Bagaimana cara memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kepentingan masyarakat?

Dunia saat ini sudah memasuki era globalisasi , masyarakat sudah memanfaatkan teknologi di semua aspek.

1 Like

Arti telekomunikasi secara umum merupakan suatu teknologi yang tercipta agar komunikasi lebih mudah di dunakan dan di dapat bagi masyarakat. Telekomunikasi merupakan suatu alat dimana kita bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di zaman sekarang ini banyak alat telekomunikasi yang berkembang di tengah masyarakat. Banyak perusahaan dari luar ataupun dalam negeri yang mengembangkan inovasi dalam bertelekomunikasi.

Telekomunikasi sangat penting manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Indonesia masih di sebut sebagai negara berkembang, karena tingkat ilmu dan teknologinya masih tertinggal di banding negara-negara Eropa. Di masa sekarang ini kita dihadapkan oleh kemajuan zaman yang bergerak sangat pesat dan beragam dengan segala alat-alat telekomunikasi yang super canggih. Masyarakat Indonesia sekarang lebih pintar dan ingin tahu apa yang sedang berkembang di negara-negara maju, karena tuntutan zaman dan kemajuan teknologi, mereka mulai menggunakan bermacam-macam alat telekomunikasi.

Teknologi telekomunikasi dirancang sedemikian rupa agar memudahkan masyarakat untuk kegiatan sehari-hari, telekomunikasi hadir karena masyarakat membutuhkannya. Para ilmuwan tidak henti-hentinya mencoba dan terus menelusuri, mengembangkan teknologi telekomunikasi agar lebih canggih dan modern, dengan inovasi dan kegunaan yang bermacam-macam manfaatnya bagi masyarakat dan sangat berguna untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi dengan tingkat kemajuan zaman yang terus berkembang.

Hadirnya sistim telekomunikasi di tengah-tengah masyarakat mendorong masyarakat itu sendiri untuk lebih menggali dan menggali lagi ilmu teknologi yang baru. Telekomunikasi merupakan suatu penemuan baru di dunia komunikasi sekarang ini, dengan telekomunikasi tercipta banyak alat-alat elektronik yang dapat dimanfaatkan tidak hanya dalam skala kecil tetapi dalam skala besar, seperti contoh ;
telekomunikasi skala kecil bisa kita temukan pada alat telekomunikasi seperti, telepon yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sedangkan telekomunikasi secara besar bisa kita dapati dengan alat yang lebih canggih, seperti pengiriman surat melalu email, pengiriman data atau radar bagi transportasi laut dan udara.

Besar manfaat telekomunikasi yang ada sekarang ini untuk menunjang kehidupan masyarakat. Dengan telekomunikasi segalanya akan menjadi mudah dan lebih terarah, masyarakat menjadi lebih berkembang dengan kualitas sumber daya manusia yang meningkat zaman demi zamannya, sehingga tercipta masyarakat yang berintelektual dan berkualitas.

Manfaat dan dampak telekomunikasi bagi masyarakat dan negara. Teknologi informasi merupakan sarana berkomunikasi yang modern, yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan siapapun. Komunikasi dapat dilakukan dengan telepon, hanphone, atau bahkan dengan internet. Telekomunikasi yang hampir tanpa batas ruang dan waktu. Internet misalnya, dengan internet, manusia mampu menjelajah dunia dan berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia.

Perkembangan telekomunikasi telah membuktikan bahwa semua mampu memberikan kemudahan kepada manusia dalam memperoleh informasi, bekomunikasi, ataupun menunjang kelancaran aktivitas manusia. Masyarakat semakin mudah memecahkan kesulitan-kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya.

Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi komunikasi, antara lain :

  • Perpustakaan Online
    Perpustakaan online adalah perpustakaan digital yang ditempatkan di internet. perpustakaan online memungkinkan mahasiswa dapat mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan.

  • Diskusi Online
    Diskusi yang dilakukan secara live (langsung) di internet yang memungkinkan para mahasiswa dapat berdiskusi, bertukar pikiran tanpa harus berkumpul disuatu tempat.

  • Berbagai Hasil Penelitian
    Internet banyak digunakan sebagai sumber informasi. Melalui internet hasil penelitian seseorang dapat di sebarluaskan, sehingga orang lain dapat mengetahuinya.

Perubahan lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhinya sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi (TI).

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi informasi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat. Kemajuan teknologi informasi mendorong masyarakat industri (industry society) pelan-pelan beralih ke masyarakat informasi (information society).

Dalam era globalisasi, hampir setiap orang dalam kegiatannya tidak dapat terlepas dari informasi, karena informasi telah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Setiap aspek kehidupan dihubungan dengan ketersediaan informasi.

Perpustakaan online
Sebagai gudangnya ilmu pengetahuan dan informasi, perpustakaan merupakan salah satu sarana favorit bagi masyarakat negara-negara maju. Sayangnya di Indonesia, antara perpustakaan dan masyarakat cenderung masih berjarak.

Kelas Virtual
Pada kelas maya ini siswa akan mendapatkan materi, tugas dan test secara online.guru memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai hasil ujian siswa. Terutama hasil ujian siswa akan dinilai secara otomatis.

Bidang Kesehatan
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan salah satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.

Masih banyak lagi cara memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan masyarakat.Namun dengan banyak manfaat tersebut,juga banyak kekurangan atau memanfaatkan teknologi informasi untuk kejahatan.Semua bergantung pada bagaimana masyarakat menggunakannya

Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat,mesin,material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya aktivasi manusia,teknologi dikenal sebelum sains,dan teknik.

Kata Teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian, penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah tekonologi.

Sedangkan Teknologi Informasi adalah Istilah yang mungkin sering Anda dengar, entah ketika di lembaga sekolah ataupun ketika Anda menjelajahi internet. Istilah teknologi informasi tidak akan lepas dari istilah teknologi komunikasi, karena sebenarnya kedua istilah tersebut saling berhubungan satu sama lain meskipun berbeda.

Setiap hari, kita tidak pernah lepas dari peran teknologi informasi, contoh kecil adalah ketika Anda menggunakan handphone untuk membuka jejaring sosial. Handphone merupakan salah satu contoh teknologi informasi selain komputer, TV, perangkat elektronik dalam rumah tangga dan lain sebagainya. Dari sekian banyak jenis teknologi informasi, banyak juga manfaat teknologi informasi yang bisa kita dapatkan.

Sekarang dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi, persaingan menjadi global sehingga orang ditantang untuk mengahadapi saingan global. Tadinya, oarng berfikir bahwa adanya computer (internet) dapat membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dan santai. Akan tetapi, kenyataan justru sebaliknya. Kita bekerja lebih lama, bahkan pekerjaan sering dibawa ke rumah. Jika dulu ada istilah “working 9 to 5”, sekarang bekerja “5 to 9”. Tentu hal ini akan berimplikasi pada kehidupan kita.

Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia. Suatu kemajuan yang tentunya akan memberikan dampak bagi peradaban hidup pelajar. Tidak dapat dipungkiri, kini kita telah menjadi “budak” dari peradaban teknologi informasi itu sendiri. Bagaiman tidak, banyaknya pelajar yang sekaligus berperan sebagai pengguna teknologi informasi dan komunikasi, membuktikan bahwa kehidupan yang mereka lakoni tak pernah lepas dari peran teknologi informasi.

Menghadapi keadaan seperti ini, kita sebagai pelajar perlu diarahkan pada sikap “sadar teknologi” atau “melek teknologi”. Kemajuan yang sering diartikan sebagai modernisasi, menjanjikan kemampuan manusia untuk mengendalikan alam melalui ilmu pengetahuan, meningkatkan kesejahteraan material melalui teknologi dan meningkatkan efektivitas kemampuan pelajar melalui penerapan organisasi yang berdasarkan pertimbangan kesadaran. Karena dengan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi pula, manusia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dibayangkan.

Di satu sisi, teknologi memiliki keuntungan bagi orang yang menggunakannya. Misalkan saja dalam hal berbagi informasi, para pelajar dapat mengakses informasi dunia dengan cepat dan mudah, sehingga mereka dapat menyadari bahwa dunia seakan berada di genggaman mereka. Suatu akses yang tentunya akan memperkaya para pelajar dengan segudang informasi yang dapat memacu motivasi mereka untuk meningkatkan kreativitasnya, khususnya dalam bidang informatika.

