Bagaimana Cara Melatih Otak Kita Agar Bahagia?

Apakah otak Anda menghasilkan pikiran bahagia atau tidak bahagia?

Terkadang kita mengira, pengaruh gen lah yang menentukan tipe seseorang. Namun, itu bukan sepenuhnya benar. Terkadang kita begitu asyik dengan mengikuti arus sehingga kita lupa kalau kita memiliki kekuatan untuk menjadi orang yang kita inginkan.

Jadi jika kebahagiaan adalah apa yang Anda cari, ketahuilah bahwa dengan melatih otak Anda, Anda dapat memprogram pikiran Anda untuk membuat Anda bahagia. Jadi bagaimana melatih otak anda utuk menjadi bahagia ?

Seringkali manusia merasa bahagia karena keadaan di sekitarnya. Di tempat kerja semuanya berjalan lancar dan seorang teman membuat Anda tertawa dengan banyolannya, Anda merasa senang sepanjang hari. Sebaliknya bila ada seseorang yang membuat Anda marah dengan tingkahnya yang tengik, Anda merasa kesal seharian. Namun para pakar psikologi percaya bahwa kebahagiaan sesungguhnya adalah sifat yang dapat dipupuk karena terbentuk dari serangkaian kebiasaan yang dijalankan sehari-hari.

Ada beberapa cara untuk melatih pikiran kita untuk selalu bahagia yaitu :

Memilih seberapa bahagianya Anda.

Bagaimana caranya ? Dengan menggunakan jenis pemikiran yang Anda buat sendiri. Pikiran positif membuat Anda bahagia, sementara pikiran negatif membuat Anda tidak bahagia.

“Saya sangat gemuk.” - Itu adalah pikiran negatif yang membuat Anda merasa tidak berdaya.
“Saya tidak akan pernah mencapai ini.” - Pikiran negatif lainnya.
“Saya suka menghabiskan waktu dengan pasangan saya.” - Pikiran positif yang membawa Anda perasaan baik.

Semakin baik jenis pikiran positif yang anda pilih maka akan semakin bagus. Tapi pertanyaan selanjutanya adalah bagaimana Anda bisa menghasilkan lebih banyak pemikiran positif sehingga Anda lebih bahagia?

Anda bisa melatih otak Anda untuk memikirkan pikiran bahagia.

Dengan melatih otak Anda untuk berpikir lebih positif daripada negatif, Anda akan menjadi lebih bahagia. contohnya.

Pernahkah Anda memperhatikan, beberapa orang merasa buruk tentang diri mereka sendiri saat seseorang mengkritik mereka, sementara yang lain sepertinya tidak peduli?

Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah reaksi Anda terhadap kritik merupakan kebiasaan-kebiasaan berpikir.

Jadi beberapa orang biasa melakukannya dan merasa tidak bahagia, sementara yang lain biasanya acuh tak acuh dan tetap bahagia.

Bukan hanya soal kritik namun tetntang segala hal. Bagaimana Anda bereaksi terhadap pujian, bagaimana Anda bereaksi terhadap driver yang buruk, bagaimana reaksi Anda saat Anda merasa terancam atau dimanfaatkan.

Dengan secara aktif memilih pemikiran yang berbeda, Anda bisa memperkuat kebiasaan berpikir positif dan mengurangi kebiasaan berpikir negatif.

Tapi bagaimana dengan kejadian yang memang negatif ? Apakah ini berarti Anda harus menolak kebenaran dan memakai kacamata buta ? Jawabannya adalah Tidak.

Anda bisa berpikir positif dan tetap bersikap realistis.

Beberapa orang menyamakan perilaku “berfikir positif” seperti saat kita menolak kenyataan. Bukan itu yang saya maksudkan.

“Saya sangat tidak layak” - sebuah pemikiran negatif yang membawa perasaan buruk.
“Saya sangat tidak layak tapi sekarang saya berolahraga dan saya semakin bugar setiap hari!” - dimulai sebagai pemikiran negatif, namun kemudian dipelintir menjadi pemikiran positif.

