Bagaimana cara membedakan batik tulis, cap, cetak dan print?

Sulit sekali bagi kebanyakan orang untuk membedakan yang mana yang batik tulis, cap, cetak dan print. Karena untuk mata kebanyakan orang, mereka terlihat sangat serupa. Hampir tidak ada bedanya. Tapi percaya deh sama saya, mereka berbeda. Semoga tips dibawah bisa membantu anda ya. Kalau bisa sebelum membeli batik, anda praktekan semua tips tips ini, atau minimal beberapa biar lebih yakin. Kenapa?Karena tidak semua penjual itu jujur, bahkan kami cukup sering menemukan beberapa penjual yang tidak tau barang dagangan mereka itu batik tulis atau cetak. Mereka dengan pedenya bilang kalau itu tulis. Awas Bung! Kadang-kadang mereka suka mirip. Batik cetak itu, banyak yang setelah dicetak lalu dicolet dengan kuas, sehingga sangat mirip batik tulis. Bagaimana cara membedakan batik tulis, cap, cetak dan print?

Sulit sekali bagi kebanyakan orang untuk membedakan yang mana yang batik tulis, cap, cetak dan print. Karena untuk mata kebanyakan orang, mereka terlihat sangat serupa. Hampir tidak ada bedanya. Tapi percaya deh sama saya, mereka berbeda. Semoga tips dibawah bisa membantu anda ya. Kalau bisa sebelum membeli batik, anda praktekan semua tips tips ini, atau minimal beberapa biar lebih yakin. Kenapa?

Karena tidak semua penjual itu jujur, bahkan kami cukup sering menemukan beberapa penjual yang tidak tau barang dagangan mereka itu batik tulis atau cetak. Mereka dengan pedenya bilang kalau itu tulis. Awas Bung! Kadang-kadang mereka suka mirip. Batik cetak itu, banyak yang setelah dicetak lalu dicolet dengan kuas, sehingga sangat mirip batik tulis. Lakukan langkah-langkah dibawah untuk menghindari ini.

  1. Perbedaan Harga. strong textatik tulis itu yang paling mahal, yang kedua termahal adalah batik cap, yang terakhir adalah batik printing & cetak.

  2. Cium Baunya – Bau malam merupakan suatu bau yang khas. Biasanya kalau batik tulis atau cap, bau malam ini masih melekat dengan santer pas dijual. Bau malam itu seperti apa ya, mungkin yang mirip adalah bau minyak tanah.

  3. Anda bisa perhatikan secara seksama Bung. Apabila batik itu rada-rada berantakan, beleber, maka batik itu kemungkinan besar adalah tulis atau cap. Biasanya cap lebih rapih dari batik tulis, namun tidak jarang batik cap juga ada bagian-bagian yang tidak sempurna.

  4. Bedakan Bagian Depan dan Belakang – Lebarkan kain anda, dan lihat bagian depan dan belakangnya. Hanya batik tulis dan batik cap yang memiliki motif dengan warna yang sama persis di bagian depan dan belakang kainnya. Batik print dan cetak tidak seperti itu.

  5. Tekstur – Pada kebanyakan batik tulis, terutama dari Solo dan Yogyakarta, masih banyak tersisa bekas lilin malam yang belum bersih. Serpihan-serpihan ini tidak ada pada batik print dan cetak.

Seringkali pada batik tulis juga terdapat tekstur pewarna yang tidak merata, sehingga dapat diraba dan dirasakan tekstur yang berlebih.

  1. Inisial – Anda bisa coba cari inisial pada kain batik tersebut. Pada kain batik tulis, tidak jarang ditemukan inisial sang pembuat. Justru karena batik tulis adalah sebuah kesenian dengan nilai tinggi, sang pembuat ingin mencantumkan namanya pada karya ciptaannya.

Tidak ada batik selain batik tulis yang diberikan inisial, mungkin dalam kasus tertentu batik lukis juga diberikan inisial. Namun membedakan batik lukis dan tulis sangat mudah. Tinggal melihat warnanya mencolok atau tidak dan cium apakah ada bau lilin malam. Batik lain seperti cap, printing dan sablon tidak akan diberikan inisial pembuatnya.