Bagaimana cara melatih kemampuan untuk selalu dapat menata arah tujuan hidup?

Arah tujuan hidup

Aktivitas dan produktivitas merupakan dua hal yang berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali mengabaikan apakah yang kita lakukan itu termasuk kedalam aktifitas atau termasuk kedalam produktifitas. Kita juga sering terjebak dalam aktifitas yang didalamnya tidak memiliki nilai produktifitas, hal ini dikarenakan kita pada awalnya tidak menentukan tujuan yang jelas dan terarah dalam hidup kita. Memiliki soft skill untuk menentukan tujuan yang terarah merupakan hal yang sangat penting untuk melakukan berbagai hal dalam hidup kita baik untuk diri sendiri atau untuk lingkungan masyarakat.

Tujuan yang terarah disini memiliki makna sebagai tujuan-tujuan yang sebelumnya sudah kita persiapkan dengan matang agar tujuan tersebut bisa terarah dan tercapai dengan baik. Tujuan-tujuan yang sudah terarah tersebut juga harus direncanakan dengan sungguh-sungguh agar dapat mencapai semua tujuan-tujuan tersebut dengan semaksimal mungkin.

Untuk mencapai tujuan yang terarah, jelas bukanlah hal yang mudah jika tidak bersungguh- sungguh dalam mempersiapkan tujuan tersebut dengan baik. Banyak hal-hal yang harus disiapkan dan dilakukan
demi tercapai tujuan yang sudah terarah, antara lain :

  • Kita harus berkomitmen dalam merencanakan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sudah kita tetapkan.
  • Tetapkan rencana yang akan kita lakukan dalam mencapai tujuan tesebut.
  • Catat setiap kemajuan yang sedang di alami, hal ini penting karena hal ini dapat mengetahui seberapa baik rencana yang telah dilakukan.
  • Hindarilah pikiran untuk saling egois dalam menghadapi hambatan apapun, cobalah untuk saling bersaing sehat untuk menggabungkan keinginan dan bersosialisasi.
  • Selalu fokus pada tujuan yang sudah terarah, karena hal inilah yang tetap membuat rencana berjalan dengan baik.
  • Ubahlah sikap jadi kebiasaan, karena setiap hal yang dilakukan akan terasa lebih mudah jika sudah dilakukan berkali-kali. Keenam hal itu lah yang perlu disiapkan dan dilakukan untuk mencapai tujuan yang terarah.

Setelah mengetahui hal-hal yang harus disiapkan dan dilakukan untuk mencapai tujuan yang terarah, kita juga harus mengetahui pentingnya memiliki soft skil untuk menentukan tujuan yang terarah. Lalu apa bedanya dengan sekedar tujuan tanpa terarah?.

Memiliki soft skil untuk tujan yang terarah merupakan hal yang sangat penting, karena disini kita akan melihat jauh kedepan bagaimana tujuan itu akan tercapai dengan baik dan lebih terarah. Setiap tujuan belum tentu memiliki arah yang jelas, semua itu tergantung dengan usaha atau komitmen untuk menjalankan rencana-rencana yang ada.

Tujuan yang terarah juga sangat jelas berebeda dengan tujuan tanpa arah, tujuan yang terarah cenderung memiliki rencana-rencana yang jauh memandang kedepan untuk mencapai tujuan-tujuan yang ada. Sedangkan tujuan tanpa arah, hanya melakukan rencana-rencana yang ada tanpa memikirkan jauh kedepan. Jadi, memiliki softskill untuk menetukan tujuan yang terarah merupakan hal yang sangat penting bagi hidup kita.

Referensi :

1 Like

LANGKAH YANG MEMBUAT HIDUP LEBIH TERARAH

Membuat perubahan mungkin tidak nyaman dan luar biasa untuk Anda. Ini mungkin berarti Anda harus dimasukkan ke dalam lebih banyak waktu, uang, dan usaha. Ini mungkin berarti bahwa seseorang marah tentang hal itu, atau membuat Anda merasa buruk tentang keputusan Anda. Mungkin sulit untuk mengubah atau meninggalkan situasi, tapi tetap menempatkan adalah pilihan Anda jadi mengapa terus mengeluh? Anda juga dapat melakukan sesuatu tentang hal itu atau tidak. Ini adalah pilihan Anda dan Anda memiliki tanggung jawab untuk pilihan Anda.

Ingatlah bahwa Anda harus bersedia untuk mengubah perilaku Anda jika Anda ingin hasil yang berbeda. Anda harus bersedia untuk mengambil risiko yang diperlukan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Jika Anda sudah mengambil langkah awal dalam arah yang benar, sekarang adalah waktu untuk merencanakan langkah-langkah lebih untuk terus bergerak Anda maju lebih cepat.
InI ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk memulai perubahan, diantaranya:

Take No Less than 100% Responsibility for Your Life

Salah satu mitos terbesar yang meresap dalam budaya kita saat ini adalah gagasan bahwa Anda berhak untuk hidup yang hebat - dan entah bagaimana, di suatu tempat, seseorang bertanggung jawab untuk mengisi hidup kita dengan kebahagiaan yang terus-menerus, pilihan karir yang menarik, memelihara waktu keluarga, dan hubungan pribadi bahagia hanya karena kita ada. Tetapi yang sebenarnya adalah bahwa hanya ada satu orang yang bertanggung jawab untuk kualitas kehidupan Anda tinggal. Orang itu adalah Anda.

Saya pikir semua orang tahu ini di dalam hati mereka, tetapi pikiran dapat bermain game, menipu banyak orang untuk berpikir faktor eksternal adalah sumber kegagalan, kekecewaan, dan ketidakbahagiaan. Tetapi kebenaran dari masalah ini adalah bahwa faktor eksternal tidak menentukan bagaimana Anda hidup. Anda berada dalam kendali penuh dari kualitas hidup Anda.

