Bagaimana cara membuat product roadmap yang menarik?

Selain sebagai gambaran tentang bagaimana product kita akan berkembang dalam beberapa tahun kedepan, Product roadmap juga digunakan sebagai sebuah presentasi dari produk kita yang akan dipamerkan ke Stakeholder kita. dan tentunya kita perlu membuat sebuah roadmap yang menarik. Bagaimana cara membuat sebuah product roadmap yang menarik?

Cara untuk membuat sebuah product roadmap yang menarik adalah dengan tidak membuatnya Statis. Sehingga harus terlihat Responsif dan juga colourful.

Berdasarkan Survey yang dilakukan oleh ProductPlan.com bahwa kebanyakan Product Manajer tidak menyukai product roadmap mereka sendiri dikarenakan Product Roadmap mereka “Tidak terlihat menarik”. Sehingga berdasarkan survey tersebut kita harus membuat sebuah Product roadmap yang tidak terlihat statis.

Pembuatan Roadmap yang dibuat menggunakan alat seperi Excel dan PowerPoint adalah salah satu contoh Product Roadmap yang statis dan tidak menarik. sehingga para pengguna cenderung merasa bosan ketika kita akan mempresentasikan sesuatu. Manusia pun secara natural menyukai hal hal yang bersifat “Visually Compelling”.

Nah cara untuk membuat product roadmap yang menarik adalah yaitu dengan menggunakan Software software yang sudah tersedia di pasaran saat ini. Contohnya seperti Trello, Aha! dan ProductPlan. Ketiga Aplikasi tersebut selain terlihat menarik juga mudah untuk digunakan. Sehingga selain membantu juga secara otomatis akan terlihat lebih menarik dan Customer yang melihat tidak merasa bosan.

Berikut adalah salah satu contoh dari Product Roadmap yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Aha!

Terlihat menarik bukan?

Sumber