Bagaimana Cara Membangun Mood untuk Belajar & Mengerjakan Tugas?

mood belajar
Dalam melakukan segala kegiatan, terutama kegiatan produktif, tentunya kita membutuhkan niat dan kondisi yang mendukung agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan maksimal, contohnya adalah ketika belajar dan mengerjakan tugas. Seseorang yang berstatus pelajar pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya “belajar dan tugas”, begitu pun juga dengan mahasiswa. Semua orang pastinya diwajibkan untuk belajar dengan tujuan agar dapat menambah ilmu pengetahuan dan juga wawasan. Melalui kegiatan perkuliahan, pengerjaan tugas, ujian, praktikum, banyak pengetahuan baru yang dapat kita peroleh. Pada saat kuliah, pastinya mahasiswa sering diberikan tugas oleh dosen. Apalagi sekarang ini, kuliah dilakukan secara daring, sebagian mahasiswa dengan jurusan tertentu mendapatkan tugas yang lebih banyak lagi daripada biasanya.

Nah menurut Youdics, bagaimanakah cara kamu membangun mood untuk belajar dan mengerjakan tugas? Yuk share tips kamu di kolom komentar yaa!

3 Likes

Menurut saya cara membangun mod untuk belajar dan mengerjakan tugas, yaitu:

  • Mencari tempat nyaman
    Kita bisa mencari tempat nyaman untuk belajar dan mengerjakan tugas. Ini bisa membantu membangun mood kita dan bisa membuat kita fokus dalam belajar dan mengerjakan tugas. Kita bisa mencari tempat yang sunyi dan sejuk agar meningkatkan konsentrasi dan membuat mood kita naik
  • mendengarkan musik
    Dengan mendengarkan musik bisa meningkatkan mood belajar dan mengurangi rasa jenuh. Dengarkanlah musik yang selow agar membuat kita nyaman.
  • belajar dengan teman
    Saat mood kita anjlok karena dapat soal susah dan tidak bisa mengerjakannya, kita bisa mengajak teman untuk mengajari kita ataupun sekedar belajar bareng. Itung-itung bisa bercanda gurau sedikit untuk meningkatkan mood kita.
2 Likes

Tips membangun mood buat belajar dan mengerjakan tugas versiku adalah:

  1. Menaikkan mood dengan musik
    Aku sering banget memulai tugas diawali dengan dengerin musik atau lagu yang bersifat upbeat agar membangkitkan semangatku. Musik yang bernada positif itu terbukti sangat bermanfaat buat aku, dari yang tadinya malas atau ngantuk menjadi bersemangat. Selain musik, mood juga bisa dibangkitkan dengan media lain seperti nonton video yang berenergi positif di Youtube. Tapi jangan sampe lupa waktu dan malah keasikan nontonnya ya!

  2. Memenuhi kebutuhan tubuh
    Sebelum memulai belajar atau mengerjakan tugas, usahakan tubuh kita memang udah siap buat ngelakuin itu. Usahain kita udah makan, cukup minum, dan tentunya cukup istirahat. Tubuh yang fit dan siap akan membuat semangat kita makin bangkit dan tidak lemes atau ngantuk.

  3. Membuat priority list atau to-do list
    Daftar tugas yang lengkap dengan deadline -nya terbukti sangat bermanfaat dan aku udah ngerasain. List tersebut tidak harus rumit, kita dapat membuatnya secara sederhana di notes handphone kita. List tersebut sangat membantu kita untuk mengetahui tugas apa yang harus segera dikerjakan karena deadline yang makin dekat. Buatku, deadline yang makin dekat terbukti sangat dapat meningkatkan semangat buat mengerjakan tugas meskipun aku saranin kalian buat menjadi deadliners . The Power of Kepepet!

  4. Mempersiapkan hadiah untuk diri sendiri
    Hadiah buatku sangat terbukti dapat meningkatkan semangatku buat belajar dan mengerjakan tugas. Hadiah itu tidak harus mahal dan dapat berupa hal sederhana seperti kita dapat bermain game , makan camilan favorit, atau menonton film. Namun, hadiah tersebut baru dapat aku raih kalau sudah menyelesaikan tugasku agar aku semakin bersemangat.

Itu tips pribadi dari aku. Mungkin Youdics yang lain masih memiliki tips yang unik dari dirinya sendiri. Tetap semangat!