Orang-orang sukses mengambil tanggung jawab penuh untuk pikiran mereka berpikir, gambar mereka memvisualisasikan, dan tindakan yang mereka ambil. Mereka tidak membuang-buang waktu dan energi menyalahkan dan mengeluh mereka. Mereka mengevaluasi pengalaman mereka dan memutuskan apakah mereka perlu mengubah mereka atau tidak. Mereka menghadapi nyaman dan mengambil resiko untuk menciptakan kehidupan yang mereka ingin hidup.

Be Clear Why You’re Here

Mengidentifikasi, mengakui dan menghormati tujuan ini mungkin merupakan tindakan yang paling penting orang-orang sukses mengambil.
Mereka mengambil waktu untuk memahami apa yang mereka lakukan di sini, dan kemudian mereka mengejar tujuan itu dengan semangat dan antusiasme.

Jika Anda tidak tahu apa yang seharusnya Anda lakukan, dengarkan sinyal di sekitar Anda. Melihat ke arah lain untuk bantuan dan bimbingan sangat membantu, tetapi jangan lupa untuk tetap disetel untuk diri-Anda perilaku, sikap, suka dan tidak suka, dan pengalaman hidup. Mengidentifikasi apa yang bekerja dan apa yang tidak. Jika Anda perlu, menuliskan semuanya. Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang Anda temukan.

Decide What You Want
Salah satu alasan utama mengapa kebanyakan orang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah mereka belum memutuskan apa yang mereka inginkan. Mereka tidak didefinisikan keinginan mereka secara rinci yang jelas dan menarik. Apa yang sukses terlihat seperti untuk Anda? Tidak definisi semua orang sukses adalah sama, atau harus itu.

Jangan biarkan pengacara setan batin Anda (atau gencarnya itu tetapi tidak penting To Do list) menghambat Anda dari bermimpi besar. Begitu Anda berkomitmen untuk mimpi besar dan benar-benar pergi setelah, pikiran kreatif bawah sadar Anda akan datang dengan ide-ide besar untuk mewujudkannya. Anda akan mulai menarik orang-orang, sumber daya, dan peluang yang Anda butuhkan dalam hidup Anda untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. impian besar tidak hanya menginspirasi Anda, tetapi mereka juga memaksa orang lain untuk ingin bermain besar, juga.

Believe It Is Possible
Percaya bahwa apa yang Anda inginkan adalah mungkin. Seperti Anda berkomitmen untuk percaya pada diri sendiri, juga membuat komitmen untuk mengencangkan bawah departemen keluhan.

Benar-benar memeriksa keluhan Anda. Lebih dari kemungkinan Anda dapat melakukan sesuatu tentang mereka. Mereka bukan tentang orang lain, hal-hal lain, atau acara lainnya. Mereka adalah tentang Anda.

Believe in Yourself
Jika ingin sukses dalam menciptakan kehidupan impian Anda, Anda harus percaya bahwa Anda mampu membuat hal itu terjadi. Memiliki iman yang teguh pada diri sendiri, untuk baik dan buruk. Membuat keputusan untuk percaya bahwa Anda membuat semua pengalaman Anda.

Become an Inverse Paranoid
Membayangkan seberapa banyak Anda beruntung, karena orang-orang sukses melakukan hal itu.

Unleash the Power of Goal Setting
Kadang-kadang kita perlu membuat hanya satu tujuan awal untuk memulai, dan tidak apa-apa. Setidaknya ia datang dengan beberapa tindakan untuk mencapai. Langkah pertama hanya dapat membuat perubahan langsung dalam satu area dalam hidup Anda. Apakah Anda bahagia tentang sesuatu yang terjadi sekarang? Membuat permintaan yang akan membuatnya lebih diinginkan untuk Anda, atau mengambil langkah-langkah untuk mengubahnya sendiri.

Referensi:
http://jackcanfield.com/blog/7-steps-for-creating-the-life-you-want/

1 Like

Apakah sedang berjuang untuk mencapai tujuan anda? Kenyataannya adalah banyak orang yang sedang berjuang. Saat anda menetapkan tujuan hidup, anda pasti memiliki niat terbaik. Anda ingin sukses dengan tujuan anda dan mendapatkan banyak manfaat yang datang dengan membuat perubahan penting dalam hidup anda. Namun, ada sesuatu yang mungkin anda gagal dalam memperhitungkan rencana anda. Jika anda tidak bisa tetap fokus pada tujuan anda, anda akan kehilangan momentum dan gagal untuk membuat suatu proses kemajuan yang anda inginkan. Hal ini menyebabkan hilangnya kepercayaan diri dan motivasi.

Anda mungkin menyalahkan gangguan yang ada seperti pekerjaan, keluarga, teknologi dan mengatakan bahwa hal tersebut membuat anda tidak fokus. Namun, hal ini akan menjadi bagian hidup anda. Jika anda tidak mencapai tujuan, tidak cukup hanya menyalahkan factor luar. Apa yang anda perlukan adalah menemukan cara untuk mengelola pengaruh-pengaruh dari luar agar anda tetap fokus pada tujuan dan mempertahankan kehidupan yang sehat dan seimbang.