Bukan hanya itu, teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki andil yang besar dalam hal sarana pembelajaran. Karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah merasuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan. Suatu hal yang tentunya menjadi gebrakan di dunia pendidikan dalam ajang peningkatan potensi pelajar. Selain itu gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup pelajar yang lebih dinamis. Dengan adanya hal tersebut, maka pelajar senantiasa menghidupkan dan menyalurkan semangat untuk mengeksplorasi ilmu yang belum diketahui.

Cara memanfaatkan teknologi informasi pada bidang masyarakat diantaranya :

  • Teknologi informasi bisa menjadi sumber informasi dan sarana belajar,
  • Bisa menjadi sarana dalam melihat pasar secara lebih luas melalaui produknya,
  • Menumbuhkan semangat kewirausahaan, seperti contohnya bisa menjual produknya melalui jejaring sosial,
  • Membantu masayarakat dalam mengembangkan perdagangannya melalui sistem e-commerce,
  • Meningkatkan informasi kesehatan dalam mewujudkan masyarakat yang makmur.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada masa sekarang ini memegang peranan penting, baik dalam bidang Pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, geografi, agama, dan juga berbagai bidang lainnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu hal yang bisa dijadikan sarana untuk menunjukkan maju atau tidaknya suatu negara. Teknologi Informasi dan Komunikasi dipandang sebagai suatu hal yang dapat mengangkat citra bangsa, negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk memajukan teknologi, informasi dan komunikasi.

Di mana saja kita melihat, membaca saat ini, sulit untuk menghindari tentang IT atau teknologi Informasi dan komunikasi. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas dahulu apa yang dimaksud dengan IT dan internet. Teknologi informasi adalah sama dengan teknologi lainnya, hanya informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Dalam hal ini, Teknologi mengandung konotasi memiliki nilai ekonomi. Teknologi pengolah informasi ini memang memiliki nilai jual, seperti contohnya teknologi data base, dan security. Semuanya dapat dijual.

Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang dalam bentuk CD ROOM. Tumpukan kertas inilah yang anda dapatkan jika anda membeli sebuah teknologi dalam bentuk paten atau bentuk HaKI (Intellectual Property Rights) lainnya.

Kemunculan IT dan internet juga dapat mengubah kultur kita sehari-hari. Dahulu orang dapat bekerja dengan santai. Sekarang dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi, persaingan menjadi global sehingga orang ditantang untuk mengahadapi saingan global. Tadinya, oarng berfikir bahwa adanya computer (internet) dapat membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dan santai. Akan tetapi, kenyataan justru sebaliknya. Kita bekerja lebih lama, bahkan pekerjaan sering dibawa ke rumah. Jika dulu ada istilah “working 9 to 5”, sekarang bekerja “5 to 9”. Tentu hal ini akan berimplikasi pada kehidupan kita.

Ditahun era globalisasi yang semakin meningkat ini, kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan Teknologi Informasi yang semakin berkembang pesat. Disamping itu juga kita harus mememiliki sasaran yang hendak dicapai dari upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Teknologi informasi telah menjadi industri yang utama dan mampu memenuhi kebutuhan yang paling pokok dalam bidang ekonomi serta sumber-sumber daya utama lainnya. Teknologi komputer telah melahirkan satelit komunikasi yang dapat digunakan untuk kepentingan sarana telekomunikasi dan berbagai keperluan lainnya, termasuk untuk kepentingan siaran radio dan televisi. Disamping itu telah muncul berbagai macam sistem penyaluran informasi dengan memanfaatkan saluran pesawat telepon dan teknologi komputer yang menghasilkan video-text, sehingga memungkinkan pemilik pesawat telepon dapat memperoleh ribuan informasi langsung kapan dan dimanapun ia berada. Pengembangan serat optik (fibre optic) telah menghasilkan sistem televisi kabel dengan jangkauan hampir tidak terbatas.