Hasilnya ? Satu langkah lebih dekat untuk kebahagiaan!

Anda lihat, kata “tapi” itu ajaib: ini membuat pikiran Anda tetap realistis, tapi tidak lagi membuat Anda tidak bahagia!

Tambahkan “tapi” untuk mengubah ketidakbahagiaan Anda menjadi kebahagiaan.
Jika Anda bisa menambahkan “tapi” ke setiap pikiran negatif yang Anda hasilkan, Anda bisa mengubah semua pikiran negatif menjadi hal-hal positif.

Hasilnya ? Anda bisa mengubah semua ketidakbahagiaan Anda menjadi kebahagiaan!

Beberapa contoh:

“Saya merasa tidak akan pernah menurunkan berat badan” menjadi “Saya merasa tidak akan pernah menurunkan berat badan, tapi saya tahu ada orang lain yang dulu persis seperti saya dan dapat mewujudkannya!”

“Saya tidak akan pernah menemukan cinta” menjadi "Saya tidak akan pernah menemukan cinta jika saya tetap tinggal di rumah seperti saya sekarang. Tapi jika saya akan mulai keluar lebih banyak, keberuntungan saya mungkin akan berubah. "

“Saya tidak akan pernah melunasi hutang ini” menjadi “Saya tidak akan pernah melunasi hutang ini, tapi saya bisa membayar sebagian dari hutang itu jika saya mulai menabung $ 100 lebih banyak setiap bulannya.”

Lihat seberapa kuat kata “tapi” itu? Ini seperti memiliki tongkat ajaib kebahagiaan!

Semakin Anda terbiasa menambahkan “tapi,” hasil kebahagiaan yang lebih baik yang Anda dapatkan.

Awalnya kamu butuh latihan menambahkan “tapi” pada pikiran negatif anda, namun pikiran negatif muncul secara alami saat Anda baru memulai.

Tetapi, semakin Anda melakukannya, semakin banyak otak Anda menciptakan jalur saraf yang membangun kebiasaan berpikir “tapi” secara otomatis setiap kali Anda berpikir negatif.
Teknik “tapi” ini benar-benar akan mengubah struktur otak Anda dan meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda secara dramatis.

Mengapa penegasan bisa membuat Anda tidak bahagia.

Banyak orang mencoba melompat ke pikiran bahagia langsung dari pemikiran yang tidak menyenangkan itu. Jadi, alih-alih berpikir “” Saya sangat tidak sehat, tapi sekarang saya berolahraga dan saya semakin bugar setiap hari", mereka akan berpikir " saya fit ". Mereka melompat dari “Aku tidak sehat” menjadi “saya fit”.

Sama seperti orang miskin membuat afirmasi “Saya kaya”. Masalahnya adalah biasanya “pikiran bahagia” tersebut bukanlah pikiran yang benar-benar membahagiakan. Terkadang malah membuat Anda tidak bahagia. Mengapa? Karena Anda tidak mempercayainya. Jika Anda yakin Anda tidak layak, Anda tidak bisa membodohi diri Anda dengan percaya bahwa Anda fit. Namun, Anda bisa percaya bahwa Anda bisa bugar.

Dan karena itulah teknik “tapi” bekerja sangat bagus. Jadi, apa pikiran negatif bahwa Anda bisa berubah menjadi orang yang positif dengan penggunaan sederhana dari “tapi” dan Bagaimana Anda akan mulai melatih otak Anda untuk menjadi bahagia hari ini?