University of Hertfordshire mengungkapkan bahwa hamper 50% orang membuat resolusi tahun baru yang berarti, namun lebih dari 78% dari orang-orang gagal untuk mempertahankan tujuannya. Ada langkah-langkah sederhana menurut Coaching Positive Performance yang bisa membantu agar tetap fokus pada tujuan, yaitu:

1. Narrow your list
Tujuan hidup adalah luar biasa namun jika anda memiliki terlalu banyak tujuan, anda akan segera mengetahui bahwa satu tujuan anda akan mengganggu anda. Daripada anda mencoba untuk fokus pada banyak tujuan, persempit menjadi 1-3 tujuan utama untuk setiap periode waktu. Bahkan setiap harinya, anda harus mempunyai 1-3 tujuan yang anda coba untuk mencapainya. Hal ini agar tidak membuat anda kehilangan motivasi.
Ketika anda menetapkan tujuan, anda akan menemukan banyak tujuan-tujuan besar. Identifikasi tujuan yang paling penting untuk dikerjakan dan letakkan pada daftar tujuan terpisah. Jangan membuang tujuan, namun tempatkan pada daftar ‘suatu hari, mungkin’. Tetap fokus pada tujuan utama sehingga tanpa terasa, dari waktu ke waktu, anda akan berhasil menyelesaikan beberapa list tujuan anda.

2. Break down each of your major goals
Bagaimana anda bisa memakan gajah? Jawabannya adalah satu gigitan pada satu waktu.Strategi yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan besar sangatlah luar biasa. Hal ini bisa menyebabkan anda kehilangan kepercayaan dan motivasi. Anda akan merasa tidak kewalahan saat memecah tujuan besar anda menjadi serangkaian tujuan atau menjadi lebih spesifik. Hal ini membuat tujuan anda tercapai jauh lebih mudah.

3. Have accountability partners
Selama tujuan anda tidak terlalu pribadi atau rahasia, ceritakan kepada orang-orang yang anda percaya dan membuat anda lebih bertanggungjawab terhadap tujuan anda. Idealnya, orang-orang tersebut akan mendukung anda ketika ada hambatan muncul dan turut senang merayakan keberhasilan anda. Dukungan ini akan membantu anda tetap fokus pada tujuan.

4. Record, measure and document your process
Ketika anda menetapkan suatu tujuan, salah satu hal yang harus dilakukan adalah memutuskan
bagaimana anda akan mengukur setiap prosesnya. Hal yang sangat penting untuk anda mengetahui sejauh mana anda berkembang. Ketika anda mengambil tindakan, anda dapat mengukur kemajuan anda, dan melihat apakah kemajuan tersebut sudah sesuai keinginan atau apakah anda perlu mengambil suatu tindakan.
Mulai mencatat dan menulis pengalaman anda untuk mencapai suatu tujuan. Menuliskan apa yang anda pikirkan adalah cara yang bagus untuk menjaga motivasi anda sampai akhir. Pikiran dan perasaan anda dapat memberikan timbal balik untuk suatu proses kemajuan anda.

5. Create either a physical or virtual goal board
Untuk membantu anda tetap fokus pada tujuan anda, anda dapat membuat pengingat secara visual mengapa anda membuat tujuan tersebut. Hal itu akan membentuk alam bawah sadar anda untuk mencapai tujuan.
Dibutuhkan kerja keras dan usaha yang konsisten untuk mencapai tujuan. Kenyataan pahitnya adalah banyak orang yang gagal karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan. Ketika anda menetapkan tujuan, anda merasa memiliki energy dan percaya diri namun juga tidak cepat ‘pudar’ saat anda mengalami kegagalan.

1 Like

Cara Memfokuskan Diri pada Tujuan

Tujuan merupakan sesuatu yang ingin kita capai. Untuk mencapai tujuan tersebut kita memiliki berbagai cara dan juga motivasi. Namun, sering kali kita sulit untuk terus fokus pada tujuan kita dikarenakan banyak faktor. Pada awalnya, kita pasti akan sangat termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut, namun setelah motivasi tersebut tidaklah menjadi suatu hal yang memotivasi lagi, maka kita akan berhenti mencapai tujuan tersebut.

Terkadang kita merasa lelah, kesulitan dan keberatan dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Tetapi, ada banyak cara untuk bisa terus fokus dan termotivasi agar tujuan yang kita inginkan tercapai. Kita dapat membuat rencana atau plan yang dapat memudahkan kita menentukan tujuan dan pencapaian yang kita inginkan.

Pertama adalah dengan menuliskan tujuan yang ingin kita capai. Ini adalah hal terpenting dalam memfokuskan diri pada tujuan. Ketika kita menuliskan tujuan kita, maka kita telah membuat suatu tujuan tersebut menjadi lebih real dibandingkan sebelumnya. Maksudnya, dengan menuliskan ini, kita juga bisa membuat tujuan tersebut menjadi lebih spesifik dan jelas. Selanjutnya, kita harus menulis mission statement. Banyak perusahaan yang menuliskan ini karena dianggap membantu mewujudkan tujuan bisnis mereka. Mission statement berisi tentang list waktu dan energi yang kita butuhkan. Misalnya, pada suatu tujuan kita harus melakukan beberapa hal sebelum tujuan itu terwujud, maka kita harus menuliskannya secara detail di mission statement ini. Tujuan dari mission statement adalah untuk mengingatkan kita hal-hal yang penting yang harus dilakukan selama kita dalam proses mewujudkan tujuan yang kita ingin capai.

Kita juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Kita harus bisa membagi waktu untuk hal-hal yang bersifat urgent dan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kita dalam melaksanakan tujuan kita, selain itu kita juga harus membatasi hal-hal yang memang tidak penting selama proses ini. Setelah bisa mengatur waktu dengan baik, kita juga dapat membuat rencana. Rencana dibagi menjadi dua, yaitu short-term plan atau rencana jangka pendek dan long-term plan rencana jangka panjang. Rencana jangka pendek juga bisa dikategorikan sebagai milestone. Dengan adanya milestone, kita bisa memiliki suatu tujuan yang harus kita capai agar mencapai tujuan akhir kita setiap harinya atau setiap minggunya atau setiap bulannya. Sementara rencana jangka panjang adalah rencana yang dapat membantu kita mencapai tujuan yang kita inginkan. Rencana tidaklah selalu terwujud, maka dari itu, jika rencana yang kita buat hasilnya tidak sesuai, maka kita bisa merubah rencana tersebut, tetapi yang terpenting bukanlah merubah tujuan awal kita.

Setelah membuat rencana, kita dapat menganalisa progress yang telah kita capai. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa dekat kita dengan tujuan kita da seberapa baik kita dalam pencapaian tujuan ini. Berikutnya adalah dengan tidak menunda-nunda sesuatu. Menunda suatu pekerjaan berarti menunda pekerjaan setelahnya. Menunda dapat menyebabkan kita tidak fokus dan membuat rencana kita menjadi berantakkan. Yang terakhir adalah dengan mempunyai motivasi yang dapat terus menerus membuat kita fokus dan dapat menyemangati kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Memang sulit untuk mempertahankan fokus kita pada suatu tujuan. Namun, jika kita sangat menginginkan sesuatu, pasti kita akan melakukan apapun untuk mencapainya. Dan untuk mencapainya kita harus terus fokus dan siap untuk merencanakan segala hal sebelum melakukannya. Maka dari itu, kita harus bisa selalu mengatur waktu dengan baik, memotivasi diri kita, merencanakan segala hal dengan matang sehingga jika ada kesalahan, kita tahu harus melakukan apa, dan yang terpenting juga kita harus mengetahui dengan jelas tujuan yang sebenarnya ingin kita capai.

Referensi: https://www.wanderlustworker.com/8-ways-to-stay-focused-on-your-goals/

2 Likes

Fokus dalam hal apa saja dapat membantu anda untuk mencapai tujuan anda. Tetap fokus dapat membantu meningkatkan profesionalitas anda, membantu anda untuk mengolah informasi orang lain dengan cepat dan tepat, dan juga membantu anda mendapatkan solusi terbaik dari suatu permaslahan dengan cepat dan tepat. Jika anda ingin fokus pada tujuan hidup anda maka ikutilah langkah - langkah berikut :

1. Menjaga semua tetap terkendali

Saat sedang melakukan pekerjaan di kantor atau belajar di rumah , memastikan ruangan tetap bersih akan membantumu fokus dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan penuh konsentrasi. Singkirkan segala sesuatu yang dapat mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan dan hal tersebut sangat tidak relevan dalam menyelesaikan tugas. Rapikan mejamu dan letakkan sesuatu yang hanya kamu butuhkan untuk bekerja, letakkan beberapa foto atau momentum yang dapat membuatmu relax dalam waktu singkat.

  • Jika kamu menghabiskan waktu hanya dalam 10 menit untuk membersihkan ruangan setiap hari, kamu dapat mempertahankan gaya hidup barumu yang terkendali

  • Jika kamu tidak memerlukan telepon untuk bekerja, jauhakan telepon tersebut untuk beberapa jam. Jangan biarkan telepon tersebut berserakan dan mengganggu konsentrasimu

2. Buatlah daftar kegiatan

Membuat daftar kegiatan pada awal hari atau minggu dapat membuatmu lebih fokus dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan. Jika kamu membuat daftar untuk semua kegiatan yang harus kamu lakukan, meskipun hal tersebut kecil , kamu akan merasa gelisah ketika kamu melihat salah satu kegiatan dalam daftarmu dan beralih pada kegiatan selanjutnya. Daftar ini juga akan membantumu tetap fokus untuk satu kegiatan dalam satu waktu.

  • Kamu dapat membagi daftar kegiatanmu menjadi 3 bagian : apa yang dilakukan hari ini, apa yang dilakukan besok, dan apa yang akan dilakukan pada hari libur. Jika kamu telah menyelesaikan kegiatan dalam sehari tapi kamu masih memiliki waktu luang, kamu dapat beralih pada kegiatan selanjutnya dalam daftarmu

  • Prioritaskan kegiatanmu. Pilihlah kegiatan yang paling penting atau yang paling sulit untuk dikerjakan terlebih dahulu. Hal ini baik untuk melakukan suatu hal dengan lebih mudah atau lebih efektif untuk mengatur kegiatanmu dalam sehari, ketika kamu kelelahan dan kurang termotivasi untuk menyelesaikan tugas yang paling sulit. Jika kamu menunda kegiatan yang paling sulit sampai menit terakhir, kamu akan merasa takut pekerjaan tersebut tidak dapat terselesaikan selama sehari.

  • Masukkan waktu istirahat dalam daftarmu. Kamu dapat memanjakan dirimu dengan istirahat. Jika kamu telah selesai untuk 3 pekerjaan, kamu bisa memiliki waktu makan ringan atau meluangkan waktu singkat untuk telepon teman. Hal ini akan membuatmu lebih fokus untuk menyelesaikan tugas dalam waktu singkat.

3. Atur waktumu. Mengatur waktu bersamaan dengan membuat daftar kegiatan.

Tulislah disamping kegiatan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. jadilah realistis untuk pengaturan waktu tesebut. Selanjutnya, cobalah untuk menyelesaikan tugas sesuai batas waktu yang telah dituliskan.

  • Kamu dapat menyelaikan tugas dengan tidak memakan waktu lama dan tugas menjadi lebih mudah. Dengan cara itu kamu tidak akan berlebihan terhadap suatu tugas yang banyak dan sulit serta terus menerus. Kamu bisa memikirkan pekerjaan yang lebih mudah dan singkat sebagai suatu penghargaan

4. Luangkan waktu untuk istirahat.

Kamu harus mengambil setidaknya 5 smapai 10 menit untuk setiap jam kerja atau 3 sampai 5 menit untuk tiap setengah jam kerja. Hal ini akan membantumu lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Berikan waktu istirahat untu matamu, dan memberikan waktu untuk memikirkan beberapa tugas berikutnya.

