Bagaimana cara memaksimalkan sebuah SEO website?

Saya ingin bertanya mengenai SEO. Jika kita memiliki sebuah bisnis dan ingin memasarkan secara online, maka salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif saat ini adalah dengan memanfatkan mesin pencari, seperti contoh Google Bila website/ blog kita masuk dalam 10 besar hasil pencarian google untuk kata kunci yang kita cari, dapat dipastikan bahwa pengunjung website kita akan banyak berasal dari search engine dan kemungkinan besar mereka akan membeli produk atau menggunakan jasa yang kita jual melalui website kita. Lalu pertanyaannya adalah kira-kira bagaimana cara kita mengoptimalisasikan peran SEO untuk dapat mendukung penjualan produk kita?

Menurut pendapat saya, Pemasaran melalui search engine optimization boleh dibilang sebagai teknik pemasaran yang paling elit dan efektif karena gratis dan konversinya biasanya tinggi. Seperti yang disampaikan oleh google 2018 bahwa:

Optimalisasi mesin pencari sering membuat modifikasi kecil pada bagian-bagian situs web Anda. Jika dilihat secara individual, perubahan ini mungkin tampak seperti peningkatan bertahap, namun bila digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, mereka dapat memiliki dampak nyata pada pengalaman dan kinerja pengguna situs anda dalam hasil penelusuran normal

Untuk membantu website kita masuk dalam 10 besar hasil pencarian google, bukanlah hal yang mudah dan bukan hal yang terlalu sulit juga. Sudah banyak informasi di internet yang membahas tips dan triks agar sebuah situs optimal di search engine terutama google. Beberapa informasi ada yang memberikan tips optimasi On Page dan ada juga yang memberikan tips optimasi Off Page. Berikut saya coba merangkum secara garis besar, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan SEO (search engin optimization) sebuah website/ blog menurut google agar lebih maksimal:

  1. Jangan memblokir situs anda

  2. Jangan bingung atau mengganggu pengunjung website dengan fitur animasi tambahan yang ada pada website anda

  3. Jangan menghalangi Google untuk mengeksplor sumber daya di situs Anda atau membuat elemen tertentu di laman Anda

  4. Buatlah desain responsif yang bekerja pada mobile dan desktop

  5. Jadilah yang terdekat untuk target pelanggan anda

  6. Geotarget situs anda di Search Console AKA Google Webmaster Tools (kecuali Anda memiliki domain khusus negara)

  7. Letakkan frase kata kunci anda setidaknya satu kali di Elemen Judul Halaman

  8. Letakkan frase kata kunci anda setidaknya satu kali di Konten Utama di halaman (minimal satu kali dalam salinan halaman (dalam tag Paragraf)

  9. Hindari isian kata kunci konten utama

  10. Optimalkan deskripsi meta Anda agar memiliki cuplikan SERP yang mudah diklik

  11. Pastikan konten utama halaman berkualitas tinggi dan ditulis oleh seorang profesional

Beberapa hal diatas mungkin dapat membantu mengoptimalisasi SEO pada website atau blog kita. Akan tetapi jika dilihat menurut saya ada sisi negatif dari penggunaan SEO ini. Mungkin konten website atau privasi dalam website kita akan diketahui oleh google karena google akan mencoba masuk dan melakukan perubahan pada website kita, akan tetapi disisi lain pengelolaan website kita juga meningkat. Semoga dapat membantu :grin: