Bagaimana Cara Melakukan Perubahan yang Lebih Baik dalam Diri secara Konsisten?

perubahan diri

Perubahan sering kali menjadi suatu hal yang mudah diucapkan dalam hal-hal yang bersifat teoritis, namun sulit dalam implementasinya. Perubahan bisa terjadi dalam banyak hal, salah satunya adalah perubahan pada diri sendiri. Dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa itu merupakan sebuah perubahan yang mengarah ke positif, sedangkan ada juga beberapa perubahan yang mengarah ke negatif.

Perubahan adalah sebuah keharusan, karena perubahan adalah esensi dari kemajuan.

Menjadi maju berarti harus berpindah posisi semakin kedepan dari posisi semula. Di Era yang serba maju dan cepat berubah ini kita dituntut untuk selalu berubah dan beradaptasi.

Perubahan berkala atau yang disebut frequent change adalah salah satu cara agar kita bisa beradaptasi dengan lingkungan pada era globalisasi ini.

Frequent change merupakan salah satu rahasia kesuksesan dari beberapa orang sukses didunia.

Mereka terus menerus melakukan perubahan demi menjaga eksistensi mereka dan eksistensi perusahaan mereka agar tidak tergerus oleh kerasnya dunia di era globalisasi ini. Karena frequent change sering menjadi kunci dari beberapa orang sukses didunia, maka kita juga perlu melakukan perubahan berkala atau frequent change agar bisa menjadi sukses.

Meski terdengar mudah, melakukan sebuah frequent change nyatanya dalam implementasinya berbanding terbalik dengan harapan dan hasil, karena dibutuhkan banyak pengorbanan, tekad yang bulat, dan rasa pantang menyerah dengan hasil yang beragam, dari hasil yang kecil hingga hasil yang besar, tetapi apapun hasil yang diperoleh tetap merupakan sebuah perubahan besar yang dapat dirasakan oleh pelaku atau agen frequent change itu sendiri.

Frequent change tidak hanya berdampak dengan diri sendiri, tapi juga bisa berdampak bagi orang lain dan lingkungan sekitar pelaku frequent change.

2 Likes

Mengenal diri sendiri adalah hal yang sederhana yang dapat membantu untuk melakukan perubahan diri. Kita perlu untuk mengetahui diri sendiri, hal ini berguna untuk menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik lagi, dengan begitu kita dapat melakukan hal-hal penting karna jika kita tidak mengetahui tentang diri kita sendiri bagaimana kita bisa melakukan perubahan diri, bagaimana kita dapat mengetahui tolak ukur mengenai diri sendiri, passion diri sendiri dan masih banyak lainnya.

Mengenal diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Tidak semua individu dapat mengenal dirinya sendiri dengan jelas. Setiap individu memiliki cara yag berbeda-beda untuk mengenal diri sendiri, contohnya dengan kita mecari tahu kekurangan dan kelebihan diri kita dengan begitu akan terbentuk keinginan untuk memanfaatkan potensi yang kita miliki dengan maksimal dan bisa juga mengintropeksi diri agar ke depannya bisa lebih baik lagi, untuk itu dibutuhkan kemauan dan keterbukan pada diri sendiri. Tujuan dari mengenal diri sendiri adalah untuk memaksimalkan potensi diri yang kita miliki, sehingga tidak ada lagi waktu atau kesempatan yang sia-sia.

Referensi

* http://www.kompasiana.com/ditaputriyanti/perubahan-diri-dimulai-dari-mengenal-diri-sendiri_54f695bea333116a018b4fe0

SELF IMPROVEMENT

Teknik mudah untuk meningkatkan diri sendiri dan perbaikan diri sendiri

Saat ini, minat untuk tumbuh dalam perkembangan diri sendiri dan perkembangan diri harus memiliki teknik yang benar. Semakin banyak buku maupun artikel yang ada dalam topik saat ini tampaknya orang mulai beralih dalam diri mereka sendiri, untuk menemukan solusi untuk masalah mereka. Orang – orang mencari ilmu, teknik, lokakarya, maupun pengetahuan di perkuliahan ataupun pendidikan formal untuk menuntun kepada jalan yang diharapkan.

Orang- orang mulai memahami bahwa perbaikan diri dan pertumbuhan diri dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Proses perubahan dalam diri berasal dari diri sendiri. Hal ini tidak cukup hanya untuk dibaca dari artikel maupun buku. Namun kita juga harus mempraktekan apa yang kita baca untuk melakukan perubahan dalam diri sendiri yang membutuhkan motivasi, ambisi, ketekunan, dan dedikasi. Ketika kita memulai dengan perbaikan diri itu adalah hal yang umum untuk menghadapi perlawanan batin yang berasal dari kebiasaan lama kita dari pikiran bawah sadar, dan juga perlawanan dan tindakan perilaku orang – orang yang ada di sekitar kita.

Keinginan untuk berubah, membangun kebiasaan baru dan memperbaiki diri harus cukup kuat untuk menahan kemalasan, keinginan, untuk menyerah, dan rasa takut terhadap orang yang berada di sekitar kita. Sebuah teknik sederhana yang dapat membantu kita dalam perbaikan diri dianggap sebagai cara untuk meningkatkan kehidupan kita. Teknik yang paling sederhana namun sangat efektif diterapkan yaitu ketika kita menyaksikan orang berperilaku dan bertindak dalam berbagai situasi, dan kita melakukan refleksi dalam diri sendiri, apakah diri kita melakukan hal yang sama ?. Kita melihat orang-orang dengan karakter tertentu, kita harus berani merefleksikan diri kita sendiri dengan cara menvisualisaikan diri. Ketika kita menemukan karakter yang tidak kita sukai maka kita harus melawan diri kita untuk tidak melakukan karakter tersebut, namun ketika kita menemui karakter atau perilaku yang kita sukai makan gunakan waktu untuk berpikir terntang keuntungan dan manfaat. Dengan hal ini kita dapat belajar dari banyak hal dari manfaat perilaku. Proses ini manfaat lain dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana pikiran dan pikiran mempengaruhi perilaku dan tindakan orang lain.

Tips mudah untuk membangun diri sendiri :

  • .Carilah disekitar kita dan observasi tindakan orang lain dalam suatu keadaan. Misalnya orang-orang yang berada ditempat kerja, tempat umum, dan supermarket. Kita juga dapat belajar dari orang-orang yang menjadi narasumber ketika di program TV.

  • Perhatikan bagaimana cara berbicara, berjalan, dan berkomunikasi maupun interaksi dengan orang lain

  • Bagaimana penggunaan suara mereka ketika bereaksi dengan orang lain

  • Jika kita tidak menyukai yang anda lihat, lakukanlah analisis diri sendiri untuk mencari tahu.

  • Bila menemukan sifat-sifat yang tidak diinginkan dari karakter dan perilaku. Tegaslah agar tidak mengikuti karakter yang tidak sesuai.

  • Berpikir dan menvisualisasikan dalam pikiran ketika kita ingin bertindak.

  • Jangan kecewa atau frustasi jika anda tidak mencapai sesuatu yang gagal. Bertahan dengan usaha yang dilakukan, kita akan melihat bagaimana hidup dan perubahan dalam hidup.

Sumber diambil dari http://www.successconsciousness.com/self-improvement.htm

Banyak cara untuk melakukan perubahan terhadap diri sendiri dan menjadikan hidup kita menjdi lebih baik. Berikut beberapa cara untuk melakukan perubahan :

  • Hadapi ketakutan.
    Cara menaklukkan ketakutan yang kita punya yaitu dengan menghadapinya, karena dengan begitu kita akan mulai terbiasa dengan hal itu dan tidak lagi menjadikannya sesuatu yang menakutkan.

  • Akui kesalahan.
    Kadang-kadang kita harus mengakui kesalahan kita kepada orang lain. Berikut salah satu frase terbaik yaitu dengn berkata: “Saya minta maaf.” Kata-kata bisa memulai hubungan baru.Mengakui kesalahan kepada diri sendiri.

  • Saring tujuan Anda.
    Dengan adanya tujuan kita dapat memulai sebuah proses dan menjadi memiliki arah.

  • Percaya pada diri sendiri.
    Kita harus percaya bahwa besok bisa lebih baik dari hari ini. Percaya pada dirimu sendiri. Tidak ada keterampilan yang tidak bisa belajar; tidak ada disiplin yang kita tidak dapat mencoba; tidak ada buku yang tidak bisa dibaca.

  • Menuntut integritas dari diri sendiri.
    Integritas adalah seperti loyalitas. kita tidak bisa menuntut itu dari orang lain; kita hanya bisa menuntut itu dari diri sendiri. Jadilah contoh terbaik dari loyalitas.

  • Disiplin
    Dengan disiplin dapat menghasilkan realita yang baik.

  • Berjuang Untuk yang benar

referensi : http://www.success.com/article/rohn-13-ways-to-improve-your-life

Personal Skill : Self Improvement
Menjadi diri yang lebih baik

Setiap orang pasti ingin menjadi lebih baik. Begitupun dengan saya. Sering kali saya meghabiskan waktu dengan bercermin guna merenungkan apa yang telah terjadi terhadap saya selama ini.
Ada banyak cara untuk melakukan perubahan dan menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik. Berikut merupakan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik :

Ubah Cara Berpikir
1. Keluar dari Rutinitas
Rutinitas membuat kita terpaku dan menghindari perubahan. Padahal perubahan merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Perubahan dapat diawali dengan melakukan perubahan kecil dan keluar dari kebiasaan. Jangan takut untuk memulai.

2. Berpikir Positif
Berpikir negatif dapat menyebabkan kita menghindar dari peluang. Berhentilah berpikir hal-hal buruk dalam hidup dan mulailah fokus pada hal-hal yang baik.

3. Kendalikan Emosi
Jangan biarkan emosi negatif mengontrol diri kita. Sebaliknya, melatih diri untuk tetap tenang dan menemukan hal yang baik akan membantu kita meningkatkan kualitas diri.

4. Dapatkan Perspektif Berbeda
Kadang-kadang kita lupa seberapa baik hal-hal yang kita miliki. Lihatlah sekeliling kita. Temukan hal baik yang ada di sekitar kita dan jadikan itu sebagai panutan dan motivasi untuk diri kita sendiri.

Lakukan Aksi
1. Jadilah Kreatif
Menjadi kreatif merupakan sebuah pengalaman positif dalam hidup kita. Kita dapat berkontribusi pada lingkungan sembari mengubah pola pikir kita dalam melihat sesuatu.

2. Jadilah Orang Baik
Jadilah baik terhadap semua orang. Hal kecil yang kita lakukan untuk orang lain dapat berpengaruh besar untuk dunia disekitar kita.

3. Coba Hobi Baru
Pelajari hal baru. Lakukan sesuatu yang selama ini ingin kita lakukan dan kita akan bahagia ketika benar-benar melakukannya.

4. Jadilah Aktif
Mulailah untuk keluar dan melakukan hal-hal di luar ruangan. Bertemu orang lain. Mengobrol. Bermain.

5. Menjadi Relawan
Membantu orang lain akan membuat kita lebih peduli. Akan ada kepuasan tersendiri ketika kita dapat membantu orang lain.

6. Cari Pengalaman dengan Jalan-Jalan
Kita akan melihat bagaimana cara hidup seseorang berbeda-beda dari tempat satu ke tempat yang lain. Banyak hal akan kita pelajari dari mereka.

7. Mendidik Diri Sendiri
Mendidik diri sendiri tidak berarti kita kembali ke sekolah. Banyak cara dapat kita temukan untuk mendidik diri sendiri. Salah satunya adalah internet. Internet memiliki banyak sumber pembelajaran yang dapat kita pelajari.

Tentukan Tujuan
Temukan kelebihan dan kelemahan yang ada dalam diri kita. Kemudian pikirkan tentang apa-apa yang ingin kita ubah untuk menjadikan kelemahan yang kita miliki menjadi kelebihan tersendiri. Memikirkan sesuatu yang dapat kita jadikan motivasi untuk mengubah gaya hidup kita yang tidak sesuai akan membuat kita menjadi lebih baik dan memotivasi kita untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan. Mulailah dengan melakukannya perlahan-lahan dan tetukan waktu untuk mencapai tujuan itu.

Referensi : How to Better Yourself

Dalam diri manusia sebenarnya memiliki sesuatu yang sama, asal melakukan hal yang sama. Salah satunya adalah pertumbuhan pribadi. Makin lama akan menyadari apa arti kehidupan. Dan akan muncul pikiran bahwa tidak ada yang lebih berarti daripada mengembangkan keterampilan dan memperbaikinya. Memperbaiki diri kita perlu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kehidupan. Semakin kita tumbuh semakin kita menyadari begitu banyak di luar sana yang belum kita ketahui, sehingga terus ingin tetap belajar. Dari satu website ini kita dapat belajar hal baru untuk membantu kalian dalam pentumbuhan melakukan perubahan diri menjadi terus lebih baik lagi. Berikut langkahnya:

  1. Membaca buku setiap hari
    Buku adalah sumber konsetrasi kebijaksanaan. Semakin banyak buku yang Anda baca, semakin lebih kebijaksanaan Anda mengekspos diri anda sendiri.

  2. Mempelajari bahasa baru
    belajar bahasa adalah keterampilan baru untuk mengerti bahasa atau yang dimaksud orang. Selain itu proses memperkenalkan dengan budaya bahasa tersebut yang berarti pengalaman baru untuk membuka pikiran.

  3. Memilih hobi baru
    Dengan hobi baru anda akan belajar sesuatu uang baru mengharuskan untuk meregangkan diri dalam berbagai aspek. Baik secara fisik maupun mental/emosi

  4. Mengambil mata pembelajaran baru
    tidak harus pembelajaran dalam jangka waktu yang panjang, contohnya seperti seminar atau workshop. Tujuannya untuk menambah wawasan baru yang belum pernah dipertimbangkan sebelumnya.

  5. Membuat kelas inpirasi
    Lingkunganmu akan menetapkan suasana hati dan nada untukmu. Jika tinggal di lingkungan yang inspiratif, makan akan merasa terinspirasi setiap hari juga.

  6. Mengatasi ketakutan
    Takutnya dari ketidakpastian, takut berbicara di depan umum, takut risiko, dll itu semua ketakutan kita menjaga kita dalam posisi yang sama (tidak berkembang) dan mencegah kita dari berkembang.

  7. Tingkatkan keterampilanmu
    Diibaratkan jika kalian bermain game, pasti selalu ada level atau tingkatannya. Semakin lama makan semakin mendapatkan pengalaman sehingga menjadi lebih baik dan lebih kuat. Sama halnya seperti kita juga. contoh untuk berlatih public speaking, makin lama makin lancar dan mengurangi rasa gugup

  8. Bangun lebih awal
    Hal ini untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Ketika bangun pagi, pola pikir sudah teratur untuk melanjutkan hal-hal lain dan proaktif menjalani hari.

  9. Memiliki latihan rutin setiap minggunya
    Biasanya lebih ditekankan untuk sebuah pencapaian kecil. semisal untuk selalu tepat sehat dan bugar makan dilakukan rutin olahraga meskipun hanya sebentar.

  10. Mulai dengan buku pegangan hidupmu
    Pada dasarnya, buku berisi penting mengenai bagaimana dapat menjalani hidup sepenuhnya, seperti tujuan hidup dan nilai-nilainya. Semacam seperti panduan hidup kalian.

  11. Menulis surat kepada diri dimasa depan
    Apakah yang kita bisa melihat diri kita sebagai beberapa tahun dari sekarang? Apakah akan sama? Berbeda? Orang macam apa nantinya? Menulislah surat untuk masa depan diri kita - beberapa tahun dari sekarang akan menjadi awal yang baik, dan segel surat itu. Membuat tanggal di kalender Anda untuk membukanya dari sekarang. Kemudian mulai bekerja dan berpikir, untuk menjadi orang yang ingin membuka surat itu.

  12. Keluar dari zona nyamanmu
    Pertumbuhan yang nyata akan datang dengan kerja keras. Terlalu nyaman itu tidak membantu kita berkembang, malah dapat membuat kita stagnan.

  13. Buat seseorang untuk menjadi tantangan
    Persaingan adalah salah satu cara terbaik untuk berkembang. Menetapkan tantangan dalam hal apapun dan bersaing dengan teman untuk melihat siapa yang mencapai target pertama. Melalui proses tersebut, kita akan mendapatkan lebih banyak hal daripada jika berangkat pada target saja (hal biasa).

  14. Mengidentifikasi Titik Buta
    Salah satu latihan yang gunakan untuk menemukan titik-titik buta adalah untuk mengidentifikasi semua hal/peristiwa/orang yang memicu dalam sehari (pemicu yang berarti membuat saya merasa terganggu / aneh / terpengaruh). Itulah blind spot.

  15. Menanyakan umpan balik kita
    Sebanyak kita mencoba untuk meningkatkan keterampilan, kita selalu akan memiliki blind spot. Mintalan feedback pada orang-orang terdekatarena mereka dapat memberikan umpan balik mereka secara objektif

  16. Selalu fokus pada daftar yang akan dikerjakan
    Memulai hari dengan daftar tugas yang ingin diselesaikan dan ini membantu membuat tetap fokus. Sebagai perbandingan jika tidak, ketika tidak melakukan tujuan ini akan membuat menjadi sangat tidak produktif.

  17. Akui kelemahan
    Setiap orang memiliki kelemahan. Yang paling penting adalah untuk memahami dan cara mengatasinya

  18. Mengambil tindakan
    Cara terbaik untuk belajar dan meningkatkan keterampilan adalah untuk mengambil tindakan. Apa yang ingin lankukanlan segera dan tahu bagaimana bisa mengambil tindakan dengan segera. Menunggu tidak mendapatkan apa-apa. Mengambil tindakan memberikan hasil langsung untuk pembelajaran

  19. Belajar dari orang yang menginspirasimu
    Orang-orang yang menginspirasi anda ini mencerminkan kualitas tertentu yang ingin Anda miliki untuk diri sendiri juga. Belajar bagaimana caranya memperoleh

  20. Keluar dari kebiasaan buruk
    lebih lanjutnya bisa klik disini

  21. Mengusahakan kebiasaan baru
    Apakah ada kebiasaan baru lain yang dapat menumbuhkan untuk memperbaiki diri sendiri? lakukan hal tersebut

  22. Hidari orang yang negatif
    Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di sekitar mereka jika kita merasa mereka menyeret kita ke bawah (terjerumus/sia-sia).

  23. Belajar untuk berurusan dengan orang yang rumit
    Orang seperti itu (rumit) pasti akan ditemukan kedepannya seperti dalam dunia kerja. Pelajari cara berhubungan dengan mereka

  24. Belajar dari teman
    Setiap orang memiliki kualitas luar biasa di dalamnya. Dengan semua teman disekeliling kita, mereka akan memiliki hal-hal yang dapat kita pelajari. Berbicaralah jika perlu, biasanya mereka akan senang hati membantu.

  25. Berteman dengan orang top dibidangnya
    Orang-orang tersebut telah mencapai hasil yang mereka karena mereka memiliki sikap yang tepat, keahlian, dan pengetahuan. Cara yang lebih baik untuk belajar yaitu dari orang-orang itu yang telah ada dan melakukan terlebih dahulu

Itulah beberapa hal yang dapat membantu. Sebenarnya ada beberapa hal lagi lainnya. Tapi menurut saya, hal tersebut sudah cukup melakukan perubahan diri sendiri terutama diri saya sendiri yang masih belajar pula. Jika ada kesalahan mohon maaf. Terima kasi

Untuk belajar lebih lanjut ada disini

Biasanya kita cenderung untuk mencoba untuk memperbaiki diri secara sekaligus dari pada pada berkonsentrasi pada satu hal penting pasa suatu waktu. Kita bisa menjadi orang yang lebih baik secara keseluruhan jika setiap harinya kita memiliki rencana untuk dilakukan.

Berikut adalah hal - hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki diri :

  1. Mengenali kelebihan dan kekurangan
    Buatlah daftar dari kelebihan dan kekurangan anda, daftar ini akan sangat bagus digunakan untuk melihat proses perbaikan diri anda dari waktu ke waktu.

  2. Lakukan kebiasaan baru
    Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan, cobalah untuk melakukan hal-hal baru yang tidak terlalu sulit. contohnya : melakukan olahraga ringan setiap pagi, minum 8 gelas perhari, dll.
    hal tersebut baik dilakukan dan tidak memerlukan waktu dan usaha yang besar.

  3. Bangun pagi
    Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai sesuatu yang lebih baik selain bangun lebih awal. Anda dapat benar-benar berkonsentrasi pada perubahan dan membuat hal yang lebih positif.

  4. Menjadi lebih sadar dengan apa yang ingin kita ubah
    Semakin kita sadar dengan apa yang kita coba ingin ubah, semakin mudan kita untuk merubahnya.

  5. Bertanggung jawab
    Bertanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain adalah taktik yang sering dilupakan oleh orang yang mencoba untuk memperbaiki diri mereka. Biarkan semua orang mengetahui apa yang sedang anda coba untuk memperbaiki diri pada diri anda.

  6. Perhatikan tindakan dan waktu
    Di dalam proses untuk memperbaiki diri anda harus memperhatikan setiap detik yang anda gunakan untuk memperbaiki diri anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari pekerjaan yang tidak perlu dilakukan selama proses perubahan.

SUMBER : How to better yourself one day at the time

Perbaikan diri adalah sebuah perjalanan yang harus dilakukan apabila ingin menjadi sosok yang unggul baik dalam pekerjaan, bisnis, pernikahan, pertemanan dan dimanapun. Kehidupan yang membaik akan benar-benar terwujud jika kita berani menggambil tanggung jawab untuk memperbaikinya. Membawa perubahan yang baik tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri tetapi juga akan dirasakan oleh orang lain.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan diri. Meningkatkan keterampilan, membutuhkan peningkatan dalam pengetahuan terlebih dahulu. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perbaikan diri dimulai dari meningkatkan pengetahuan.

Selain meningkatkan pengetahuan, hal yang tidak kalah pentingnya sebelum dapat melakukan perubahan yang lebih baik dalam diri adalah mengenali seperti apa kesalahan-kesalahan yag sering terjadi di diri kita. Setelah mengetahui hal tersebut, sudah saat nya sadar dan melakukan perubahan-perubahan. Banyak sekali cara melakukan perubahan yang lebih baik contohnya melawa sifat malas. Kebanyakan orang didunia susah untuk melawan rasa malas, maka dari itu salah satu hal yang dapat merubah diri menjadi lebih baik adalah dengan melawan rasa malas.

Tidak hanya melawan rasa malas, cara melakukan perubahan yang lebih baik pada diri adalah dengan mendekatkan diri dengan agama. Dengan begitu, perubahan dalam diri yang terjadi tidak hanya menjadi lebih baik melainkan juga dapat lebih berguna untuk diri sendiri dan sekitar. Melakukan hal-hal positif pun termasuk dalam cerminan perubahan diri. Selain memiliki beberapa cara untuk melakukan perubahan yang baik dalam diri, memiliki niat untuk merubah diri menjadi lebik baik adalah hal yang paling utama.

Sumber: Self Improvement Articles Learn, Grow and Succeed

Orang-orang memiliki kebiasaan yang berbeda. Beberapa kebiasaan yang baik, tetapi beberapa yang buruk. Kebiasaan yang baik harus dipertahankan karena ini pada akhirnya akan mengakibatkan hal-hal besar. Hal-hal buruk, di sisi lain, harus menyingkirkan. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk yang menghambat dengan pekerjaan Anda dan produktivitas Anda, Anda harus menemukan cara yang efektif untuk menyingkirkan mereka sebelum hal-hal pergi dari buruk menjadi lebih buruk. Untuk mendapatkan di mana Anda ingin menjadi lebih baik, Anda harus tumbuh menjadi orang yang siap untuk perubahan itu. pengembangan pribadi sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Berikut adalah tiga cara khusus berfokus pada perbaikan diri dapat mengubah hidup Anda :

1. It presents you with new opportunities.

Pertumbuhan diri akhirnya membawa Anda ke peluang baru, kesempatan yang tidak datang sampai Anda tumbuh menjadi orang yang telah siap. Yang harus Anda lakukan adalah fokus pada perbaikan diri, mulailah dengan membaca artikel pengembangan pribadi, buku, blog dan melaksanakan hal-hal yang Anda pelajari dalam hidup Anda sendiri.

2. It increases your self-esteem to new levels.

Percaya diri adalah titik awal untuk mengikuti mimpi Anda. Anda harus percaya pada diri sendiri dan impian Anda. Saat Anda tumbuh, Anda telah membangun pola pikir itu, keyakinan itu.

Ketika saya mengambil pengembangan pribadi pertama saya, saat itulah harga diri saya mulai naik, ketika saya benar-benar mulai percaya pada diri sendiri dan tujuan saya. Membaca buku sukses adalah cara untuk mendorong agar saya tumbuh berkembang, untuk mengubah cara berfikir maupun sudut pandang saya, sebagai motivasi di balik tujuan saya.

3. It can help you become a better version of yourself.

Menjadi versi yang lebih baik dari diri sendiri adalah tujuan utama dari perbaikan diri, untuk meningkatkan performa dalam pekerjaan Anda, bisnis Anda, hubungan Anda. Apapun bidang kehidupan Anda yang sedang Anda kerjakan, itu bagian dari tumbuh sebagai pribadi. Anda harus terus menerus melihat apa yang dapat Anda meningkatkan dan memiliki kesadaran untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk melakukannya.

Sumber : Pada bidang apa perbaikan diri yang akan Anda kerjakan, dan bagaimana bidang itu telah mengubah hidup Anda?