Bagaimana cara membuat kari jepang?

Kari Jepang dapat dibuat dengan beberapa cara yang berbeda, tetapi pada umumnya, kari Jepang dibuat dengan mencampurkan bahan campuran kari ke dalam kaldu daging, sayuran, dan air yang telah dibumbui.

image

Bahan bahan yang di perlukan adalah

  • 300 gr daging (Bisa menggunakan daging apa saja)
  • 2 kentang yang di potong dadu
  • 1/2 kemasan golden kari
  • 1 bawang bombai
  • 1 sdt bubuk kari

Cara Memasak:

  1. Pertama tama, kita masukan 3 sdm minyak. Setelah minyaknya panas, masukan bawang bombai dan masak hingga matang.
  2. Masukan dagingnya dan masak hingga 5 menit atau hingga dagingnya matang. Bumbui dengan bubuk lada hitam dan juga sedikit garam. Aduk terus dagingnya hingga matang, dan setelah dagingnya matang, taburi dengan 1/2 sdt bubuk kari. (Jika ingin rasa kari lebih tajam, boleh di masukan hingga 1 sdt bubuk kari) Lalu aduk hingga semua bahan tercampur.
  3. Setelah daginnya matang, masukan kentangnya dan aduk selama 1 menit.
  4. Untuk memasak karinya, masukan 950ml air. lalu tutup pancinya dan rebus hingga 7-10 menit atau hingga kentangnya matang. Jika ingin lebih cair, kurangin airnya ataupun sebaliknya, jika ingin lebih kental, tambahkan airnya sesuai selera) – Untuk melihat kematangan kentang, kita tusuk kentang dengan garpu atau sumpit. Jika ditusuk masih terasa keras, itu berarti kentangnya belum matang dan harus di masak lagi hingga matang. Jika kentangnya mudah di tusuk, berarti kentangnya sudah matang dan di tahap ini, boleh memasukan blok kari.
  5. Di saat blok kari sudah di masukan, aduk terus hingga airnya mengental di dalam api sedang. Ini akan memakan waktu kira kira 1-2 menit.
  6. Aduk terus hingga kental. Dan di saat mendidih, kecilkan api dan tutup pancinya dan masak lagi hingga 5 menit.
  7. Setelah 5 menit, aduk sebentar untuk memastikan tidak ada gumpalan kari.
  8. Lalu, hidangkan dengan nasi hangat dan juga ayam goreng katsu.