Teknologi elektronika berkembang sangat pesat, menyebabkan dapat diproduksinya bermacam-macam peralatan komunikasi yang relatif murah dengan ukuran kecil, yang dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh masyarakat umum, seperti komputer, radio, pemutar music, TV ukuran saku, kamera video, video game dan berbagai peralatan lainnya yang beberapa diantaranya menggabungkan berbagai fasilitas kedalam satu peralatan multimedia berupa laptop dan handphone.

Seluruh perkembangan tersebut telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berkomunikasi dan mendapatkan serta menyimpan informasi. Kemudahan tersebut lebih didorong lagi oleh perkembangan teknologi informasi khususnya internet, peluncuran WWW (Word Wide Web) pada 1990-an telah membuka babak baru dalam perkembangan internet yang sudah ada sejak 1950-an. Kini, selain digunakan untuk mengakses berbagai informasi, internet juga digunakan sebagai alat pembayaran, perdagangan, pemasaran, pelayanan dan pendidikan yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang merupakan aspek strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang luar biasa, seperti portofolio elektronic, game, dan simulasi komputer, buku digital (e-book), teknologi nirkabel (wireless), surat elektronik (e-mail), pencarian (browsing) informasi, konferensi jarak jauh (tele/ video conference), mobile computing, transaksi perdagangan (e-business), transaksi perbankan (e-banking), pelayanan publik (e-goverment) dan peningkatan kualitas pendidikan (e-learning). Perkembangan teknologi seperti ini telah menimbulkan revolusi komunikasi yang menyebabkan kehidupan masyarakat di berbagai negara tidak bisa terlepas dan bahkan telah ditentukan oleh informasi dan komunikasi. Gejala inilah yang menimbulkan kecenderungan interdependesi global bagi masyarakat antarbangsa.

Cara memanfaatkan teknologi untuk krpentingan masyarakat yang benar adalah:

  1. Penggunaan media komputer dalam pembelajaran siswa-siswi di sekolah. Jadi, para siswa akan mengetahui tentang praktikum sains dari bahan yang diajarkan gurunya melalui media video di komputer.
  2. Adanya pasar online bagi produk pertanian, perikanan, kehutanan, dan kelautan untuk menekan tengkulak
  3. Aplikasi Go-Religion, aplikasi yang mengajarkan para generasi muda untuk kembali menghayati setiap agamanya masing-masing untuk menanggulangi setiap dampak negatif dari globalisasi yang ada saat ini.
  4. Aplikasi Go-Indonesian Culture, aplikasi untuk mengembalikan para generasi muda untuk kembali ke budaya luhur bangsa Indonesia untuk menanggulangi paham-paham buruk yang ada saat ini, seperti paham komunisme, liberalisme, dan kapitalisme.
  5. Pembuatan aplikasi E-Health, aplikasi ini dapat mendorong kemudahan dalam masyarakat untuk akses bidang kesehatan, seperti untuk memudahkan kedatangan ambulance jika dalam keadaan darurat, dokter dapat ke rumah pasien di wilayah terdekat jika pasien tersebut dalam keadaan darurat, dan untuk memberi pengetahuan tentang kesehatan pada masyarakat luas.

Perpustakaan Digital Sebagai Solusi Preservasi Koleksi Perpustakaan dari Bencana Banjir

Sebagai lembaga penyedia informasi, perpustakaan memiliki berbagai jenis koleksi dengan perawatan yang berbeda-beda pula.Koleksi dengan kualitas kertas tebal hingga tipis, serta bentuk yang bermacam-macam dimiliki perpustakaan. Melaluipertimbangan bentukfisik tersebut, maka pustakawan perlu untuk menangani segala kebutuhan perawatan koleksi tersebut. Terdapat salah satu konsentrasi bidang perpustakaan yang mempelajari mengenai bagaimana koleksi dalam perpustakaan dapat dijaga dan dilestarikan. Ilmu tersebut dinamakan Konservasi dan Preservasi Bahan Pustaka.

Sebagai sebuah unit memang sangat dibutuhkan adanya kegiatan preservasi, hal ini dikarenakan tidak selamanya koleksi dalam kondisi baik untuk digunakan. Kegiatan Preservasi melindungi bahan pustaka dari kerusakan dan membuat perlindungan agar tidak ada kerusakan lebih lanjut.Salah satu penyebab kerusakan adalah bencana, bencana umum yang terjadi pada perkotaan adalah banjir. Sudah selayaknya bahwa bencana akan selalu mengakibatkan kerusakan, oleh karena itu perlu penanggulangan bencana pada perpustakaan. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan melalui adanya preservasi digital dan perpustakaan digital.

Preservasi Koleksi pada Perpustakaan

Preservation is the protection of cultural property through activities that minimize chemical and physical deterioration and damage and that prevent loss of informational content. The primary goal of preservation is to prolong the existence of cultural property (The American Institute for Conservation of Historic and Artistic Works (AIC): 2014).

Pengertian oleh AIC ini kontradiktif dengan pendapat yang dikemukakan fatmawati dalam artikelnya yang memberi pengertian bahwa, secara umum preservasi diartikan sebagai pelestarian. Oleh karena pelestarian masih sangat luas cakupannya, maka preservasi ini mencakup semua pertimbangan manajerial dan keuangan termasuk ketentuan penyimpanan dan akomodasi, susunan staf, kebijakan, teknik dan metode pelestarian bahan perpustakaan serta informasi yang terkandung didalamnya (Fatmawati,2018: 17).

Preservasi termasuk layanan teknis dalam perpustakaan, oleh karena itu penjelasan AIC mengenai apa yang dimaksud dengan preservasi juga sudah menjelaskan bagaimana kegiatan preservasi secara keseluruhan.Perpustakaan sebagai salah satu lembaga penaung koleksi memiliki kepentingan untuk dapat menjaga fisik koleksinya.Pendapat ini selaras dengan pernyataan Maha, 2016 yang menyatakan bahwa preservasi mencakup kegiatan yang diambil untuk memperbaiki atau mengatasi bahan yang rusak(retrospektif) serta mencegah atau memperlambat terjadinya kerusakan.Berdasarkan Pemaparan Diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, preservasi pada konteks koleksi merupakan cara teknis dan manajerial menjaga koleksi perpustakaan dari kerusakan dan kemungkinan kerusakan oleh unsur kimia maupun penyebab fisik lainnya.

Dampak Bencana Banjir pada Koleksi Perpustakaan

Bencana tidak dapat dipungkiri akan selalu mengancam selama masih terdapatpotensi bencana pada wilayah tersebut. Salah satu ancaman bencana umum yang mungkinterdapat pada daerah perkotaan adalah banjir. Kurangnya fasilitas penyaluran air mukajalan dan parit-parit yang keberadaannya harus terpotong kebutuhan adanya bangunanperkotaan di atasnya menyebabkan bencana banjir kerap terjadi di daerah perkotaan. Perpustakaan sebagai salah satu instansi milik pemerintah memiliki banyak perabotan serta yang terpenting yaitu koleksi fisik dari perpustakaan itu sendiri akan rentan dengan adanya bencana banjir.Berikut beberapa dampak bencana banjir pada perpustakaan:

  1. Kerusakan fisik total pada koleksi fisik
  2. Perubahan bentuk fisik sebagian maupun keseluruhan yang paten
  3. Kerusakan peralatan dalam perpustakaan penunjang fasilitas penyimpanan koleksi
  4. Kehilangan dan kerusakan lain yang mungkin terjadi dikarenakan adanya air menggenang.

Wani dan Ganaie (2017) pernah melakukan penelitian mengenai seberapa besar kerusakan perpustakaan dan koleksi perpustakaan dikarenakan banjir Kashmir, India Pada tahun 2014. Pada penelitian tersebut menjelaskan bahwa banjir tersebut tidak pernah diprediksi oleh masyarakat Kashmir sehingga beberapa instansi yang juga ada di kota tersebut belum begitu siap dengan adanya kemungkinan bencana banjir dan daerahnya.Terdapat enam instansi yang diteliti memiliki kerugian kerusakan koleksi terbanyak dan dipaparkan dalam artikel tersebut.

kashmir
Gambar 1: tabel data kehilangan koleksi pada tiap institusi selama banjir Kashmir, India

Berdasarkan gambar di atas dapat terlihat bahwa banjir tersebut cukup besar hingga merusakkan sebagian besar dari fisik perpustakaan dan isi di dalamnya. Selain intensitas banjir yang besar, belum ada sistem penanganan bencana pada saat itu sehingga kerusakan hampir merata pada instansi dalam kota.Kerusakan cukup luas sehingga dapat dikatakan banjir bukan hanya merusak koleksi, lebih dari 30% dari total koleksi buku hilang dikarenakan tersapu banjir.

Perpustakaan Digital Sebagai Solusi Preservasi Koleksi Perpustakaan dari Bencana Banjir

Banjir memberikan kerugian pada keberlangsungan koleksi dalam perpustakaan.Selanjutnya, masih dalam artikel oleh Wani dan Ganaie (2017)mereka menjelaskan beberapa temuan yang bisa menjadi salah satu solusi yaitu melalui digital preservation atau preservasi digital.

Among the examined libraries, only SPS library and S.P. College libraries were found to have digitized their rare books collection and had kept proper backup of the same. Rest of the libraries (eight) had not taken such initiative.
(Wani dan Ganaie, 2017: 72)

Berdasarkan pernyataan tersebut,Perpustakaan SPS dan Perpustakaan Universitas S.P yang sudah melakukan digitalisasi pada koleksi khusus mereka serta mempersiapkan pengembalian datanya. Oleh karena itu, dilaporkan bahwa Perpustakaan SPS dan Perpustakaan Universitas S.P tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan pada perpustakaan nya dan dalam perbaikan masih dapat melakukan pelayanan walaupun tidak menyeluruh. Hal ini membuktikan bahwa preservasi koleksi dalam bentuk digital bisa menjadi solusi pencegahan kerusakan koleksi fisik akibat banjir.Perpustakaan masih dapat membuat salinan dari bentuk digitalnya untuk penciptaan bentuk fisik koleksi itu lagi.

Adanya koleksi dalam bentuk digital hasil observasi juga memunculkan pilihan jenis perpustakaan yang lain yaitu perpustakaan digital. Pada era industri 4.0 saat ini,kebutuhan masyarakat akan informasi sudah banyak ditunjang oleh internet. Hal ini bisa menjadi kemudahan serta kesulitan juga, seluruh masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi yang beredar luas di internet namun kesulitan dalam memilih mana informasi yang memang baik dan terpercaya.Perpustakaan digital hadir sebagai penyaring informasi pada internet dan menjadi penyedia informasi bermutu serta terpercaya di tengah arus informasi yang sangat deras.

Ide preservasi digital sudah membentuk bagaimana perpustakaan digital tersebut dapat berjalan.Melalui koleksi yang sudah beralih media maka semakin menunjang terbentuknya perpustakaan digital dengan berbagai koleksinya.Perpustakaan digital bisa berlokasi dimana saja, tidak mengenal waktu dan ruang. Bahkan penggunaan perpustakaan digital bisa dari rumah masing-masing pemustaka. Melalui gadget dan koneksi internet maka akses terhadap perpustakaan digital dapat dilakukan.Bentuk perpustakaan yang di atas awan (cloud system) tidak rentan dengan adanya bencana. Melalui sistem teknologi informasi yang semakin berkembang bisa meminimalisir adanya kerusakan koleksi.

Kesimpulan

Preservasi dan Konservasi merupakan kegiatan teknis perpustakaan dengan tujuan utamanya memberikan perlindungan pada koleksi perpustakaan.Salah satu solusi untuk melakukan preservasi adalah program alih media dari fisik menjadi digital.Kegiatan ini disebut preservasi digital. Preservasi digital juga menumbuhkan ide untuk membuat perpustakaan di atas awan (cloud system) yang jauh dari kerentanan bencana alam. Perpustakaan digital bisa menjadi solusi preservasi koleksi perpustakaan. Pihak Perpustakaan juga harus memperhatikan bagaimana pelestarian koleksi tersebut apabila sudah dialihmediakan. Tulisan ini masih menjadi bagian kecil dari penelitian lain yang bisa berkembang lebih baik. Kritik dan saran sangat terbuka demi kebaikan pengembangan keilmuan ranah kepustakawanan.