© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara membedakan antara cahaya bintang dan planet pada malam hari?

bintang

Bagaimanakah cara kita dapat membedakan cahaya bintang atau planet di langit pada malam hari?

Karena berjarak begitu jauh dari Bumi, kenampakan planet-planet tata surya di langit malam hanya akan mirip seperti bintang bila diamati dengan mata telanjang. Bagi yang masih awam, membedakan mana bintang dan mana planet mungkin tidak mudah.

  1. Dengan Rasi Bintang
    Bila Anda sudah hafal bentuk rasi bintang zodiak, maka Anda akan mudah menyadari ketika ada planet yang tepat berada di depan salah satu rasi bintang zodiak tersebut. Karena planet akan muncul bagaikan bintang, ketika ia berada di rasi bintang tertentu, maka bentuk rasi bintang tadi akan berubah.

  2. Menggunakan Peta Langit
    Di era modern ini, peta langit bisa didapatkan berupa aplikasi perangkat lunak yang bisa dipasang di gawai maupun komputer Anda. Dengan aplikasi peta langit, kita bisa mengetahui ada planet apa saja di langit dan di mana letaknya.

  3. Melihat Cahayanya
    Perbedaan kenampakan bintang dengan planet adalah dari kelap-kelip cahayanya. Cahaya dari kenampakan planet cenderung stabil alias tidak berkelap-kelip. Hal ini dikarenakan planet berjarak relatif lebih dekat dengan Bumi dibandingkan dengan bintang, dan planet pun muncul dalam bentuk cakram kecil di langit Bumi, bukan sebagai bintik-bintik kecil saja.

  4. Menggunakan Teleskop
    Ini adalah cara yang tentunya paling mudah, tapi paling mahal. Tidak semua orang memiliki teleskop, sehingga cara ini hanya bisa dipraktikan oleh segelintir saja. Tapi tak masalah, bagi yang belum punya teleskop, Anda bisa mencobanya saat sudah punya teleskop.

Melihat dengan teleskop akan sangat membantu kita mengidentifikasi objek apa yang kita lihat di langit. Misalnya, karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, planet Saturnus hanya akan tampak bagai bintang saja bila dilihat dengan mata telanjang. Tapi jika diamati lewat teleskop, kita bisa melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya dan satelit-satelit alami terbesarnya.