© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara melakukan teknik renang gaya dada ?

renang gaya dada

Banyak dari kita tidak mengetahui bagaimana cara melakukan gaya dada dalam olahraga renang, lalu bagaimana cara melakukan teknik tersebut?

Teknik renang gaya dada ini dilakukan dengan posisi badan terlungkup di dalam air. Sejenak kepala akan masuk dan kemudian keluar lagi untuk mengambil napas. Pergerakan cara berenangnya harus stabil, bergerak maju ke depan dengan kedua tangan dan kaki secara simultan.

Pada kedua kaki digerakkan dengan cara menendang-nendang air yang berada di belakangnya. Lalu disertai juga dengan ayunan kedua tangan lurus ke depan. Kemudian kedua tangan dibuka di dalam air, yang satu ke arah kanan dan ke kiri. tentu saja tangan ini digunakan agar laju renang lebih cepat.

Jika anda menggunakan teknik gaya renang ini, anda dapat bernapas setelah 2 sampai 4 kali gerakan lengan mengayun. Namun teknik renang gaya dada ini merupakan teknik paling lambat dibanding seluruh gaya renang lainnya.

Ketika anda berenang menggunakan teknik gaya dada, usahakan posisi pada kepala dan badan anda dengan benar. Hali agar supaya mengurangi adanya cedera keram pada leher anda.

Sumber : https://alidzakyalarief.com/pengertian-renang/

Renang gaya dada salah satu renang gaya kuno yang sudah ada sejak zaman dahulu. Gaya ini tidak punah dan pada saat ini merupakan satu dari empat gaya renang yang diperlombakan dalam pertandingan pertandingan nasional maupun internasional.

Menurut Thomas (2002) Renang gaya dada atau gaya katak adalah cara atau gaya dalam berenangdengan posisi dadamenghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.

Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan didepan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan kataksedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam belajar renang gaya dada:

  1. Gerakan kaki

    • Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk)

    • Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)

    • Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan ini akan menambah daya dorong)

    • Ulangi langkah diatas.

      Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini :

      • tekuk, tendang, rapatkan,
      • tekuk, tendang, rapatkan, dan seterusnya.

      Gerakan kaki

  2. Gerakan Tangan

    • Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel)

    • Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri,tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)

    • Luruskan tangan kembali.

    • Ulangi langkah di atas

      Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini :

      • luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
      • luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan, dan seterusnya.

      Gerakan Tangan

  3. Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki & Mengambil Nafas

    • Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
    • Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas.

    Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki & Mengambil Nafas