Bagaimana cara memaster burung Kacer?

Burung Kacer

Bagaimana cara memaster burung Kacer?

Waktu
Pada umumnya, apabila seorang peternak memiliki Burung Kacer yang akan di-master pemilihan waktunya sangat bervariasi. Namun pada umumnya ada dua waktu utama di mana burung tersebut dengarkan master.

  1. Harian
    Setiap hari setelah dimandikan dan diangin-anginkan antara 10.00 hingga 16.00 sore, burung bisa di perdengarkan suara master tanpa dikerodong di dalam rumah. Pastikan Anda menempatkannya di tempat yang tenang.
    Kemudian pada malam hari dimulai antara 18.00 atau menjelang magrib, Anda bisa mengkrodong sangkar burung kemudian memperdengarkan master secara sayup-sayup. Memperdengarkan master bisa berlangsung hingga keesokan paginya.

  2. Mabung
    Kemudian waktu yang sangat baik untuk memperdengarkan master kepada burung adalah pada saat pergantian bulu atau yang biasa kita kenal dengan sebutan mabung.

Master
Setelah Anda memiliki waktu-waktu yang digunakan untuk memperdengarkan master kepada burung, selanjutnya ada beberapa metode yang digunakan dalam memberikan isian kepada Burung Kacer misalnya,

Metode pertama adalah dengan menggunakan burung asli, baik itu Burung Lovebird, Cucak Rowo, dan lain-lain. Namun metode tersebut sudah mulai banyak ditinggalkan karena memakan banyak biaya.

Saat ini para peternak sudah beralih menggunakan audio yang baik itu yang berasal dari smartphone maupun dari MP3 player. Metode ini selain murah, cukup efektif, juga bisa kita variasikan dan bisa diedit dengan suara-suara yang kita inginkan.

Yang Perlu Diperhatikan saat Memperdengarkan Master
Pada siang hari, burung tidak diperdengarkan audio atau master sepanjang hari mulai dari pagi hingga sore. Melainkan harus dibagi menjadi setidaknya 2 sesi untuk memberikan kesempatan kepada burung beristirahat.

Perhatikan selalu burung Anda pada saat di master. Apabila burung menyahut dan membalas suara master sebaiknya Anda tidak memperdengarkannya atau mematikan audio terlebih dahulu karena hal tersebut akan membuat proses ini menjadi sia-sia. Dikatakan sia-sia karena konsentrasi burung tidak mendengar suara master melainkan memperdengarkan suaranya sendiri.

Pastikan Anda menempatkannya di tempat yang tenang, jauh dari suara gaduh maupun suara mesin dan televisi serta beberapa suara pengganggu lainnya.

source : www.budidayakenari.com