Bagaimana cara melakukan penyesuaian harga yang baik ?

Harga

Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai tukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Sedangkan Harga merupakan satu satunya elemen yang terdapat pada produk dan jasa yang dapat menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Menurut Kotler, terdapat tiga cara penyesuaian harga yang bisa dipakai oleh perusahaan, yaitu

  • Potongan harga
    Potongan harga berarti pembeli mendapatkan harga yang lebih murah dair haga yangseharusnya dibayar. Untuk menerapkan potongan harga harus didasarkan kepada beberapa hal sebagai berikut:

    1. Waktu pembayaran yang lebih awal
      Seringkali perusahaan memberikan potongan harga kepada pembeli yang melakukan pembayaran lebih awal dari yang sudah dijanjikan. Misal waktu pembayaran bertepatana pada tanggal 20 januari 2017, tetapi sebelum tanggal 20 januari 2017 pembeli sudah membayar lunas maka pembeli akan mendapatkan potongan harga.

    2. Tingkat atau jumlah pembelian
      Perusahaan seringkali memberikan potongan harga kepada pembeli bila pembeli melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak, missal pembelian dalam jumlah satu lusin, kodi, atau rim.

    3. Pembelian pada waktu tertentu
      Potongan harga dapat berupa potongan tunai, potongan jumlah dan potongan musiman, missal seperti waktu Harbolnas (hari belanja online nasional) atau hari raya Idul fitri dan Natal.

  • Penetapan harga segmentasi
    Perusahaan menjual produk atau jasa dengan dua harga atau lebih yang diaman perbedaan harga tidak menjadi dasar pada perbedaan biaya.

  • Penetapan harga psikologis
    Harga psikologis merupakan harga yang menunjukan citra produk. Banyak perusahaan yang menetapkan harga tinggi bagi produknya untuk menunjukan citra yang baik bagi produknya. Sedangkan barang yang berharga murah seringkali memiliki citra atau image yang buruk bagi konsumen.

  • Penetapan harga Promosi
    Penetapan harga ini dilakukan untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk atau minat konsumen. Penetapan harag dnegan cara ini seringkali menurunkan harga hingga dibawah harga tertulis atau bahkan harga produksi.

  • Penetapan harga Geografis
    Penetapan harga ini dilakukan berdasarkan pertimbangan lokasi geografis perusahaan dan konsumen

  • Penetapan harga internasional
    Penetapan harga internasional menggunakan dasar atau patokan dari harga yang sudah tertera di pasar Internasional.