Source : http://www.lifehack.org/articles/communication/how-train-your-brain-happy.html

Ilmu tidak hanya datang dari bentuk buku atau pelajaran disekolah. Sejak masa kecil kita, otak kita dilatih oleh pengalaman hidup kita. Pada tingkat yang sangat mendasar, kita belajar bahwa itu menyakitkan, saat kita menyentuh sesuatu yang panas dan kita belajar bahwa ada tipe orang yang bisa kita percaya dan yang lainnya yang tidak kita bisa. Pelatihan otak ini tidak berhenti saat kita bertambah tua, karena kita selalu belajar hal-hal yang baru setiap harinya. Anda masih bisa melakukan langkah positif untuk melatih kembali otak Anda, yang akan membuat Anda berpikir secara berbeda. Berikut adalah cara bagaimana Anda bisa melatih otak Anda sendiri untuk bahagia.

1. Bersyukurlah selama 10 menit
Mungkin Anda berpikir, ‘saya ingin bahagia bukan membuang-buang waktu saya’. Namun, 10 menit rasa syukur setiap hari bisa sangat mengubah hidup Anda! Pada saat ini gaya hidup yang sibuk, orang memiliki kebiasaan berlarian dan serba cepat, melakukan apa yang mereka lakukan dan lupa berhenti untuk merasa bersyukur. Anda bisa mulai dengan mengajar otak Anda untuk mencari hal-hal baik dalam hidup, hanya dengan meluangkan waktu untuk mencatat apa yang Anda miliki, daripada yang tidak Anda miliki. Penelitian telah menunjukkan bahwa, jika Anda menyisihkan sepuluh menit sehari untuk mencantumkan hal-hal yang berjalan dengan baik pada hari itu, hal-hal yang Anda syukuri untuk keluarga, teman, kesehatan, pengetahuan Anda, bakat Anda, dll., Maka ini bisa memiliki efek yang nyata pada pandangan mental Anda, ini akan membantu ‘menginstal’ sikap mental positif ke dalam kebiasaan Anda sehari-hari dan membuatnya bekerja secara alami dan otomatis. Dengan mernghargai hal-hal yang kecil, Anda akan dapat melihat sisi positif dari semua pekerjaan.

2. Terimalah kenyataan, tapi pertahankan sikap mental positif
Anda tidak harus berpura-pura bahwa segala sesuatu di taman itu cerah untuk mempertahankan sikap mental positif. Jika Anda selalu pergi ke dunia yang membuat Anda nyaman, ketika Anda kembali ke kenyataan Anda akan kaget dan mulai panik. Hal tersebut dapat merusak mental Anda. Menerima kenyataan adalah selangkah lebih dekat dengan kebahagiaan.

3. Jangan membandingkan, terinspirasi oleh kesuksesan orang lain
Perbandingan dan inspirasi adalah dua jenis getaran yang berbeda, satu negatif dan yang lainnya saling menguatkan dan positif. Dapatkan inspirasi dari orang-orang yang lebih sukses dari Anda, daripada membandingkan diri Anda dengan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang terus-menerus membandingkan diri mereka dengan orang lain yang jauh lebih baik, daripada diri mereka sendiri adalah orang yang paling tidak bahagia. Tidak ada gunanya membandingkan hidup Anda dengan multi jutawan dan merasa frustrasi. Sebagai gantinya, lihat dari mana asalnya, mungkin dulu dia berada dalam kesengsaraan total dan dia bisa melakukan terobosan besar dan mewujudkan mimpinya. Jika dia bisa melakukannya, Anda juga bisa; terinspirasi oleh kisah hidupnya, bukannya membandingkannya.

4. Menilai kembali masa lalu Anda
Bagaimana Anda menulis riwayat hidup Anda sendiri dapat mempengaruhi cara berpikir Anda hari ini. Psikiater berusaha membuat orang yang depresi untuk menulis ulang sejarah kehidupan mereka sendiri, berkonsentrasi pada hal-hal baik yang terjadi, bukan yang buruk dan ini bisa membantu seseorang mencapai pandangan yang lebih positif dan bahagia. Seringkali ketika kita mengunjungi masa lalu,
kita menemukan bahwa, bahkan selama saat-saat terburuk dalam hidup kita, sesuatu yang baik akhirnya berasal darinya. Namun Anda tidak perlu menulisnya, mulalilah mengingat masa-masa terbaik Anda.

Sumber: https://www.beautyandtips.com/motivation/9-powerful-tips-on-how-to-train-your-brain-to-be-happy/

1. Selalu bersyukur setiap hari

Tempatkan jurnal Anda, buku catatan dan pena atau telepon Anda di samping tempat tidur Anda setiap malam. Saat Anda bangun setiap pagi, biasakan menulis setidaknya tiga hal yang Anda syukuri. Bisa jadi apa saja dari keluarga, bekerja ,istirahat malam yang nyenyak atau matahari terbit pagi. apa pun yang positif dalam hidup Anda patut mendapat sedikit terima kasih dari anda.

Saat perhatian difokuskan pada rasa syukur, apa yang kita syukuri akan berkembang dan membuat kita menjadi lebih menghargai hidup.

Jika sulit memikirkan sesuatu dengan segera, sadarilah bahwa sesuatu HANYA terjadi bahwa Anda dapat bersyukur untuk … Anda terbangun hari ini. Tidak semua orang mendapat kesempatan itu.

2. tetap TERPUSAT

Tetap terpusat sepanjang hari akan membantu Anda terhindar dari energi negatif yang mencoba mengkonsumsi sikap percaya diri dan positif Anda. Anda dapat menemukan keseimbangan dalam banyak kegiatan, seperti yoga, meditasi, pernapasan dalam, berjalan di alam atau aktivitas lain yang membuat pikiran Anda beristirahat.

Energi menenangkan yang dihasilkan dari latihan keterpusatan yang baik mengelilingi tubuh, membawa semangat yang tak tergoyahkan yang pasti akan membantu Anda tetap positif.

“Di dalam dirimu, ada keheningan dan tempat suci dimana Anda dapat mundur kapan saja dan menjadi diri sendiri.” - Hermann Hesse

3. tetap AKTIF

Pepatah “bengong adalah tempat kerja iblis” itu sangat benar. Ketika pikiran terfokus pada menyelesaikan jadwal hari dengan sukses, energi negatif tidak berdaya. Sekarang Anda mungkin bertanya “tapi bagaimana dengan ocehan dari orang lain atau pengalaman yang menjadi asam?”

Selalu ada hal-hal yang mungkin muncul saat Anda tetap aktif dan fokus pada menyelesaikan hari Anda secara positif, tapi disitulah latihan lain seperti tetap berpusat pada akhirnya akan membantu Anda tetap positif.

4. makan,minum bergizi & tidur yang berkualitas

Sudah diketahui ratusan tahun bahwa asupan makanan, air, dan tidur kita bisa sangat mempengaruhi mood dan kesehatan mental kita. Sebuah penelitian menemukan bahwa hanya kekurangan vitamin dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental yang dapat menyebabkan stres, kecemasan, depresi, kecanduan dan gangguan psikologis lainnya.

Dan ketika tidur, bukti menunjukkan bahwa ketika orang kurang tidur, mereka merasa lebih mudah tersinggung, marah dan bermusuhan. Memilih tidur nyenyak daripada begadang semalaman membuat Anda akan merasa lebih bahagia, lebih ramah, dan lebih segar setiap hari. Tambahan pada rutinitas Anda seperti ini bisa membuat perbedaan besar. Konsumsilah makanan utuh, banyak minum air putih, dan tidurlah 8 jam atau lebih sesering mungkin.