  • Pilihlah aktifitas yang dilakukan pada waktu istirahat. Kamu bisa membaca selama 30 menit dalam 3 jam. Meluangkan waktu istirahat untuk mengistirahatkan matamu dari layar dan menyelesaikan membaca bab dari buku bacaan akan membuatmu lebih termitivasi dalam menyelsaikan tugas.

  • Jangan duduk dimeja sepanjang hari. Bangunlah bebrapa menit untuk istirahat. Melihat keluar jendela, jalan-jalan singkat diluar ruangan, atau berjalan kecil dari tangga untuk memompa darah. istirahat singkat seperti ini akan membuatmu lebih segar untuk kembali bekerja.

  • Kamu bisa membuat alarm untuk mengingatkan setelah jam kerja atau selama jam kerja yang menandakan bahwa kamu harus istirahat. Jika kamu benar-benar bisa meluangkan salah satu waktu istirahat, gunakanlah senyaman mungkin tapi jangan membuatnya menjadi kebiasaan.

Sumber : WikiHow

Di hidup ini kita tidak boleh diam saja mengikuti alur dan baru bereaksi setelah sesuatu terjadi pada diri kita. Jauh sebelum sesuatu terjadi dan kita bereaksi secara spontan, lebih baik kita sudah memiliki tujuan dalam hidup atau goals. Kita sudah menentukan apa yang ingin kita capai dalam hidup dan bagaimana cara mencapainya.

Dalam situs mindtools dikatakan bahwa para pencapai kemahsyuran di berbagai bidang berada di posisi mereka sekarang karena pada awal karirnya mereka sudah menargetkan apa yang ingin mereka capai dalam karir mereka, mereka memiliki targer-target yang harus dicapai dalam jangka waktu dekat dan dalam jangka waktu panjang sehingga segala sesuatu yang mereka lakukan selalu terukur. Target untuk mencapai sesuatu juga berpengaruh baik dalam psikologis di mana kita akan dapat menyadari kemampuan kita sesungguhnya dalam mencapai targer yang sudah kita tentukan.

Untuk menuliskan target yang ingin kita capai, ada tiga langkah awal yang harus kita lakukan. Pertama, ciptakan gambaran besar akan apa yang ingin kita capai dalam hidup. Kedua, lakukan pembagian dari gambaran besar tersebut menjadi target-target kecil yang dapat mengantarkan hidup kita menuju gambaran besar yang kita inginkan. Buat lah apa-apa saja yang harus dilakukan setiap hari untuk mencapai target besar kita, hal apa yang harus kita capai tiap hari atau tiap minggunya. Ketiga, setelah semua target tersusun, kita mulai bekerja keras untuk mencapai target yang sudah kita ciptakan sendiri.

Tips agar target kita tetap besar namun realistis, sebaiknya kita gunakan metode ‘SMART Goals’

  • Specific (target yang kita buat harus spesifik, apa yang ingin kita capai)
  • Measurable (target yang kita buat sebaiknya terukur)
  • Attainable (target yang kita buat dapat kita capai)
  • Relevant (target yang kita buat relevan dengan kehidupan kita)
  • Time-bound (buatlah checkpoint untuk mengetahui sejauh mana progress kita)

Dalam membuat target kita sebaiknya menargetkan sesuatu secara efektif dan masuk akal, dengan saran penargetan seperti ini

  • Tulislah target kita dalam kalimat positif
  • Buatlah target secara presisi dan terukur
  • Buatlah prioritas target apa yang ingin kita capai lebih dulu
  • Tulis semua target yang ingin kita capai
  • Target yang kita buat usahakan adalah target yang dapat kita capai
  • Buat target yang dapat kita control

Dalam pencapaian target yang sudah kita susun dengan rapih tentunya kita tidak terbebas dari masalah. Jika kita menemui target yang kita buat terlalu mudah untuk dicapai, maka kita perlu meningkatkan target kita selanjutnya. Namun jika kita menemui target yang terlalu susah dicapai maka jalan keluarnya adalah kita membuat target baru untuk meningkatkan kemampuan kita agar kita bisa mencapai target awal kita.

Mencapai tujuan hal yang harus di di dorong; missal Anda tidak dapat bekerja keras untuk satu atau dua hari dan kemudian berhenti . Menyelesaikan tujuan kita nanti dan bekerja untuk satu atau dua hari lagi dan kemudian berhenti lagi.
Anda harus konsisten di dalam waktu yang kita miliki . Dengan kekonsistenan Anda akan mencapai tujuan Anda, jauh lebih cepat dibandingkan dengan awal berhenti, metode seperti ini banyak dipakai oleh orang-orang.

Berikut adalah sepuluh cara Anda agar tetap fokus terhadap upaya dan konsisten untuk mendapatkannya bahkan lebih banyak dari usaha yang Anda lakukan sebagainya. Saya telah menemukan ‘teknik’ ini dan sangat berguna dan benar-benar percaya bahwa jika Anda menempatkan mereka untuk bekerja untuk Anda bahwa Anda juga akan menuai hasil yang sama.

  1. Menulis tujuan utama Anda
    Ada sesuatu yang terjadi ketika Anda menulis tujuan Anda. membuat Anda lebih sadar situasi, orang dan peristiwa yang akan membawa Anda ke tujuan Anda lebih cepat.

