Bagaimana cara melatih kemampuan pengenalan pola (pattern recognition) ?

pengelanan pola

Pattern recognition adalah pengelanan pola, yaitu bagaimana cara kita memahami pola yang disekitar kita, mengamatinya lalu mengidentifikasinya.

Bagaimana cara melatih kemampuan pengenalan pola (pattern recognition) ?

Pattern Recognition atau pengenalan pola dapat dilatih oleh diri sendiri dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Sering membaca
    Karena dengan sering membaca, kita akan mendapatkan banyak pengetahuan soal hal yang akan diteliti. Apabila pengetahuan mengenai hal yang akan diteliti sudah bertambah, otomatis polanya akan lebih mudah dikenali.

  2. Telaten
    Melihat sesuatu dengan teliti juga dapat melatih kita dalam memahami pola pola hal yang akan dipelajari.

  3. Peduli terhadap lingkungan sekitar
    Dengan sering memperhatikan lingkangan sekitar, maka kita bisa menjadi lebih peka terhadap pola-pola yang terjadi di lingkungan.

  4. Melatih ingatan.
    Mempertajam dan memperkuat ingatan juga diperlukan agar dapat mengingat hal - hal yang terpola dengan mudah.

Pattern Recognition adalah metode pemecahan masalah melalui pengidentifikasian pola dari suatu masalah tersebut. Tentu saja pola setiap masalah pasti berbeda satu sama lain, karena itu dibutuhkan beberapa latihan untuk mengenali pola yang ada dalam masalah tersebut, karena jika jarang atau tidak dilatih maka kita tidak terbiasa dengan menganalisis pola masalah dan akhirnya akan kesulitan dalam menyelesaikannya. Contoh dari latihan untuk Pattern Recognition, yaitu :

1) Sering Mencari Masalah
Setiap masalah pasti memiliki pola masalah yang mirip hingga berbeda, jika kita tidak banyak mencari masalah untuk diselesaikan, maka database pola yang ada di otak kita menjadi kurang dan saat menemui masalah baru akan susah mengenali pola dari masalah tersebut. Semakin banyak menyelesaikan masalah, makin banyak data tipe pola yang kita dapat dan semakin cepat pula kita menentukan pola dari masalah tersebut.

2) Coba Pola Lain
Dalam satu masalah biasanya tidak melulu hanya bisa diselesaikan dengan satu pola masalah, tetapi bisa jadi terdapat 2 atau lebih pola dalam satu masalah tersebut. Dengan mencari pola yang berbeda dalam satu masalah, maka kita bisa mengetahui pola mana yang lebih efektif untuk menyelesaikannya.

3) Amati dan Baca Berulang Kali
Dengan mengamati dan membaca suatu masalah berulang kali, otomatis kita akan lebih mudah mengenali pola masalah tersebut karena secara tidak sadar kita sudah membaca pola tersebut berulang kali hingga otak kita menyadari pola tersebut.

4) Out of The Box
Jika kita menemukan kesulitan dalam melakukan pattern recognition ada baiknya jika kita mencoba melihat masalah tersebut dari sudut pandang lain yang jarang dilihat orang lain atau istilah lainnya adalah “out of the box” yang berarti berpikir diluar kebanyakan orang. Terkadang masalah tersebut terlihat memiliki pola yang random jika dilihat dari sudut pandang A, tetapi sebenarnya masalah itu punya pola yang jelas jika dilihat dari sudut pandang J, maka cobalah untuk melihat masalah diluar dari yang kebanyakan orang lakukan.