1 Like

CARA SAYA MEMBANGUN MOOD SAAT BELAJAR MAUPUN MENGERJAKAN TUGAS :

Namanya juga mahasiswa pasti gak akan jauh-jauh dari tugas yang banyak banget, sehingga membuat jadwal belajar kita jadi padet banget. Padahal, yang namanya mood belajar itu gak bisa ditebak banget… Kadang mood, kadang nggak. Siapa yang kayak gini juga? Nah, gimana sih cara atur mood belajar bisa meningkat? Tenang aja, buat kamu yang lagi stuck nugas, goKampus akan kasih kamu tips biar mood belajar meningkat. Ini dia!

1. Istirahat santai.

Kalo ditengah-tengah belajar kamu mulai penat banget berarti itu tandanya badanmu butuh istirahat sebentar. Jangan memaksakan diri untuk terus belajar jika kamu sudah kelelahan ya, karena percuma apa yang kamu pelajari juga gak masuk di otak, yang ada malah kamu kelelahan dan gak fokus. Istirahatlah sejenak sebelum memulai belajar lagi.

2. Beli makanan ringan dan minuman kekinian.

Jangan lupa sediakan snack favoritmu untuk membangkitkan mood belajar kembali! Banyak sekali orang-orang yang sudah menyediakan snack favorit dan minuman kekinian seperti kopi atau coklat untuk menemani kegiatan selama belajar di rumah. Memang banyak yang bilang sih kalo lagi belajar butuh asupan yang banyak untuk perut.

3. Dengerin lagu yang disuka.

Mendengarkan lagu merupakan salah satu media yang bisa menemani dan membangkitkan mood belajar nih. Sebenernya ga ada genre spesifik yang bisa membangkitkan semangatmu sih. Banyak yang bilang jangan pasang musik yang keras seperti rock atau EDM waktu belajar karena bisa bikin ga fokus, tapi ada juga teman goKampus yang sukanya dengerin heavy metal kalo ngerjain tugas… Malah jadi fokus katanya! Semua tergantung selera musik kamu ya, apa yang menurutmu paling bikin fokus. Cuma, hati-hati aja kalau masang K-Pop… Takutnya kamu malah ikutan ngedance lagi!

4. Chit chat bareng keluarga atau teman2 terdekat.

Ambil waktumu sejenak untuk ngobrol bareng keluarga atau teman-teman terdekat, chit chat bersama orang terdekat bisa mengembalikan mood loh. Kamu bisa ngobrol tentang video-video lucu atau pengalaman-pengalaman yang bisa buat kamu bahagia, hindari mengobrol tentang hal-hal yang berat dan bikin depresi seperti sekolah atau pelajaran ya!

REFERENSI

Aritonang, Keke T. 2008. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10): 11-21.

1 Like

Cara membangun mood untuk belajar dan mengerjakan tugas dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut tipsnya:
1. Menata ruang dan meja belajar
Sebelum memulai belajar kita dapat membersihkan terlebih dahulu ruang belajar kita. Kita dapat mengorganisir barang-barang kedalam laci sesuai bagian, seperti menggolongkan kabel, kertas-kertas dan alat tulis sesuai laci yang telah ditentukan
2. Menggunakan tools penunjang
Beberapa tool penunjang belajar dapat memudahkan kita dalam belajar dan membuat kita semakin betah belajar. Beberapa tools diantaranya, buku catatan, alat tulis dapat dilengkapi spidol warna, meja belajar, stand laptop, rak buku dan lampu belajar
3. Mendengarkan lofi music
Mendengarkan lofi music juga dapat membantu kita untuk merasa santai saat belajar.
4. Belajar bersama teman
Dengan belajar bersama teman kita tidak mudah bosan karena kita memilliki teman diskusi. Selain itu teman belajar dapat membantu kita untuk memahami materi yang sulit kita pahami

1 Like

Setuju banget sih sama pendapat teman-teman semua, dan pastinya udah pernah nyobain hampir semua hehe. Untuk tambahan dari aku sih, salah satu yang bisa bangkitkan mood untuk belajar dan nugas itu adalah dengan mengingat impian. Impian tentang kehidupan di masa depan, impian tentang pekerjaan masa depan. Untuk mendukungnya dapat dipasang benda-benda yang mengingatkan akan impian itu. Nah, dengan mengingat impian ini bisa mendorong kita untuk lebih rajin dan semangat dalam belajar :grinning_face_with_smiling_eyes:

1 Like

Kalo menurutku sih, pertama diawali menyiapkan tempat yang sesuai dan bisa meningkatkan mood, kemudian bisa juga dibarengi dengan mendengarkan lagu kesukaan agar rileks dan fokus. Siapkan posisi terbaik dan nyaman saat mengerjakan tugas atau belajar agar nyaman dan tidak mengganggi ergonomi tubuh. Bisa juga diawali dengan makan makanan kesukaan atau makan makanan yang bisa membuat mood jadi bagus seperti coklat, ice cream, dll. Dan jangan lupa, mulailah segala sesuatu yang baik dengan niat yang ikhlas dan tulus serta diringi dengan doa agar apa yang kita kerjakan selalu mendapat ridho dari-Nya.

1 Like

Dalam membangun mood untuk belajar dan mengerjakan tugas, menurut saya yang pertama harus dibangun adalah niat :grinning_face_with_smiling_eyes:. Niat itu sebagai hal utama untuk belajar dan mengerjakan tugas. Saya pernah mengalami tidak niat belajar dan mengerjakan tugas, sehingga mood menjadi buruk dan pekerjaan tidak selesai ataupun tidak memuaskan hasilnya. Setelah niat muncul, maka dapat mulai belajar dan mengerjakan tugas.

Setelah itu, perlu untuk menyiapkan penunjang belaar dan mengerjakan tugas. Sama seperti teman-teman diatas, ada berbagai cara untuk meningkatkan mood belajar, saya setuju dengan mereka karena saya juga pernah mengalami itu semua. Saya paling sering mendengarkan musik, musik tersebut sesuai dengan feel saya hari itu. tinggal memilih playlistnya lalu didengarkan, salah satunya lofi song seperti kak @vivisabela99. Saya juga sering ngemil untuk menemani ketika mengerjakan tugas dan belajar. Ketika mengerjakan tugas, terkadang saya bosan dengan ruang yang sering saya gunakan untuk mengerjakan tugas, sehingga saya mencari ruang lain di rumah agar memberikan suasana baru.

Jadi semangat deh!

1 Like

Untuk saya agar bisa membangun mood yang baik untuk belajar adalah ketika diri saya tenang sedang tidak ada masalah apapun, dan juga mencari waktu dipagi hari agar bisa fokus. Selain itu juga menanamkan mindset jika segera diselesaikan kita bisa cepat bersantai, dengan begitu kita akan bisa mempush diri kita untuk cepat menyelesaikannya.

Summary

https://kumparan.com/millennial/belajar-malam-hari-vs-pagi-hari-mana-yang-lebih-baik-1pbVDa79L62/full

Mengerjakan tugas maupun belajar menjadi sesuatu yang mau tidak mau harus dilakukan apalagi jika kita memiliki tanggung jawab di dalamnya. Namun, terkadang ada hal yang membuat kita ingin menunda melakukannya seperti tidak mood. Jikalau tetap menuruti perasaan ini bisa-bisa pekerjaan semakin menumpuk. Saya sendiri memiliki cara untuk meningkatkan mood sebelum memulai untuk fokus belajar. Tentukan terlebih dahulu waktu yang akan digunakan untuk belajar atau mengerjakan tugas. Beberapa jam sebelum memulai sebaiknya siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan agar meja tidak penuh. Tata dengan rapi tempat yang akan digunakan untuk belajar. Mendekati waktu yang ditentukan, lakukan sesuatu yang untuk meningkatkan mood memulai seperti menyetel musik kesukaan atau menyiapkan sedikit cemilan, membaca kembali catatan yang berisi impian, mengingat keluarga yang sudah mensupport hingga sejauh ini, memikirkan apa baiknya jika mengerjakan saat ini juga dan apa akibatnya jika menunda, memikirkan kegiatan apa yang akan dilakukan setelah belajar dan mengerjakan tugas. Ketika belajar sudah terlalu lama maka sempatkan diri untuk refreshing sejenak seperti tidur, menonton film, membaca, maupun pindah tempat belajar. Saat ingin memulai belajar lagi pikirkan hal-hal menyenangkan supaya mood kembali naik. Seperti itu beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membangun mood belajar atau mengerjakan tugas.