  2. Menuliskan sesuatu hal-hal baru Setiap hari ulangi list daftar rencana yang akan kita tuju.
    Tujuan-tujuan yang tidak benar-benar penting pada daftar prioritas jangka panjang Anda tidak akan konsisten tetap berada di urutan atas. Ini akan membantu Anda berfokus pada apa yang benar-benar penting.

  3. Mempersempit fokus tujuan - dengan fokus pada hanya beberapatujuan pada suatu waktu. Memilih tujuan-tujuan yang benar-benar milik Anda , Kemudian memfokuskan semua upaya.

  4. Mengembangkan aksi rencana
    Begitu Anda telah menentukan apa yang ingin Anda capai Anda sekarang harus mulai lay out bagaimana Anda akan pergi untuk mencapai hal itu. Keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan? kontak apa yang Anda butuhkan untuk membuat? langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan Anda dari tempat Anda berada saat ini ke mana Anda mencoba untuk mendapatkan? Sadarilah bahwa rencana Anda dapat berubah saat Anda pergi bersama mendapatkan wawasan baru dan informasi. Tapi Anda harus memiliki rencana untuk tahu apa yang selanjutnya. Pengetahuan tentang apa yang akan Anda lakukan selanjutnya akan melakukan keajaiban untuk membuat Anda tetap fokus.

  5. Bayangkan tujuan Anda sudah tercapai. Berprestasi besar dari kemarin dan hari ini semua memiliki satu kunci-kemampuan - kemampuan untuk melihat tujuan mereka sebagaimana telah dicapai. Rinci dalam visi Anda tentang tujuan Anda; merasa bangga prestasi nya. Apa yang akan teman-teman dan rekan mengatakan setelah Anda mencapai tujuan Anda? Semakin rinci dan Anda dapat memasukkan ke dalam visi prestasi Anda lebih visi yang akan mendorong Anda menuju pencapaiannya.

  6. Memberdayakan diri dengan afirmasi.
    Afirmasi diri adalah pernyataan positif atau kalimat yang ditujukan untuk diri sendiri yang bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar untuk membantu Anda mengembangkan persepsi yang lebih positif terhadap diri Anda sendiri.
    Ketika meluangkan waktu setiap hari untuk menuliskan tujuan

  7. Ambil tindakan sehari-hari, tidak peduli seberapa kecil. Jangan biarkan satu hari berlalu bahwa Anda tidak mengambil semacam langkah menuju tujuan Anda. Di sinilah konsistensi Anda akan terbesar besar.

  8. melihat kemajuan Anda. Anda tidak dapat secara efektif melihat bahwa yang Anda tidak melacak, dan Anda tidak dapat mengubah apa yang Anda tidak dapat melihat. Menciptakan cara-cara untuk melihat seberapa jauh Anda mencapai tujuan Anda. Membuat diagram dan jadwal sehingga Anda akan melihat ketika Anda jatuh di belakang atau menarik ke depan - membuat penyesuaian untuk rencana Anda seperlunya. Sebuah program seperti Microsoft Project besar untuk ini, tetapi menggunakan apa pun yang akan memotivasi Anda dengan memungkinkan Anda untuk melihat di mana di sepanjang jalan menuju kesuksesan.

  9. Perhatikan Timeline . Alasan lain untuk melacak kemajuan Anda adalah agar Anda dapat mengatur dan merayakan keberhasilan anda. Semua gol besar yang dibuat-buat dari tujuan yang lebih kecil dan tonggak yang Anda butuhkan untuk mengenali dan menepuk diri di bagian belakang setelah Anda menyelesaikan ini.

http://www.goalsontrack.com/blog/2012/11/02/top-ten-ways-to-stay-focused-on-your-goals-and-objectives/

Strategi Untuk Tetap Fokus Pada Tujuanmu

Ada beberapa langkah sederhana yg dapat diambil untuk membantumu tetap fokus pada tujuan, dengan menerapkan langkah-langkah ini diawal, kamu akan lebih fokus dan lebih termotivasi mencapai tujuan

1. Mempersempit Daftar
Jika hal yang kita tuju itu besar, maka akan ada banyak daftar yang membuat kita harus melewati tahap-tahap tersebut, namun dengan mempersempit daftar tujuan dalam setiap periode waktu tertentu itu akan membantumu untuk tetap fokus pada tujuan utama, karena dengan banyaknya daftar maka fokusmu akan terbagi yang menghambat pekerjaanmu.

Caranya yaitu dengan mengidentifikasi tujuan mana yang paling penting yang kamu butuhkan , adapun daftar tujuan yang lain agar dipisahkan dengan tujuan utama, di masukan ke dalam daftar yang ‘mungkin’ bisa dilakukan jika tujuan utama telah tercapai.

2. Memecah Tujuan Utamamu
Bagaimana caramu dalam memakan sebuah pizza? pasti harus dibagi menjadi beberapa bagian, dan dimakan secara bertahap 'kan? Strategi yang sama dapat dilakukan untuk mencapai tujuan besarmu. Kamu akan merasa kehilangan percaya diri dan putus asa menghadapi tujuan besar tersebut, maka ketika kamu mengubahnya menjadi bagian yang lebih kecil, dan masing-masing di spesifikkan. Kamu dapat memfokuskan pada tugas-tugas kecil sehingga lebih efektif. Hal ini dapat membuat mencapai tujuan akhir lebih mudah

3. Memiliki Mitra yang Akuntabilitas
Selama tujuanmu adalah bukan hal pribadi, maka dengan memberitahu orang-orang yang kamu percaya akan membuat lebih akuntabel (dipertanggungjawabkan).Ketika kamu memberitahu mereka tentang perubahan yg ingin kamu buat, maka biasanya orang-orang ini akan mendorongmu ketika hambatan muncul, dan memberi dukungan sampai tujuanmu tercapai. Dukungan ini akan membantumu untuk tetap fokus pada tujuanmu.

