Bagaimana cara memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kepentingan masyarakat?

Dunia saat ini sudah memasuki era globalisasi , masyarakat sudah memanfaatkan teknologi di semua aspek.

Arti telekomunikasi secara umum merupakan suatu teknologi yang tercipta agar komunikasi lebih mudah di dunakan dan di dapat bagi masyarakat. Telekomunikasi merupakan suatu alat dimana kita bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di zaman sekarang ini banyak alat telekomunikasi yang berkembang di tengah masyarakat. Banyak perusahaan dari luar ataupun dalam negeri yang mengembangkan inovasi dalam bertelekomunikasi.

Telekomunikasi sangat penting manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Indonesia masih di sebut sebagai negara berkembang, karena tingkat ilmu dan teknologinya masih tertinggal di banding negara-negara Eropa. Di masa sekarang ini kita dihadapkan oleh kemajuan zaman yang bergerak sangat pesat dan beragam dengan segala alat-alat telekomunikasi yang super canggih. Masyarakat Indonesia sekarang lebih pintar dan ingin tahu apa yang sedang berkembang di negara-negara maju, karena tuntutan zaman dan kemajuan teknologi, mereka mulai menggunakan bermacam-macam alat telekomunikasi.

Teknologi telekomunikasi dirancang sedemikian rupa agar memudahkan masyarakat untuk kegiatan sehari-hari, telekomunikasi hadir karena masyarakat membutuhkannya. Para ilmuwan tidak henti-hentinya mencoba dan terus menelusuri, mengembangkan teknologi telekomunikasi agar lebih canggih dan modern, dengan inovasi dan kegunaan yang bermacam-macam manfaatnya bagi masyarakat dan sangat berguna untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi dengan tingkat kemajuan zaman yang terus berkembang.

Hadirnya sistim telekomunikasi di tengah-tengah masyarakat mendorong masyarakat itu sendiri untuk lebih menggali dan menggali lagi ilmu teknologi yang baru. Telekomunikasi merupakan suatu penemuan baru di dunia komunikasi sekarang ini, dengan telekomunikasi tercipta banyak alat-alat elektronik yang dapat dimanfaatkan tidak hanya dalam skala kecil tetapi dalam skala besar, seperti contoh ;
telekomunikasi skala kecil bisa kita temukan pada alat telekomunikasi seperti, telepon yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sedangkan telekomunikasi secara besar bisa kita dapati dengan alat yang lebih canggih, seperti pengiriman surat melalu email, pengiriman data atau radar bagi transportasi laut dan udara.

Besar manfaat telekomunikasi yang ada sekarang ini untuk menunjang kehidupan masyarakat. Dengan telekomunikasi segalanya akan menjadi mudah dan lebih terarah, masyarakat menjadi lebih berkembang dengan kualitas sumber daya manusia yang meningkat zaman demi zamannya, sehingga tercipta masyarakat yang berintelektual dan berkualitas.

Manfaat dan dampak telekomunikasi bagi masyarakat dan negara. Teknologi informasi merupakan sarana berkomunikasi yang modern, yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan siapapun. Komunikasi dapat dilakukan dengan telepon, hanphone, atau bahkan dengan internet. Telekomunikasi yang hampir tanpa batas ruang dan waktu. Internet misalnya, dengan internet, manusia mampu menjelajah dunia dan berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia.

Perkembangan telekomunikasi telah membuktikan bahwa semua mampu memberikan kemudahan kepada manusia dalam memperoleh informasi, bekomunikasi, ataupun menunjang kelancaran aktivitas manusia. Masyarakat semakin mudah memecahkan kesulitan-kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya.

Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi komunikasi, antara lain :

  • Perpustakaan Online
    Perpustakaan online adalah perpustakaan digital yang ditempatkan di internet. perpustakaan online memungkinkan mahasiswa dapat mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan.

