Bagaimana cara manajer produk menanggapi keinginan pelanggan?

Seorang manajer produk mengkomunikasikan visi produk dari tingkat tertinggi kepemimpinan eksekutif kepada tim pengembangan dan implementasi. Manajer produk menyelidiki, memilih, dan mendorong pengembangan produk untuk sebuah organisasi, melakukan aktivitas pengelolaan produk.

Manajer produk mempunyai peran tanggung jawab yang besar, kesuksesan dari hasil sebuah produk yaitu dilihat dari manajer produk yang dapat mengatasi kondisi, membuat keputusan yang tepat dan pemahaman manajer produk yang bisa menerima keinginan pelanggan. Seorang manajer produk dapat menganalisa kondisi pasar, persaingan bisnis dan dapat membuat strategi produk dengan terencana.

Manajer produk juga memberikan nilai unik berdasarkan permintaan pelanggan dan dapat menanggapi keinginan pelanggan dengan membuat storyboard, sehingga manajer produk dapat membuat roadmap product serta memprioritaskan apa yang paling penting untuk mencapai tujuan dan inisiatif strategis di balik pembuatan produk.

Sehingga dibutuhkannya komunikasi yang baik agar tidak ada kesalahan yang terjadi, dengan cara mendengarkan dengan aktif dan memberikan umpan balik kepada pengguna dan tim lainnya. Oleh karena itu, manajer produk menjembatani kesenjangan antara fungsi yang berbeda dalam perusahaan dan menyelaraskan semua tim yang terlibat sehingga tidak ada mis communication. Dengan itu, seorang manajer produk harus dapat memutuskan apa yang akan terjadi selanjutnya dan memprioritaskan, serta mengkomunikasikan apa pun yang mencakup dengan produk tersebut.

Referensi

https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-management/what-is-the-role-of-a-product-manager