Bagaimana cara memandikan burung lovebird ?

image

Bagaimana cara memandikan lovebird yang baik dan benar?

Cara memandikan lovebird yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  1. Sekitar jam 7 pagi lovebird di angin-angin diteras selama kurang lebih 20 menitan agar kondisi tidak kaget setelah keluar dari kerodong (istirahat). Jika dari pagi sudah di angin-angin maka langsung dimandikan tidak masalah langsung mandikan saja. Memandikan lovebird juga bisa dilakukan malam hari jika sedang over birahi atau sedang terapi. jam 7-9 malam biasanya.

  2. Gunakan sprayer (semprotan) atau mandi keramba. Tetapi rata-rata menggunakan sprayer, karena hanya sedikit sekali lovebird yang mau mandi keramba. Semprot dari arah yang disuka lovebird, atas, bawah, samping bebas.

  3. Untuk lovebird muda semprot sampai basah kuyup dan benar-benar basah, ini membantu lovebird muda agar mengeluarkan karakternya. Mandi basah kuyup bagi lovebird muda dipercaya mampu meningkatkan stamina dan membuat lovebird rajin bunyi. Jika lovebird dewasa yang tidak over birahi mandikan hanya sekedar basah saja.

  4. Biarkan terlebih dahulu sampai air di bulu lovebird berjatuhan semua lalu jemur sampai kering, karena jika masih banyak airnya bulu akan mudah pecah. Penjemuran yang baik maksimal sampai jam 10 pagi.

  5. Untuk lovebird muda setelah kering bisa dimandikan lagi dan jemur sampai jam 12 siang.

  6. Lovebird digantang ditempat biasanya dan biarkan rilex sabil bisa diperdengarkan suara masteran lovebird agar ngekeknya bisa panjang.