Bagaimana Cara memberi pakan Domba dengan baik?

Cara memberi pakan domba ternak domba atau biri-biri jika ditinjau dari segi gizi adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan, reproduksi, dan kesehatan ternak. Pemberian pakan yang baik yaitu sesuai dengan kebutuhan ngizi ternak dan jumlahnya disesuaikan dengan status fisiologis ternaknya. Nutrisi atua gizi tersebut bisa dikelompokkan menjadi energi, protein, mineral, vitamin, dan air.Sumber energi terbesar untuk ternak domba adalah hijauan dan biji bijian serta hasil ikutannya.

Domba adalah ternak yang membutuhkan bahan pakan berupa hijauan dalam jumlah besar, yaitu sekitar 90%. Pakan penguata (konsentrat) hanya sebagai pakan tambahan saja. Pakan hijauan bisa disediakan dengan cara mencari di alam atau bisa pula dibudidayakan. Penanaman bisa dilakukan di lahan yang tidak dimanfaatkan untuk tanaman pertanian, seperti galengan atau pematang sawah pinggir jalan, tanah desa, di lereng atau bahkan bisa ditanam sebagai pagar hidup, dan di area tanam sebagai monokultur.
Berbagai macam jenis pakan hijauan yaitu rumput (rumput alam, rumput gajah, setaria, rumput benggala, rumput raja, dan lain-lain). Selain itu hijauan lain yaitu leguminosa (daun lamtoro, turi, glyricidia, kaliandra, dan lain-lain). Hijauan yang berasal dari sisa hasil panen seperti daun ubi, daun nangka, jerami kacang tanah, jerami kacang kedelai, jerami jagung, dan daun pisang juga bisa dipakai sebagai pakan ternak. Pemberian pakan hijauan perlu diperhatikanimbangan antara rumput dan daun leguminosa dikaitkan dengan kondisi fisiologis ternak.