Bagaimana cara membuat foundation agar tidak terlihat cakey?

Kulit kemerahan, kantung mata hitam, dan bekas jerawat tentu mengganggu penampilan. Tentu Anda ingin memakai foundation dan concealer hingga berlapis-lapis. Bagaimana cara membuat foundation agar tidak terlihat cakey?

  1. Selalu Cuci Muka dan Lakukan Exfoliating
    Tahukah Anda bahwa pemakaian skincare yang tepat mendukung terhadap ketahanan make up yang dipakai? Bagi Anda yang biasanya memiliki flaky skin sekitar area hidung dan bibir, flaky skin itu akan mengganggu penampilan Anda. Karena itu, Anda perlu melakukan mencuci muka untuk persiapan exfoliating. Pengelupasan sel-sel kulit mati membantu agar make up Anda menjadi tahan lama dan tidak terlihat cakey.

  2. Memakai Face Mist dan Foundation Primer
    Face mist berguna untuk dua tahap, yaitu awal memakai make up dan juga untuk mempertahankan foundation saat aplikasi make up terakhir. Semprotkan face mist dalam jarak sekitar 15 cm dari wajah beberapa kali.
    Anda juga bisa memakai foundation primer sebelum memakai foundation. Fungsinya adalah untuk mencegah foundation lumer setelah Anda pakai berjam-jam, juga mengontrol sebum yang muncul beberapa jam kemudian. Hasilnya, wajah Anda terlihat segar, tidak cakey, juga tidak berminyak sepanjang hari.

  3. Aplikasikan Tint Eye Primer
    Amanda Ensing, beauty vlogger, membagi salah satu tips rahasianya untuk menutupi kekurangan di wajah. Misalkan Anda memiliki bekas jerawat di dagu, kulit kemerahan sekitar pipi, dan juga kantung mata hitam, tentu Anda akan mengaplikasikan concealer untuk menutupinya. Namun seringkali concealer yang Anda pakai memiliki bahan berat, dan Anda cenderung mengaplikasikan berkali-kali. Inilah yang membuat wajah Anda terlihat cakey. Agar tetap set, maka aplikasikan tint eye primer pada area-area tertentu.

  4. Gunakan Beauty Blender
    Banyak di antara kita yang suka memakai brush untuk mengaplikasikan foundation ke wajah. Namun Amanda Ensing lebih menyarankan pemakaian Beauty Blender sponge. Beauty Blender sponge tidak hanya digunakan untuk foundation, tetapi juga bisa untuk concealer dan loose powder. Agar bisa diaplikasikan secara merata ke seluruh wajah, jangan lupa basahi sedikit Beauty Blender sponge agar menjadi lembab.

  5. Gunakan Color Corrector Sesuai Warna Kulit
    Anda memiliki masalah kantung mata hitam atau bekas jerawat? Color corrector sangat membantu pada tahap sebelum mengaplikasikan concealer. Gunakan color corrector yang tepat sesuai dengan warna kulit Anda. Jika jerawat berwarna merah dan kantung mata Anda cenderung berwarna kebiruan, gunakan corrector berwarna hijau. Jika ingin menutupi bekas jerawat dan kantung mata mengarah coklat kehitaman, gunakan corrector berwarna peach atau oranye muda.

  6. Jangan Memakai Concealer Berlayer Layer
    Trik untuk menutupi kekurangan wajah agar tidak cakey adalah tidak mengaplikasikan concealer berlayer-layer. Anda juga perlu memerhatikan cara mengaplikasikan concealer untuk bagian bawah mata. Aplikasi concealer yang benar adalah dengan membentuk segitiga terbalik mulai dari area mata hingga hidung. Tujuannya adalah agar tidak terjadi gap warna antara kulit kantung mata dengan kulit sekitarnya, juga memberikan efek highlight pada wajah.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/agar-foundation-tidak-terlihat-cakey/