Bagaimana cara melakukan brainstroming dalam identifikasi risiko ?

manajemen_risiko
brainstorming
identifikasi_risiko

(Rohman Arro) #1

Brainstroming merupakan salah satu kegiatan dimana kita melakukan jajak pendapat dengan orang lain di dalam sebuah tim untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah tujuan. Dalam hal ini dilakukan bagaimana cara kita bisa menemukan solusi dari permasalahan yang ada, dengan melihat pendapat-pendapat dari orang lain. Dari hal tersebut, bagaimana caranya melakukan brainstroming yang tepat dalam identifikasi risiko ?


(Reza Ararsy Arrohman) #2

Mengidentifikasi risiko dengan menggunakan teknik merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan informasi maupun data risiko. Dalam hal ini kita bisa saling membuka pendapat mana sekiranya risiko yang bisa di dapatkan dari sebuah masalah. Berikut adalah beberapa teknik bagaimana caranya melakukan brainstroming dalam mengidentifikasi risiko :

  • Memilih fasilitator yang tepat
    Dalam hal ini kita harus menyediakan fasilitator/mediator dalam brainstroming yang memiliki skill maupun integritas yang baik dalam memimpin sebuah diskusi brainstroming sehingga apa yang dibacarakan bisa diluruskan oleh fasilitatro ketika ada yang kurang tepat.

  • Memberi peran ke fasilitator
    Disini fasilitator diberi peran untuk mencatat semua hasil pembicaraan saat brainstroming baik ide, gagasan, dll. Dalam hal ini fasilitator juga harus menjaga memastikan kegiatan dalam diskusi tersebut lancara sesuai dengan rencana awal

  • Menentukan siapa yang ada di dalam diskusi tersebut
    Selanjutnya kita harus memilih siapa saja yang akan melakukan diskusi brainstroming tersebut. Dalam hal ini harus ditentukan orang yang sesuai dengan arah dan tujuan di dalam diskusi tersebut.

  • Melaksanakan Brainstroming
    Lalu kita mulai sesi brainstroming dimana kegiatan disini melakukan diskusi dari masalah yang didapatkan. Setiap orang yang ada di dalam diskusi tersebut harus menjawab atau mengemukakan ide dari masalah risiko tersebut

  • Batasi waktu
    Dalam hal ini diskusi brainstroming yang baik dlakukan maksimal sepanjang 2 jam suapaya didapatkan hasil yang maksimal.

Sumber :
http://www.macadamian.com/2017/08/23/brainstorming-as-a-risk-identification-technique-for-scrum/