Bagaimana cara membuat musikalisasi puisi?

musikalisasi puisi

Bagaimana cara membuat musikalisasi puisi yang baik dan benar?

1. Menikmati (contoh) Musikalisasi Puisi
Kenapa harus menikmati musikalisasinya dulu? Karena dengan begitu kita akan tahu bagaimana cara menyesuaikan irama musik dengan puisinya. Disinilah kenapa penulis bilang bahwa membuat musikalisasi puisi itu tidak mudah.
Sebagai contoh musikalisasi puisi pada sebuah lagu.

2. Memilih Puisi Yang Sederhana
Pada dasarnya semua puisi itu bisa untuk dimusikalisasi. Namun, ada baiknya jika kamu memilih puisi yang sederhana. Karena selain mudah diucapkan, puisi sederhana juga cocok bagi yang baru mencoba membuat musikalisasi puisi, sekaligus bisa membantu kamu dalam penghayatan puisinya.

3. Memahami Makna Dan Isi Puisi Yang Akan Di Musikalisasi
Setelah kamu memilih puisi yang akan dimusikalisasi, langkah selanjutnya yaitu memahami makna dan isi kandungan dari puisi tersebut. Dengan begitu supaya kamu dapat menentukan irama yang tepat untuk puisi tersebut.

4. Menentukan Irama Yang Sesuai Dan Cocok Dengan Puisi
Kamu bisa meminta bantuan kepada temanmu yang bisa bermusik atau guru musikmu untuk menentukan irama, nada dan tempo yang sesuai dengan isi kandungan juga suasana puisi tersebut. Dengan begitu, akan terciptalah sebuah perpaduan bunyi yang indah antara puisi dengan alat musik yang mengiringinya.

5. Tunjukkan Dan Tampilkan Musikalisasi Puisi
Setelah semuanya sudah siap, kamu coba untuk menampilkan musikalisasi puisi tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicatat ketika menampilkan musikalisasi puisi. Yaitu memperhatikan kejelasan vokal dan penghayatan atau ekspresi ketika menampilkan puisi tersebut.