  • Diskusi Online
    Diskusi yang dilakukan secara live (langsung) di internet yang memungkinkan para mahasiswa dapat berdiskusi, bertukar pikiran tanpa harus berkumpul disuatu tempat.

  • Berbagai Hasil Penelitian
    Internet banyak digunakan sebagai sumber informasi. Melalui internet hasil penelitian seseorang dapat di sebarluaskan, sehingga orang lain dapat mengetahuinya.

Perubahan lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhinya sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi (TI).

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi informasi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat. Kemajuan teknologi informasi mendorong masyarakat industri (industry society) pelan-pelan beralih ke masyarakat informasi (information society).

Dalam era globalisasi, hampir setiap orang dalam kegiatannya tidak dapat terlepas dari informasi, karena informasi telah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Setiap aspek kehidupan dihubungan dengan ketersediaan informasi.

Perpustakaan online
Sebagai gudangnya ilmu pengetahuan dan informasi, perpustakaan merupakan salah satu sarana favorit bagi masyarakat negara-negara maju. Sayangnya di Indonesia, antara perpustakaan dan masyarakat cenderung masih berjarak.

Kelas Virtual
Pada kelas maya ini siswa akan mendapatkan materi, tugas dan test secara online.guru memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai hasil ujian siswa. Terutama hasil ujian siswa akan dinilai secara otomatis.

Bidang Kesehatan
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan salah satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.

Masih banyak lagi cara memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan masyarakat.Namun dengan banyak manfaat tersebut,juga banyak kekurangan atau memanfaatkan teknologi informasi untuk kejahatan.Semua bergantung pada bagaimana masyarakat menggunakannya

Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat,mesin,material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya aktivasi manusia,teknologi dikenal sebelum sains,dan teknik.

Kata Teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian, penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah tekonologi.

Sedangkan Teknologi Informasi adalah Istilah yang mungkin sering Anda dengar, entah ketika di lembaga sekolah ataupun ketika Anda menjelajahi internet. Istilah teknologi informasi tidak akan lepas dari istilah teknologi komunikasi, karena sebenarnya kedua istilah tersebut saling berhubungan satu sama lain meskipun berbeda.

Setiap hari, kita tidak pernah lepas dari peran teknologi informasi, contoh kecil adalah ketika Anda menggunakan handphone untuk membuka jejaring sosial. Handphone merupakan salah satu contoh teknologi informasi selain komputer, TV, perangkat elektronik dalam rumah tangga dan lain sebagainya. Dari sekian banyak jenis teknologi informasi, banyak juga manfaat teknologi informasi yang bisa kita dapatkan.

Sekarang dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi, persaingan menjadi global sehingga orang ditantang untuk mengahadapi saingan global. Tadinya, oarng berfikir bahwa adanya computer (internet) dapat membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dan santai. Akan tetapi, kenyataan justru sebaliknya. Kita bekerja lebih lama, bahkan pekerjaan sering dibawa ke rumah. Jika dulu ada istilah “working 9 to 5”, sekarang bekerja “5 to 9”. Tentu hal ini akan berimplikasi pada kehidupan kita.

Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia. Suatu kemajuan yang tentunya akan memberikan dampak bagi peradaban hidup pelajar. Tidak dapat dipungkiri, kini kita telah menjadi “budak” dari peradaban teknologi informasi itu sendiri. Bagaiman tidak, banyaknya pelajar yang sekaligus berperan sebagai pengguna teknologi informasi dan komunikasi, membuktikan bahwa kehidupan yang mereka lakoni tak pernah lepas dari peran teknologi informasi.

Menghadapi keadaan seperti ini, kita sebagai pelajar perlu diarahkan pada sikap “sadar teknologi” atau “melek teknologi”. Kemajuan yang sering diartikan sebagai modernisasi, menjanjikan kemampuan manusia untuk mengendalikan alam melalui ilmu pengetahuan, meningkatkan kesejahteraan material melalui teknologi dan meningkatkan efektivitas kemampuan pelajar melalui penerapan organisasi yang berdasarkan pertimbangan kesadaran. Karena dengan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi pula, manusia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dibayangkan.

