© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara membersihkan gigi bayi yang kuning?

Terkadang, gigi bayi sudah terlihat menguning dibandingkan seharusnya. Bagaimana cara membersihkan gigi bayi yang kuning?

Cara membersihkan gigi bayi kuning.

1. Menggosok Gigi Bayi

Gigi bayi kuning bisa disebabkan oleh plak dari makanan atau minuman yang menempel pada gigi bayi dan jika tidak segera dibersihkan maka plak tersebut akan merubah warna gigi bayi menjadi kuning. Adapun cara membersihkannya adalah dengan menggosok gigi bayi.

Pentingnya menggosok gigi memang sudah harus diterapkan pada tahap awal pertumbuhan gigi. Anda bisa menggosok gigi bayi anda menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan air bersih setiap bayi selesai mengkonsumsi sesuatu. Dengan melakukan cara ini secara rutin maka gigi bayi kuning pun bisa diatasi.

2. Menyikat Gigi Bayi

Selain menggosok gigi dengan kain, bila keadaan bayi anda mendukung dalam artian tidak rewel maka anda bisa mencoba untuk menyikat gigi bayi anda. Tentunya hal ini akan lebih efektif untuk membersihkan gigi kuning daripada sekedar menggosok gigi dengan kain.

Adapun sikat gigi yang bisa anda gunakan adalah sikat gigi khusus untuk bayi, yaitu sikat yang memiliki bulu lembut. Lebih disarankan lagi untuk memilih sikat gigi yang terbuat dari karet yang lunak dan tidak mengandung racun sehingga aman bila digunakan oleh bayi. Selain itu, anda perlu menerapkan cara menyikat gigi yang benar agar tidak melukai gusi bayi anda.

3. Gunakan Pasta Gigi

Cara mengatasi gigi kuning adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi mampu membersihkan gigi secara optimal dan menghilangkan plak penyebab gigi bayi kuning. Maka dari itu penggunaan pasta gigi saat membersihkan gigi bayi juga sangat dianjurkan. Tentunya anda harus memilih pasta gigi yang khusus dan aman digunakan oleh bayi salah satunya adalah pasta gigi yang tidak mengandung zat fluoride.

4. Memberikan Air Mineral

Air mineral mampu membersihkan kotoran yang menempel pada gigi bayi sehingga dengan meminumkan air mineral pada bayi juga dapat membantu untuk membersihkan gigi kuning si bayi. Usahakan untuk selalu memberi air mineral pada bayi setiap bayi selesai mengkonsumsi sesuatu.

5. Memberikan Jeruk

Tips memutihkan gigi dengan buah-buahan salah satunya adalah jeruk. Jeruk memiliki rasa asam yang akan merangsang produksi air liur sehingga bisa membersihkan gigi secara alami. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan yang dapat mengembalikan warna gigi. Maka dari itu, anda bisa memberikan jeruk untuk dikonsumsi oleh bayi dengan tujuan untuk membersihkan gigi kuning pada bayi.

sumber: https://halogigi.com/