Bagaimana cara membersihkan alat dapur yang benar?

Cara membersikan peralatan dapur yang tidak bisa dicuci—seperti microwave—sedikit berbeda dibandingkan cara membersihkan panci dan penggorengan. Anda perlu mengetahui produk-produk atau bahan-bahan pembersih apa saja yang bisa dipakai dan metode membersihkan microwave.

  1. Panci
    Cara membersihkan dan merawat panci pada dasarnya sangat mudah, dimana ketika sudah dipakai anda harus langsung mencucinya sampai bersih. Ketika memasak dengan menggunakan panci, akan lebih baiknya jika anda menggunakan api sedang agar panci tidak gosong atau berkerak. Namun, jika anda mendapati panci dalam keadaan gosong atau berkerak, maka anda bisa membersihkannya dengan cara: Siapkan baking soda dan air secukupnya, lalu campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu. Setelah itu, oleskan campuran ini secara merata pada panci yang gosong maupun berkerak. Diamkan beberapa menit, baru setelah itu anda bisa langsung mencucinya sampai bersih.

  2. Wajan atau pan
    Jika wajan yang akan anda gunakan untuk memasak masih dalam keadaan baru, maka anda bisa mengoleskan minyak goreng pada bagian bawahnya agar wajan tidak mudah berkerak serta warna aslinya terlindungi. Hindari merendam wajan atau pan setelah digunakan, akan lebih baik jika anda langsung mencucinya sampai benar-benar bersih. Jika wajan digunakan untuk memasak bahan makanan atau bumbu yang pekat dan amis, maka anda bisa menyiramnya terlebih dahulu sebelum dicuci. Jika sudah bersih, lap wajan tersebut dan simpan di tempat yang tergantung.

sumber: