Bagaimana cara memanipulasi laba?

manipulasi laba

Untuk mendapatkan keuntungan dari nasabah , terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh manajer untuk memperlihatkan laporan keuangannya terlihat baik yaitu dengan cara memanipulasi laba. lalu bagaimana cara memanipulasi laba ?

Menurut (Roychowdhury, 2006) manipulasi laba real dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:

  1. Manipulasi penjualan
    Manipulasi penjualan merupakan usaha untuk meningkatkan penjualan secara temporer dalam periode tertentu dengan menawarkan diskon harga produk secara berlebihan atau memberikan persyaratan kredit yang lebih lunak. Strategi ini dapat meningkatkan volume penjualan dan laba periode saat ini, dengan mengasumsikan marginnya positif. Namun, pemberian diskon harga dan syarat kredit yang lebih lunak akan menurunkan aliran kas periode saat ini.

  2. Penurunan beban-beban diskresionari (dicretionary expenditures)
    Perusahaan dapat menurunkan discretionary expenditures seperti beban penelitian dan pengembangan, iklan dan penjualan, adminstrasi dan umum terutama dalam periode pengeluaran tersebut tidak langsung menyebabkan pendapatan dan laba. Strategi ini dapat \ meningkatkan laba dan arus kas periode saat ini, namun dengan risiko menurunkan arus kas periode mendatang.

  3. Produksi yang berlebihan (overproduction)
    Untuk meningkatkan laba, manajer perusahaan dapat memproduksi lebih banyak dari pada yang diperlukan dengan asumsi bahwa tingkat produksi yang lebih tinggi akan menyebabkan biaya tetap per unit produk lebih rendah. Strategi ini dapat menurunkan biaya barang terjual (cost of goods sold) dan meningkatkan laba operasi.