4.Catat, Ukur dan Dokumentasikan Prosesmu
Ketika kamu telah menetapkan tujuan, salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan bagaimana kamu mengukur kemajuan mu. Sangatlah penting bagimu untuk mengetahui kemajuan/perkembanganmu. Ketika kamu mengambil tindakan, kamu dapat mengukur apa yang perlu dilakukan agar tetap fokus pada tujuan.

5. Buat 'Papan Tujuan’
Untuk membantu kamu tetap fokus pada tujuan, kamu dapat membuat pengingat dipapan atau catatan lainnya.kamu dapat mengisinya dengan gambar-gambar yang dapat meningkatkan fokusmu, itu akan menjadi metode yang baik yang menyenangkan dan efektif untuk tetap fokus pada tujuanmu.

Untuk berjuang menetapkan dan mencapai tujuan utama yang efektif, dibutuhkan kerja keras dan usaha yang konsisten untuk mencapainya. beberapa langkah di atas mungkin dapat membantumu untuk bisa sukses mencapai tujuan utamamu.

sumber

7 LANGKAH MERAIH TUJUAN HIDUP

Kita semua pasti memiliki tujuan hidup. Entah itu besar atau kecil, pasti dalam benak hati dan fikiran kita ada hasrat untuk meraihnya. Secara harfiah setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk berkembang, bukan hanya bertahan hidup. Kita terkadang selalu ingin mencapai sesuatu yang mungkin masih dalam imajinasi kita. Namun untuk mencapainya pasti bukanlah hal yang tidak mudah. Maka tidak heran jika terkadang kita merasa frustasi ketika berusaha meraih suatu tujuan yang besar. Bahkan ketika gagal, kita tak jarang mendapat ejekan dan hinaan dari orang lain, dan itulah yang membuat seseorang semakin sulit untuk mencapai tujuan mereka dalam hidup.

Masalah terbesar yang dihadapi kebanyakan orang adalah bahwa mereka gagal untuk menetapkan tujuan mereka dengan cara yang benar. Dan tak sedikit dari mereka yang ingin meraih tujuan mereka, namun menggunakan pendekatan yang salah. Cara terbaik untuk mencapai tujuan apa pun dalam hidup adalah untuk tidak hanya mengatur mereka dengan cara yang benar, tetapi juga untuk merencanakan dan melaksanakan tindakan mereka sesuai dengan pencapaian mimpi – mimpi dari waktu ke waktu.
Nah, kebanyakan orang di dunia ini menetapkan tujuan hidupnya ketika malam tahun baru. Mereka beranggapan bahwa itu adalah hari yang tepat untuk menetapkan tujuan hidup mereka yang baru. Namun sayangnya menurut studi yang dilakukan oleh University of Scranton, hanya 8% dari apa yang ditetapkan di malam tahun baru yang tercapai. Atau bisa dikatakan terdapat kegagalan sebanyak 92% yang cukup menyedihkan.

Untuk mencapai tujuan membutuhkan disiplin diri yang akut. Menanamkan sifat disiplin memang bukan perkara yang mudah. Butuh usaha keras untuk melatihnya. Menurut R.L. Adams dalam artikel yang ditulisnya di entrepreneur.com terdapat 7 langkah yang sudah terbukti dapat digunakan sebagai acuan dalam mencapai sebuah tujuan hidup yang disingkat dengan SMARTER. Diantaranya yaitu:

1. (S) – Get (S)pecific about your goals

Tentukan secara sepesifik tentang tujuan apa yang ingin kamu capai. Tuliskan secara detail, dan perhitungkan secara matang – matang. Misal jika anda memiliki tujuan untuk memiliki uang. Maka anda spesifikan sebulan mendapat 2 juta dari usaha anda, dan yang paling penting anda harus kerja keras untuk mendapatkannya.

Tuliskan lebih detail lagi dalam selembar kertas tentang apa yang ingin anda capai? Apa hidup anda terlihat seperti pada saat itu ketika anda mencapai tujuan itu? Siapa teman anda? Apa yang kamu lakukan di siang hari? Kebiasaan apa yang anda miliki? Waktu apa yang anda bangun?

2. (M) – Ensure that your goals are (M)eaningful

Pastikan bahwa anda memiliki tujuan hidup yang bermakna. Karena anda pasti akan berbuat lebih ketika anda memiliki tujuan hidup yang memiliki arti yang sangat mendalam. Luangkan waktu untuk menuliskan arti bahwa Anda berhubungan dengan tujuan Anda. Gali yang dalam. Ini harus menjadi makna yang mendalam. Itu harus menjadi sesuatu yang mana anda bersedia mengorbankan segalanya untuknya. Catat ini di selembar kertas. Ini adalah salah satu langkah yang paling penting dalam proses menuju tujuan hidup.

3. (A) – Pick goals that are (A)chievable

Tentukan tujuan yang memiliki kemungkinan besar untuk dapat dicapai. Jangan menentukan tujuan yang tidak mungkin dicapai. Misal anda ingin mendapat 1 miliyar dolar dalam 12 bulan, seangkan anda masih terbelit banyak hutang. Ini sangat tidak mungkin.

Jadi tentukan tujuan yang mungkin dapat anda capai. Baru nanti ketika sudah tercapai satu persatu maka akan menambah semangat dan antusiasme anda untuk mencapai lebih banyak tujuan lagi.