5. MEMBANTU ORANG LAIN

Terkadang, cara terbaik untuk membantu diri Anda tetap positif sepanjang hari adalah membantu orang lain tetap positif juga. Ketika orang lain turun, saat itulah mereka sangat membutuhkan kepositifan dari orang lain. Alih-alih menghindari energi negatif mereka karena takut menyebar ke Anda, lompatlah terlebih dahulu dengan pola pikir positif Anda dan bantulah memberikan cahaya untuk mencerahkan hari mereka! Anda akan membuat lingkungan disekitar anda menjadi positif dan kepositifan tersebut akan kembali ke anda sepuluh kali lipat

6.SUBCONSCIOUS RE-TRAINING DAN INNER HEALING WORK

Terkadang, untuk memiliki pengalaman positif di dunia luar, kita harus berbicara dan melepaskan pengalaman negatif masa lalu yang terjebak di dalam. Latihan seperti mengetuk, penegasan, NLP dan berbicara dengan cermin adalah cara yang bagus untuk memulai. Pengeksploran diri dari dalam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka yang bisa diciptakan dari masa kecil kita, hubungan yang buruk, atau pengalaman traumatis.

"Faktanya adalah, Anda bisa mengubah hidup Anda. Anda benar-benar memiliki kekuatan itu. "

Ketika kenangan buruk diselimuti oleh cinta dan energi positif, luka emosional dapat disembuhkan dan ketakutan dilepaskan. Pekerjaan ini akan membantu Anda tidak hanya mencapai pola pikir positif sejati tanpa fasad, namun membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan satu gerakan maju.

7. IKUTI PASSION ANDA
Salah satu hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk tetap positif sepanjang hari adalah memastikan Anda melakukan apa yang Anda cintai! Jika pekerjaan atau hobi Anda melibatkan sesuatu yang membuat Anda merasa bersalah, atau sesuatu yang membawa Anda lebih jauh dari tempat yang Anda inginkan berada dalam kehidupan, saatnya untuk melepaskannya.

Tuliskan tiga hal yang Anda sukai, diikuti oleh tiga perubahan positif yang ingin Anda lihat di dunia ini. Bandingkan dengan gaya hidup Anda saat ini dan lihat bagaimana mereka cocok. Berada dalam selaras dengan apa yang dipanggil oleh jiwa Anda adalah salah satu aspek terpenting

Sumber : https://www.powerofpositivity.com/7-tips-how-to-train-your-brain-to-stay-positive/

8 Tips untuk membuat otakmu menjadi ceria

1. Hitung nikmat-Nya yang ada padamu : syukuran 10 menit

Merenungkan nikmat Allah Swt yang ada pada dirimu selama 10 menit cukup untuk mengubah hidupmu dengan dahsyat!!.

Dalam kehidupan yang modern ini,orang-orang hanya memikirkan kesenangan dan terbenam dalam kesibukan pekerjaan mereka, dan lupa untuk bersyukur.

Kamu bisa memulainya dengan memikirkan sekian banyak hal yang ada padamu dan kamu miliki daripada memikkirkan segala sesuatu yang dimiliki orang lain dan tak kamu miliki.Penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut akan membuat mentalmu segar kembali dan kamu akan berusaha memperbaiki kebisaaanmu kedepannya.

2. Setiap kamu berpikir negatif tentang suatu hal,pikirkan kata berikut : “lalu apa?”

Cobalah untuk membalas segala pikiran negative yang lewat di benakmu dengan kata “lalu apa?”.

Contohnya pada saat kamu berpikir :

“Aku tidak akan pernah bertemu orang sebaik dia lagi”

-balas pikiran negatif tersebut dengan berkata

“lalu apa?”

“aku tidak akan bertemu orang sebaik dia lagi karena aku akan bertemu dengan orang-orang yang jauh lebih baik lagi.”

Saat kamu merasa mentalmu sedang down kamu bisa memulai memikirkan masalah tersebut dengan cara pandang yang berbeda;dan kamu akan merasakan hebatnya dirimu dalam meramal masa depan cerah yang akan menantimu!.

3. Terimalah takdir,serta peliharalah sikap yang baik

Jangan berpikir bahwa sikap yang baik ialah serupa dengan taman penuh mawar yang selalu indah setiap waktu.

Ini adalah cara lain untuk menggunakan sihir “lalu apa” yang tadi.

