Bagaimana Cara Memakai Lulur Badan dan Lulur Wajah dengan Benar

Kita pasti mandi setiap harinya, bahkan rata-rata orang Indonesia mandi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore atau malam hari. Selain itu memakai lulur juga sering dilakukan, Bagaimana cara yang benar?

1. Buat/Beli Lulur

Langkah pertama untuk luluran tentu saja dengan memiliki lulur terlebih dahulu. Di pasaran Indonesia tidak sulit mencari body scrub, karena kebanyakan orang Indonesia ingin memiliki warna kulit yang lebih cerah. Padahal, memutihkan kulit bukan tujuan utama body scrub, dan tidak mungkin juga kulit dapat menjadi lebih pale. Yang terjadi setelah Anda luluran adalah, kulit menjadi lebih ringan dan terlihat cerah karena sel kulit mati terangkat.

Anda dapat membeli dan mencari tahu aneka lulur badan yang bagus melalui artikel lulur pengantin dan lulur yang bagus. Atau, Anda bisa juga membuat lulur alami sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang dijelaskan pada artikel ini.

2. Gunakan Minyak Zaitun

Jika Anda datang ke salon atau spa, sebelum dilulur Anda pasti di-massage terlebih dahulu menggunakan minyak. Sebenarnya jenis minyak untuk pijat ada bermacam-macam, tapi yang paling populer adalah minyak zaitun atau olive oil.

Tujuan penggunaan olive oil adalah untuk membuat Anda lebih rileks dan pori-pori Anda jadi lebih terbuka berkat pijatan. Sehingga, lulur dapat mengangkat segala kotoran hingga di pori-pori terdalam Anda. Tapi, jika Anda tidak punya banyak waku, Anda bisa saja meng-skip bagian ini.

3. Tunggu Minyak Zaitun Meresap

Tunggulah beberapa saat setelah massage hingga minyak zaitun lebih meresap ke dalam kulit. Tapi, jika Anda melewati bagian nomor 2, maka hal ini pun tentunya bisa Anda skip. Kenapa Anda perlu menunggu? Karena jika Anda langsung mengaplikasikan lulur, maka lulur akan menjadi sulit ‘kering’, sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan scrubbing.

4. Balurkan Lulur

Cara memakai lulur sangat mudah sekali, tapi kadang orang malas melakukannya sendiri. Mungkin karena sulit mencapai bagian punggung dan capek menggosok scrub-nya. Tapi, kalau Anda melakukannya sendiri di rumah, Anda hanya perlu mengambil lulur secukupnya pada telapak tangan, lalu balurkan dan gosok pada kulit hingga rata. Balurkan lulur dari leher hingga kaki tanpa ada yang ketinggalan.

Setelah itu, tunggu beberapa menit hingga lulur agak mengering, dan gosoklah tubuh Anda hingga scrub luruh semua. Scrub yang jatuh tersebut sudah mengandung kotoran dan sel kulit mati dari tubuh Anda, sehingga wajar jika warnanya berubah menjadi agak gelap. Itu untuk lulur jenis scrub.

Jika Anda menggunakan lulur cair atau lulur kocok, Anda tidak perlu menggosoknya seperti saat Anda luluran dengan body scrub. Cara menggunakan lulur cair bisa dengan tangan atau pun menggunakan kuas. Setelah menunggu lulur mengering, Anda bisa menggosoknya perlahan agar lulur rontok atau pun langsung dibilas menggunakan air.

Sumber : https://bacaterus.com/cara-memakai-lulur/