4. ® – The goals must be ®elevant

Pastian apakah tujuan yang akan kita capai sudah selaras dengan diri siapa kita? Apakah tujuan tersebut bertentangan dengan apa yang kita percaya? Ketika kita memiliki tujuan yang bertentangan dengan kita, maka akan lebih sulit bagi kita untuk mencapainya.
Jadi luangkan waktu untuk menuliskan hal-hal yang membuat Anda menjadi siapa Anda. Kemudian, memilih tujuan yang relevan yang selaras dengan apa yang Anda percaya dan nilai. Anda akan menemukan perjalanan penetapan tujuan Anda akan jauh lebih harmonis dan cairan ketika Anda memilih tujuan relevan dengan kehidupan Anda dan siapa Anda jauh di dalam hati.

5. (T) – Make sure the goals are (T)ime-bound

Untuk mencapai tujuan anda, maja anda harus menentukan kapan tujuan anda tersebut akan anda capai. Jika perlu tentukan tanggalnya dan tandai pada kalender anda. Ketika Anda memberikan tanggal yang nyata di kalender, Anda dapat memecahnya menjadi tujuan bulanan dan mingguan. Dengan cara ini, Anda dapat bagan kemajuan Anda untuk menentukan seberapa jauh atau dekat Anda untuk mencapai tujuan tersebut.

6. (E) – You have to (E)valuate your progress along the way

Ketika anda sudah mengikat tujuan anda pada waktu yang anda tentukan. Kemudian langkah selanjutnya adalah lakukan evaluasi. Segera lacak bagaimana progress anda dalam mencapai tujuan tersebut. Semakin baik evaluasi yang anda lakukan, maka semakin besar kemungkinan bagi anda untuk menindak lanjuti tujuan yang ingin anda capai tersebut.

7. ® – Always ®e-adjust your approach to reach your goals

Ketika anda mengevaluasi kemajuan progress tujuan yang ingin anda capai, dan anda merasa semakin jauh dari tujuan yang ingin anda capai. Maka anda dapat memperbaiki langkah anda dalam meraih tujuan anda. Semakin cepat anda memperbaiki langkah, maka semakin dekat anda dengan tujuan anda tersebut.

the specific psychotherapy focusing technique

Fokus adalah suatu pusat dari titik konsentrasi dengan menentukan kejelasan atau ketetapan maksimum dari sebuah ide dengan lebih menekankan pada ketepatan daripada kecepatan, dan mengonsentrasikan seluruh perhatian atau energi pada sesuatu, serta mengabaikan yang lainnya. Fokus dapat digunakan untuk menjadi jelas tentang apa yang dirasakan seseorang atau ingin, untuk mendapatkan wawasan baru tentang situasi seseorang, dan untuk merangsang perubahan atau penyembuhan. Fokus diatur terpisah dari metode lain kesadaran batin dengan tiga kualitas:. Sesuatu yang disebut “merasa rasa”, kualitas perhatian menerima terlibat, dan berbasis diteliti teknik yang memfasilitasi perubahan.

Learning and using Focusing

Pertama Anda dapat mempelajari teknik Fokus dari beberapa buku, atau dari pelatih Fokus atau praktisi. Berfokus paling mudah dilakukan pada saat di hadapan seorang “pendengar” either (pelatih fokus), terapis, atau orang awam terlatih dalam fokus. Tetapi Fokus diajarkan dalam banyak cara yang tidak selalu melibatkan langkah-langkah yang ditetapkan. Fokus sekarang dipraktekkan di seluruh dunia oleh ribuan orang dalam pengaturan profesional dengan pelatih fokus, dan informal antara orang awam. Sebagai proses yang berdiri sendiri, sesi Fokus dapat berlangsung dari sekitar 15 menit sampai satu jam, rata-rata-dengan “Focuser” didengarkan, dan pikiran mereka diucapkan dan perasaan yang dipantulkan kembali kepada mereka oleh para “pendengar” atau “teman”.

Focusing-oriented Psychotherapy

Fokus sering dilakukan oleh individu bukan dalam konteks psikoterapi, tetapi terapis di seluruh dunia menggunakan fokus sebagai salah satu pilihan terapi mereka, atau sebagai cara utama di mana mereka berinteraksi dengan klien mereka. Klien didorong untuk merasakan, menjadi perasaan dan makna yang belum terbentuk. Unsur-unsur lain dari Fokus juga dimasukkan ke dalam praktek terapi sehingga Fokus tetap dasar dari proses-memungkinkan untuk resonansi dalam dan verifikasi ide dan perasaan, dan memungkinkan menambah wawasan baru yang datang dari dalam klien.

Variety of teaching styles

Salah satu proses yang populer diajarkan oleh Ann Weiser Cornell, yang disebut batin Hubungan Berfokus. Yang dikembangkan oleh Robert Lee, mengajarkan Focusers harus memperhatikan tiga “domain”: merasa rasa, empati diri, dan berpikir. Biospiritual Fokus, yang dikembangkan oleh Ed McMahon dan Peter Campbell, mengintegrasikan Fokus dengan spiritualitas Kristen. Pemulihan Fokus, dikembangkan oleh Suzanne Noel, mengintegrasikan Fokus dengan berbagai langkah pekerjaan pemulihan. Wholebody Fokus menggabungkan Alexander Technique dengan Fokus. Selain metode ini guru individu Fokus informal mengembangkan gaya mereka sendiri. The International Fokus Institute, badan sertifikasi internasional untuk Fokus profesional, memiliki sejarah dalam mendorong inovasi sebagai bagian dari etos Fokus. Perkembangan lain dalam Berfokus termasuk Fokus menggunakan jurnal atau buku sketsa. Menggambar dan melukis dapat digunakan dengan Fokus proses kepada anak-anak. Perhatian terhadap rasa merasa secara alami terjadi di segala macam proses di mana sesuatu yang baru sedang terbentuk: misalnya dalam proses kreatif, belajar, berpikir, dan pengambilan keputusan.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Focusing