Di satu sisi, teknologi memiliki keuntungan bagi orang yang menggunakannya. Misalkan saja dalam hal berbagi informasi, para pelajar dapat mengakses informasi dunia dengan cepat dan mudah, sehingga mereka dapat menyadari bahwa dunia seakan berada di genggaman mereka. Suatu akses yang tentunya akan memperkaya para pelajar dengan segudang informasi yang dapat memacu motivasi mereka untuk meningkatkan kreativitasnya, khususnya dalam bidang informatika.

Bukan hanya itu, teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki andil yang besar dalam hal sarana pembelajaran. Karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah merasuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan. Suatu hal yang tentunya menjadi gebrakan di dunia pendidikan dalam ajang peningkatan potensi pelajar. Selain itu gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup pelajar yang lebih dinamis. Dengan adanya hal tersebut, maka pelajar senantiasa menghidupkan dan menyalurkan semangat untuk mengeksplorasi ilmu yang belum diketahui.

Cara memanfaatkan teknologi informasi pada bidang masyarakat diantaranya :

  • Teknologi informasi bisa menjadi sumber informasi dan sarana belajar,
  • Bisa menjadi sarana dalam melihat pasar secara lebih luas melalaui produknya,
  • Menumbuhkan semangat kewirausahaan, seperti contohnya bisa menjual produknya melalui jejaring sosial,
  • Membantu masayarakat dalam mengembangkan perdagangannya melalui sistem e-commerce,
  • Meningkatkan informasi kesehatan dalam mewujudkan masyarakat yang makmur.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada masa sekarang ini memegang peranan penting, baik dalam bidang Pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, geografi, agama, dan juga berbagai bidang lainnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu hal yang bisa dijadikan sarana untuk menunjukkan maju atau tidaknya suatu negara. Teknologi Informasi dan Komunikasi dipandang sebagai suatu hal yang dapat mengangkat citra bangsa, negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk memajukan teknologi, informasi dan komunikasi.

Di mana saja kita melihat, membaca saat ini, sulit untuk menghindari tentang IT atau teknologi Informasi dan komunikasi. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas dahulu apa yang dimaksud dengan IT dan internet. Teknologi informasi adalah sama dengan teknologi lainnya, hanya informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Dalam hal ini, Teknologi mengandung konotasi memiliki nilai ekonomi. Teknologi pengolah informasi ini memang memiliki nilai jual, seperti contohnya teknologi data base, dan security. Semuanya dapat dijual.

Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang dalam bentuk CD ROOM. Tumpukan kertas inilah yang anda dapatkan jika anda membeli sebuah teknologi dalam bentuk paten atau bentuk HaKI (Intellectual Property Rights) lainnya.

Kemunculan IT dan internet juga dapat mengubah kultur kita sehari-hari. Dahulu orang dapat bekerja dengan santai. Sekarang dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi, persaingan menjadi global sehingga orang ditantang untuk mengahadapi saingan global. Tadinya, oarng berfikir bahwa adanya computer (internet) dapat membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dan santai. Akan tetapi, kenyataan justru sebaliknya. Kita bekerja lebih lama, bahkan pekerjaan sering dibawa ke rumah. Jika dulu ada istilah “working 9 to 5”, sekarang bekerja “5 to 9”. Tentu hal ini akan berimplikasi pada kehidupan kita.

Ditahun era globalisasi yang semakin meningkat ini, kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan Teknologi Informasi yang semakin berkembang pesat. Disamping itu juga kita harus mememiliki sasaran yang hendak dicapai dari upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Teknologi informasi telah menjadi industri yang utama dan mampu memenuhi kebutuhan yang paling pokok dalam bidang ekonomi serta sumber-sumber daya utama lainnya. Teknologi komputer telah melahirkan satelit komunikasi yang dapat digunakan untuk kepentingan sarana telekomunikasi dan berbagai keperluan lainnya, termasuk untuk kepentingan siaran radio dan televisi. Disamping itu telah muncul berbagai macam sistem penyaluran informasi dengan memanfaatkan saluran pesawat telepon dan teknologi komputer yang menghasilkan video-text, sehingga memungkinkan pemilik pesawat telepon dapat memperoleh ribuan informasi langsung kapan dan dimanapun ia berada. Pengembangan serat optik (fibre optic) telah menghasilkan sistem televisi kabel dengan jangkauan hampir tidak terbatas.

Teknologi elektronika berkembang sangat pesat, menyebabkan dapat diproduksinya bermacam-macam peralatan komunikasi yang relatif murah dengan ukuran kecil, yang dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh masyarakat umum, seperti komputer, radio, pemutar music, TV ukuran saku, kamera video, video game dan berbagai peralatan lainnya yang beberapa diantaranya menggabungkan berbagai fasilitas kedalam satu peralatan multimedia berupa laptop dan handphone.

Seluruh perkembangan tersebut telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berkomunikasi dan mendapatkan serta menyimpan informasi. Kemudahan tersebut lebih didorong lagi oleh perkembangan teknologi informasi khususnya internet, peluncuran WWW (Word Wide Web) pada 1990-an telah membuka babak baru dalam perkembangan internet yang sudah ada sejak 1950-an. Kini, selain digunakan untuk mengakses berbagai informasi, internet juga digunakan sebagai alat pembayaran, perdagangan, pemasaran, pelayanan dan pendidikan yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang merupakan aspek strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang luar biasa, seperti portofolio elektronic, game, dan simulasi komputer, buku digital (e-book), teknologi nirkabel (wireless), surat elektronik (e-mail), pencarian (browsing) informasi, konferensi jarak jauh (tele/ video conference), mobile computing, transaksi perdagangan (e-business), transaksi perbankan (e-banking), pelayanan publik (e-goverment) dan peningkatan kualitas pendidikan (e-learning). Perkembangan teknologi seperti ini telah menimbulkan revolusi komunikasi yang menyebabkan kehidupan masyarakat di berbagai negara tidak bisa terlepas dan bahkan telah ditentukan oleh informasi dan komunikasi. Gejala inilah yang menimbulkan kecenderungan interdependesi global bagi masyarakat antarbangsa.

Cara memanfaatkan teknologi untuk krpentingan masyarakat yang benar adalah:

  1. Penggunaan media komputer dalam pembelajaran siswa-siswi di sekolah. Jadi, para siswa akan mengetahui tentang praktikum sains dari bahan yang diajarkan gurunya melalui media video di komputer.
  2. Adanya pasar online bagi produk pertanian, perikanan, kehutanan, dan kelautan untuk menekan tengkulak
  3. Aplikasi Go-Religion, aplikasi yang mengajarkan para generasi muda untuk kembali menghayati setiap agamanya masing-masing untuk menanggulangi setiap dampak negatif dari globalisasi yang ada saat ini.
  4. Aplikasi Go-Indonesian Culture, aplikasi untuk mengembalikan para generasi muda untuk kembali ke budaya luhur bangsa Indonesia untuk menanggulangi paham-paham buruk yang ada saat ini, seperti paham komunisme, liberalisme, dan kapitalisme.
  5. Pembuatan aplikasi E-Health, aplikasi ini dapat mendorong kemudahan dalam masyarakat untuk akses bidang kesehatan, seperti untuk memudahkan kedatangan ambulance jika dalam keadaan darurat, dokter dapat ke rumah pasien di wilayah terdekat jika pasien tersebut dalam keadaan darurat, dan untuk memberi pengetahuan tentang kesehatan pada masyarakat luas.