Bagaimana cara memadatkan bedak yang hancur tanpa alkohol?

Bagaimana rasanya bedak kesayangan pecah karena terjatuh? Pasti sedih dan kesal, apalagi kalau bedaknya masih baru. Walaupun sudah diapik-apik, setidaknya para pemilik compact powder pasti pernah mengalami hal seperti ini. Bagaimana cara memadatkannya?

image

  1. Siapkan Bedak yang Pecah
    Dalam cara memadatkan bedak yang hancur tanpa alkohol, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bedak yang pecah. Rapikan bedak yang berceceran menggunakan tisu atau cotton bud.

  2. Hancurkan
    Setelah dikumpulkan, hancurkan bedak Anda menggunakan pinset, spatula make up, cotton bud, ujung make up brush, atau jari yang dilapisi tisu. Loh, kok, orang mau membetulkan bedak yang pecah malah dipecahkan lagi? Hihi, tenang saja, memang seperti ini lah prosedurnya. Jika Anda langsung menyatukan area bedak yang pecah saja, nanti hasil akhirnya tidak akan bagus. Anda bisa menghancurkan bedak langsung di tempatnya atau pun memindahkannya terlebih dahulu ke kantung plastik. Akan tetapi, jika Anda memindahkan bedak ke plastik akan jauh lebih mudah lagi untuk melembutkan bedaknya, karena Anda bisa menggunakan alat yang lebih besar, yaitu sendok. Pokoknya Anda harus menghancurkan bedak hingga sangat halus (tidak ada gumpalan yang besar-besar lagi, semuanya rata).

  3. Air
    Air termasuk dalam cara memadatkan bedak yang hancur tanpa alkohol. Logikanya bedak padat yang hancur harus diberi sesuatu yang basah supaya bisa merekat lagi, kan? Jika tidak mau pakai alkohol, Anda bisa menggunakan sedikit air. Ingat, hanya sedikit saj. Tetesi bedak yang pecah dengan air perlahan-lahan. Setelah dirasa cukup, ratakan dan tekan-tekan bedak menggunakan sendok. Jika sudah rapi, tutup permukaan bedak dengan tisu kering, tekan-tekan lagi menggunakan sendok kering. Angkat tisu, lalu tunggu bedak mengering sebelum Anda menutup kemasan bedak

  4. Tisu Basah
    Jika cara memadatkan bedak yang hancur tanpa alkohol di atas menggunakan air dan tisu kering, sekarang kita akan menggunakan tisu basah. Langkahnya kurang lebih sama dengan cara di atas, bedanya Anda tidak perlu meneteskan air pada bedak.
    Setelah bedak yang pecah dirapikan, Anda langsung tekan-tekan bedak menggunakan tisu basah. Anda bisa menekannya menggunakan jari atau pun sendok. Angkat tisu, lalu biarkan bedak mengering.

  5. Setrika
    Setrikaan tidak hanya bisa dipakai untuk merapikan pakaian, loh. Karena, setrika juga termasuk dalam cara mengembalikan bedak yang pecah. Logikanya, bedak yang pecah dapat dipadatkan kembali dengan tekanan. Nah, panas yang dihasilkan setrikaan dapat membuat bedak yang pecah kembali menyatu.

  • Langkah pertama, nyalakan setrikaan, atur panas hingga mendekati maksimal. Kedua, keluarkan “loyang” bedak yang berwarna silver, karena jika Anda langsung menekan bedak pada tempatnya, nanti casing terluar bedak bisa meleleh karena terbuat dari plastik. Jika Anda kesulitan mencongkel loyang bedak, selipkan pisau kecil di bibir loyang, lalu cungkil keluar.
  • Ketiga, matikan setrikaan yang tadi sudah dipanaskan. Jika setrika Anda ada tempat penyimpanan airnya, usahakan tertutup karena yang kita butuhkan adalah panas kering, bukan panas lembab. Keempat, tekan bedak sekeras mungkin menggunakan setrika selama 15 detik. Jangan gerakkan setrikaan kemana-mana, cukup tekan saja di satu tempat.
  • Kelima, angkatlah setrikaan setelah 15 detik. Tunggu sesaat sebelum Anda menempelkan setrika lagi untuk kedua kalinya. Kali ini sama, waktu yang dianjurkan hanyalah 15 detik saja. Sebelum loyang bedak ditempelkan kembali pada casing-nya, tunggu bedak mendingin terlebih dahulu. Jangan lupa beri lem tembak atau double tape di bawah loyang agar dapat menempel dengan casing bedak.

Sumber: