Bagaimana cara membangun MVP dengan cara kita sendiri ?

2

Pada setiap pengembang tentunya mempunyai cara tersendiri untuk bagaimana membangun Minimum Viable Product (MVP). Lalu bagaimana cara tersebut ?

1

Setiap pengembang atau tim memiliki pilihan mereka sendiri bagaimana membangun sebuah produk. Singkatnya, membangun produk dengan caramu sendiri dan tidak kehilangan arah dari apa yang sebenarnya kamu inginkan merupakan sebuah MVP. Lalu waspadalah dengan fitur-fitur yang menakutkan, terlebih jika banyak pemegang saham terlibat. Banyak saran yang akan kamu dapatkan untuk fitur yang ingin dimasukkan pada update selanjutnya. Selama kamu tetap berpatokan pada set fitur yang telah kamu kerjakan dan membuat keputusan cerdas berdasarkan visi produk awal dan informasi yang kamu dapat selama perjalanan, kamu akan terus di rel yang kamu inginkan.

Dan jaminan kualitas produk merupakan hal penting lainnya dalam membangun MVP. Yakinkan pengguna bahwa produkmu bekerja sebaik mungkin. Habiskan waktumu untuk memperbaiki bug. Jika kamu developer solo, pertimbangkan untuk menunjukkan aplikasi betamu dengan teman-teman dan keluarga. Jika kamu memiliki budget, sewa pihak ketiga untuk melakukan ragam tes yang akan menyelamatkanmu dari bug-bugpenting yang dapat membahayakan peluncuran aplikasimu.