Bagaimana cara membuat permainan tradisional egrang batok dan manfaatnya pada anak?

000000000000

Permainan tradisonal tak selalu mahal sehingga kita dapat membuatnya sendiri. Selain itu bnayka manfaat yang dpat dipetik dari proses pembuatannya hingga memainkannya.

Untuk membuat Egrang Batok cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di pasaran. Hanya dengan bahan tempurung kelapa atau yang familiar disebut batok, tali dan alat untuk melubangi batok, kita sudah dapat membuat Egrang Batok.

Cara membuat Egrang Batok
Siapkan 2 batok kelapa yang sudah dibersihkan. Pilih batok kelapa yang tua agar kokoh dan tidak mudah pecah. Kemudian bentuk batok kelapa tersebut menjadi setengah lingkaran.
Amplas batok kelapa tersebut sampai halus dan bersih dari serabut kelapa. 3. Lubangi batok kelapa tersebut dengan paku atau pisau pas di tengah-tengah.
Siapkan juga tali sebagai pengait antara 2 batok tersebut. Pilih tali yang kuat dan tidak membuat sakit pemain Egrang Batok.
Kaitkan batok yang sudah dilubangi tersebut dengan tali. Ikatkan ujung tali pada batok dan ikatkan ujung tali yang satunya pada batok yang kedua. Sesuaikan panjang tali dengan penggunanya agar nyaman digunakan, biasanya panjang tali 1,5 – 2 meter.
Egrang Batok jadi dan siap untuk digunakan.

Manfaat bagi anak: Melatih motorik kasar, melatih kesembangan tubuh, melatih koordinasi dan kelincahan serta mengasah keberanian.