Contohnya,

“aku tidak punya biaya untuk pindah rumah tahun depan”.

Terimalah kenyataan ini dahulu,lalu beripkir seperti ini

“Tentu aku tidak dapat pindah tahun ini,namun selama setahun tersebut aku akan menabung untuk persiapan pindah ke tempat yang jauh lebih bagus nantinya.”

4. Daripada Membandingkan,jadikan inspirasi

Membandingkan dan Terispirasi adalah dua hal yang berbeda.Yang satu merupakan pikiran negatif dan yang satu lagi adalah pikrran positif.

Apabila ada orang yang lebih baik darimu dalam suatu hal,jadikanlah ia sebagai inspirasi daripada hanya memikirkannya selama berhari-hari dengan membandingkan dia dengan dirimu.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering membandingkan kelebihan orang lain dengan kelemahan dirinya cenderung merasa tidak bahagia.Tidak ada gunanya membandingkan kehidupanmu dengan seorang milyarder diluar sana.

Lebih baik, cari tahu darimana ia berasal,bagaimana kehidupannya di masa lalu,barangkali ia sengsara di masa kecilnya sehingga ia memerlukan perjuangan yang tidak sedikit untuk mencapai kesuksesannya kini.

Jika ia dapat melakukannya, kamu pasti juga bisa melakukannya; jadikanlah ia sebagai inspirasi bagimu daripada membandingkannya dengan dirimu.

5. Baca buku-buku yang menginspirasimu

Sama seperti sedang sekolah,kamu bisa membaca buku untuk mengisnpirasimu.

Bacalah buku tentang kisah perjuangan seseorang,baik legenda maupun kisah asli.

Pahami perjuangannya ketika masih sengsara,mencari dan memanfaatkan setiap peluang,lalu kamu bisa memikirkan untuk memikirkan kesuksesanmu kedepannya daripada memikirkan segala bencana dan hal negatif lainnya.

6. Caramu berpikir adalah kebiasaanmu,dan kamu dapat mengubahnya

Jika saat masih balita kamu hobi menghisap jempol,atau saat remaja kamu hobi merokok-mungkin sekarang sudah tidak lagi,dengan demikian,kamu telah berhasil menghilangkan kebiasaan tersebut.

Sekarang,apabila kamu memiliki kebiasaan negatif lainnya,tentu kamu juga dapat menghilangkannya sama seperti dahulu.

7. Pahami arti “bahagia” yang sesungguhnya

Beberapa orang berpikir bahwa kebahagiaan berupa segala sesuatu berjalan baik dengan semestinya, padahal bukan begitu-kamu sebenarnya sedang berbohong kepada dirimu sendiri,dan itu sangatkah tidak baik.

Kamu berkata bahwa kamu merasa nyaman terhadap berat badanmu,jika suatu saat nanti kamu menyadari bahwa sebenarnya bukan itu yang terjadi,kamu akan merasa sangat sedih.

Terimalah takdir dan terima bahwa kamu tidak senang dengan berat badanmu saat ini dan mulailah latihan untuk memperbaiki berat badanmu.Kamu tidak hanya akan mendapat hasil yang memuaskan nantinya,namun kepercayaan dirimu juga akan tumbuh dengan baik.

8. Bagaimana caranya menjadi bahagia? Lihat masa lalumu

Menulis tentang kehidupanmu di masa lalu dapat mengubah cara pandang hidupmu saat ini.Para psikiater memerintahkan pasien mereka yang depressi untuk menulis tentang masa mereka dan fokus pada hal positif yang dicapai daripada hal negatif yang terjadi,dan hal ini dapat membuat seseorang merasa bahagia.
Jika memikirkan masa hal-hal buruk yang pernah terjadi,kita akan menyadari bahwa hal-hal baikpun juga akan terjadi setelahnya.

Sumber : https://www.beautyandtips.com/motivation/9-powerful-tips-on-how-to-train-your-brain-to-be-happy/