Jika masalahnya kompleks, maka dibagi ke dalam bagian-bagian. Dimulai dari masalah global yang diperinci menjadi masalah yang lebih kecil dan rinci. Cara ini efektif untuk pembuatan algoritma yang kompleks. Perincian masalah ini terus dilakukan hingga algoritma pas diproses oleh komputer.

3. Menulis Program

Menulis program juga harus menggunakan format penulisan yang baik. Jadi kita harus memperhatikan cara penulisan kita dalam membuat suatu program agar bisa dipahami orang lain. Contohnya rata baris sesuai fungsi, deklarasi variabel sesuai fungsi yang dimaksud. Kesingkatan penulisan program tanpa mengurangi fungsi aplikasi juga merupakan salah satu agar program dapat dikatakan baik.

4. Mencari Kesalahan

Mencari kesalahan program dengan teliti. Seperti kesalahan penulisan atau malah syntax yang salah dan tidak sesuai dengan fungsi aplikasi yang diinginkan. Proses ini sangat diperlukan agar program yang dibuat memiliki kesalahan minimum.

5. Uji dan Verifikasi Program

Pertama kali harus diuji apakah program dapat dijalankan. Apabila program tidak dapat dijalankan maka perlu diperbaiki penulisan ssyntax.Dan bila program dapat dijalankan, maka harus diuji dengan menggunakan data-data yang biasa yaitu data yang diharapkan oleh sistem. Pastikan hasil uji coba sesuai dengan apa yang diharapkan.

6. Pemeliharaan Program

Ketika program sudah selesai dan dapat dijalankan sesuai keinginan, kita perlu merawat dan melakukan maintenance agar program tetap berljalan sesuai keinginan. Atau kita dapat melakukan update agar aplikasi dapat berjalan dengan fungsi yang lebih.

CARA MEMBUAT PROGRAM YANG BAIK

Program yang baik adalah program yang mudah penggunaannya dan bisa memudahkan penggunanya untuk menyelesaikan masalah – masalah yang dihadapinya. Dalam membuat program yang baik seperti ini, seorang programmer tidak hanya membutuhkan keahlian untuk berkomunikasi dengan komputer saja, tetapi seorang programmer juga harus bisa berkomunikasi dan mendefinisikan masalah yang sedang dihadapi oleh kliennya, sehingga program tersebut bisa berfungsi dengan baik dan sesuai dengan permintaan kliennya. Setelah tahap pendefinisian masalah selesai, yang harus dilakukan oleh programmer selanjutnya adalah melakukan perencanaan tentang program yang akan dibuat. Apabila masalah yang telah didefinisikan tidak sesuai dengan bidang yang dikuasai oleh sang programmer, maka proses perencanaan tidak akan berjalan lancar. Karena itu, usahakan untuk bekerja sama dengan seseorang yang menguasai bidang dari permasalahan tersebut, sehingga perencanaan program bisa lebih mudah dan terstruktur. Bentuk rencana ini bisa dituangkan kedalam bentuk flowchart ataupun pseudo code. Setelah rencana berhasil dibuat, implementasikan rencana ini dalam sebuah source code, yang nantinya akan dijalankan. Disini keahlian dalam melakukan coding cukup penting, supaya bisa menghemat tenaga dan waktu. Setelah program berhasil dibuat, lakukan dokumentasi bila perlu. Dokumentasi berfungsi untuk programmer di masa depan apabila code – code dalam program tersebut ingin disisipkan ke dalam program yang baru, programmer tersebut tidak perlu susah – susah mencari atau membuat lagi. Dalam tahap akhir, lakukan testing terhadap program secara teliti, dan apabila ditemukan bug atau error, segeralah untuk menyelesaikannya.

1) Dekomposisi
Sebelum memulai membuat sebuah program, hal pertama yang kita lakukan adalah mendekomposisi suatu masalah menjadi masalah kecil, sehingga kita bisa membuat program jauh lebih cepat daripada membuat program untuk 1 masalah besar.

2) Mulai Kerjakan
Setelah kita mendekomposisi masalah maka selanjutnya kita memulai membuat sebuah program, tetapi ada hal yang harus kita perhatikan selama membuat program, yaitu kerapian dan ke efisien-an kode program, jika program kita rapi dan efisien maka itu akan menjadi suatu nilai lebih dari user daripada program yang acak-acakan dan tidak jelas.

3) Jalankan dan perbaiki
Setelah kita meng-coding suatu program maka kita harus mengujinya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada user. Dengan menjalankan program tersebut kita bisa mengetahui dimana letak error pada program kita, karena jika tidak mencobanya bisa dipastikan user akan mendapat pengalaman tidak menyenangkan dengan program kita akibat dari bug atau error yang tidak kita selesaikan.

4) Finalisasi
Setelah semua persiapan selesai, maka kita siap untuk memberikan program tersebut kepada user, dan usahakan tetap ada update pada program tersebut agar semakin baik.