Bagaimana cara membuat efek damage(terluka)Pada model kit gundam?

Tutorial Dasar Membuat Battle Damage Gundam

beribicara tentang modeling gunpla untuk seorang yang sudah menggelutinya memang tidak ada habisnya selalu saja ada trik tips modeling ke gunplanya, tidak ada kata puas sebelum mendapat hasil yang diinginkan, begitu juga dengan tutorial kali ini tentang dasar membuat battle damage gundam. Membuat battle damage gundam ini bisa dibilang hal yang paling berat dilakukan, bukan karena kesulitanyaa tetapi karena “sayang sayang” karena pembuatannya ini berarti merusak gunpla anda agar terlihat realistis.
Saya sendiri sih masih ga tega membuat battle damage yang terlalu berlebihan takutnya kesannya jadi seperti ancur beneran hehe. Dasar battle damage pada umunya hanya lubang lubang dan goresan, inget loh ini hanya dasar dan tidak terlalu merusak keseluruhan penampilan gunpla, sebaliknya jika sudah ketahap selanjutnya malah ada bagian gunpla yang dipotong atau dilelehkan agar terlihat seperti meleleh

Membuat batle damage pada gundam juga biasanya memiliki maksud untuk melengkapi dari sebuah diorama yang dibuat agar terlihat lebih realistis dengan dioramnya, atau hanya sekedar eksperimen penasaran pada gunpla anda. Saya sarankan kalau mau mencoba membuat batle damage lebih baik dipraktekan pada gunpla hg anda yang lama, jadi kalau gagal kan gaterlalu nyesek.

Oya dalam membuat battle damage harus ada batasan jangan terlalu berlebihan jahat membuat damage disemua bagian, karena lebih baik memilki battle damage sedikit dari pada batle damage berlebihan, ini sih saran saya buat pemula/newbie. kalau yang sudah pro saya gaberani ngasih saran hehe 😀

Membuat Battle damage sederhana

Ada banyak macam cara untuk membaut battle damage pada gundam, salah satunya yang sederhana kita akan bahas dibawah ini adalah lubang lubang dan goresan.
beam saber yang terkena keperisai menciptakan efek perisai sedikit meleleh terkena beam saber, dan
Alat membuat battle damage gundam ini juga masih sederhana seperti pinvise, solder, dan modeler hoby knife dan untuk membuanya lebih realistis biasanya ditambahkan detail weathering, untuk tutorial weathering akan kita bahas di artikel selanjutnya. okey berikut tutorial membuat battle damage sederhana untuk model kit anda

Alat yang dibutuhkan:

  • pinvise/bor tangan
  • modeler hoby knife/cutter
  • solder

Membuat efek goresan dan lubang

siapkan part yang ingin diberi efek battle damage, dan juga saat ingin membuat efek ini pastikan cari spot yang benar seperti pada perisai atau armor atau lengan, disesuikan saja sih
1. panasin soldernya kemudian gereskan pelan pelan sampai part meleleh (alternatif lain jika tidak ada solder bisa pakai paku yang dipanasin di lilin)
membuat battle damage gundam

2. Kemudian rapihkan tepian efek dari lelehan dengan modeler hoby knife/cutter(untuk lebih realistis bisa diberi weathering atau bisa pakai marker juga)

membuat battle damage gundam

1. bor part yang ingin diberi efek dengan pin vise/bor tangan (untuk alternatif lain jika tdak ada pinvise bisa pakai cuter diputer puter)

membuat battle damage gundam

2. terakhir buat goresan ditepian lubang dengan modeler hoby knife/cutter untuk membuat efek lubang retak

membuat battle damage gundam

Referensi :
Tutorial Dasar Membuat Battle Damage Gundam

Ini nih gan dapat di internet sumbernya bisa klik link ini :slight_smile:
Battle damage

Rumayan buat tambahan ehhehehe :dog::dog::dog:

Tega gak ya gituin mokit yang harganya selangit wkkwkwkw :rofl::rofl: