Bagaimana cara melakukan diferensiasi produk?

Menurut Kotler (2002:2), diferensiasi produk adalah penawaran produk perusahaan yang mempunyai sesuatu yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik yang akan menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi konsumen dibandingkan dengan produk pesaing. Namun, bagaimana cara melakukan diferensiasi produk tersebut dengan baik?

Untuk melakukan diferensiasi produk dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini merupakan cara melakukan diferensiasi produk yang berasal dari beberapa sumber dan ahli.

Menurut Salesbacker , dalam melakukan diferensiasi produk dapat dilakukan dengan delapan cara, yaitu :

  • Membedakan produk dari ukuran
  • Membedakan produk dari bahan baku
  • Membedakan produk dari cara branding
  • Membedakan produk dari cara packaging
  • Membedakan produk dengan menambahkan fitur tertentu
  • Membedakan produk dengan menawarkan bonus
  • Membedakan produk dengan menonjolkan sebuah fitur tertentu
  • Membedakan produk dengan memaparkan kekurangan dari kompetitor

Cara diatas merupakan cara melakukan diferensiasi produk yang bersifat umum. Adapun dalam melakukan diferensiasi produk harus memenuhi beberapa syarat seperti yang disampaikan oleh Hermawan Kartajaya. Syarat tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Diferensiasi Harus Memberikan Nilai Tambah yang Tinggi Kepada Konsumen
    Dalam melakukan diferensiasi produk tidak hanya membedakan dengan kompetitor saja, tetapi harus mempunyai makna terhadap konsumen. Nilai lebih yang akan ditawarkan kepada konsumen adalah daya jual. Semakin tinggi nilai yang diberikan kepada konsumen maka akan semakin teringat oleh mereka.

  • Diferensiasi Harus Merupakan Keunggulan Dari Pesaing
    Nilai lebih yang ditawarkan tidak hanya sekedar berbeda saja dengan pesaing tetapi juga harus lebih unggul. Jika suatu produk memiliki nilai tambah yang lebih unggul dari pesaing, maka produk tersebut akan semakin kokoh walaupun jumlah pesaing bertambah.

  • Diferensiasi Harus Mempunyai Keunikan
    Keunikan dapat diartikan sebagai sesuatu yang berbeda namun sangat khas dan sulit untuk ditiru pihak lain. Salah satu cara agar tidak mudah ditiru oleh pesaing maka diferensiasi tersebut harus merupakan sekumpulan sistem aktivitas yang saling terhubung satu sama lain. Keunikan tidak hanya dalam produk saja akan tetapi dalam semua atribut yang mendukung produk tersebut harus unik dan tidak mudah ditiru pesaing lain.

Referensi

https://www.salesbacker.com/blog/58/8_Ways_to_Differentiate_Your_Product_from_Your_Competitors